YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Nusantara

Jokowi Didampingi Gus Sholah Ziarah Ke Makam Gus Dur

Saturday, 03 May 2014 | View : 499

siarjustisia.com-JOMBANG.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ usai menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatunnasyiin, Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur, kemudian mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng.

Kedatangan Joko Widodo alias Jokowi yang pernah dinobatkan menjadi Wali Kota terbaik ketiga dunia ke sana untuk menemui pimpinan Ponpes Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Joko Widodo atau Jokowi, mantan Wali Kota Surakarta yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, akhirnya sukses terpilih sebagai Wali Kota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Di atas Jokowi, Wali Kota terbaik sedunia 2012 adalah Wali Kota Bilbao dari negeri Matador, Spanyol, Inaki Azkuna diikuti Wali Kota Perth, Australia Barat dari negeri Kanguru, Australia, Lisa Scaffidi berada pada peringkat kedua.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo alias Jokowi, menziarahi pusara mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).

Selain berziarah, Jokowi juga akan bersilaturahmi ke kediaman pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid (Gus Solah). "Iya, rencananya Jokowi mau ke sini. Insya Allah nanti pukul 18.00 WIB," kata Gus Solah melalui pesan pendek.

Selain ke Tebuireng, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, di Desa Pacul Gowang, dan Pondok Pesantren Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang.

Koordinator nasional relawan Pro-Jokowi (Projo), Budi Ary Setiadi, membenarkan kunjungan Jokowi ke Jawa Timur. "Setelah dari Yogyakarta, Jokowi ke Jawa Timur untuk silaturahmi dengan Khofifah Indar Parawansa dan Gus Solah," tuturnya.

Tiba di Jawa Timur, Jokowi singgah lebih dulu di rumah Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Surabaya. Setelah itu, Jokowi dan rombongan menuju Jombang. 

Mantan Walikota Solo ini juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy`ari dan Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Berdasarkan pantauan wartawan, setibanya di pondok pesantren tersebut, Jokowi yang datang dengan didampingi oleh salah satu tokoh NU yang juga Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendi Choirie dan Ketua DPP PKB Marwan Djaffar. Serta, beberapa politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) seperti Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, anggota DPR RI PDIP Indah Kurnia, dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji.

Para tamu tersebut langsung dijamu pengasuh Pondok Pesantren (ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, K.H. Salahudin Wahid yang akrab disapa 'Gus Sholah'.

Adik kandung mendiang Gus Dur itu pun langsung mengajak Jokowi untuk masuk ke ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup.

Setelah berbincang hampir 30 menit, Jokowi kemudian langsung menuju ke kompleks pemakaman keluarga pendiri NU K.H. Hasyim Asy`ari. Di kompleks pemakaman itu juga terdapat makam Pahlawan Nasional Wahid Hasyim dan putranya, Abdurrahman Wahid.

Gus Sholah mendampingi Jokowi berziarah ke makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, provinsi Jawa Timur. Sebelum berziarah, Jokowi lebih dulu membacakan doa-doa yang dikhususkan bagi pendiri NU dan para kiai yang telah wafat tersebut. Setelah berdoa Jokowi bersama Gus Sholah menabur bunga di makam K.H. Hasyim Asy`ari, Wahid Hasyim, dan Abdurrahman Wahid.

Dari pesantren Tebuireng, Jokowi menuju ke salah satu pesantren NU, yaitu Pesantren Putri Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. (tem/lip6/jos)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.097.522 Since: 07.04.14 | 0.5742 sec