YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Nusantara

Jokowi Didampingi Gus Sholah Ziarah Ke Makam Gus Dur

Saturday, 03 May 2014 | View : 450

siarjustisia.com-JOMBANG.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ usai menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatunnasyiin, Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur, kemudian mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng.

Kedatangan Joko Widodo alias Jokowi yang pernah dinobatkan menjadi Wali Kota terbaik ketiga dunia ke sana untuk menemui pimpinan Ponpes Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Joko Widodo atau Jokowi, mantan Wali Kota Surakarta yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, akhirnya sukses terpilih sebagai Wali Kota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Di atas Jokowi, Wali Kota terbaik sedunia 2012 adalah Wali Kota Bilbao dari negeri Matador, Spanyol, Inaki Azkuna diikuti Wali Kota Perth, Australia Barat dari negeri Kanguru, Australia, Lisa Scaffidi berada pada peringkat kedua.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo alias Jokowi, menziarahi pusara mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).

Selain berziarah, Jokowi juga akan bersilaturahmi ke kediaman pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid (Gus Solah). "Iya, rencananya Jokowi mau ke sini. Insya Allah nanti pukul 18.00 WIB," kata Gus Solah melalui pesan pendek.

Selain ke Tebuireng, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, di Desa Pacul Gowang, dan Pondok Pesantren Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang.

Koordinator nasional relawan Pro-Jokowi (Projo), Budi Ary Setiadi, membenarkan kunjungan Jokowi ke Jawa Timur. "Setelah dari Yogyakarta, Jokowi ke Jawa Timur untuk silaturahmi dengan Khofifah Indar Parawansa dan Gus Solah," tuturnya.

Tiba di Jawa Timur, Jokowi singgah lebih dulu di rumah Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Surabaya. Setelah itu, Jokowi dan rombongan menuju Jombang. 

Mantan Walikota Solo ini juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy`ari dan Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Berdasarkan pantauan wartawan, setibanya di pondok pesantren tersebut, Jokowi yang datang dengan didampingi oleh salah satu tokoh NU yang juga Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendi Choirie dan Ketua DPP PKB Marwan Djaffar. Serta, beberapa politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) seperti Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, anggota DPR RI PDIP Indah Kurnia, dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji.

Para tamu tersebut langsung dijamu pengasuh Pondok Pesantren (ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, K.H. Salahudin Wahid yang akrab disapa 'Gus Sholah'.

Adik kandung mendiang Gus Dur itu pun langsung mengajak Jokowi untuk masuk ke ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup.

Setelah berbincang hampir 30 menit, Jokowi kemudian langsung menuju ke kompleks pemakaman keluarga pendiri NU K.H. Hasyim Asy`ari. Di kompleks pemakaman itu juga terdapat makam Pahlawan Nasional Wahid Hasyim dan putranya, Abdurrahman Wahid.

Gus Sholah mendampingi Jokowi berziarah ke makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, provinsi Jawa Timur. Sebelum berziarah, Jokowi lebih dulu membacakan doa-doa yang dikhususkan bagi pendiri NU dan para kiai yang telah wafat tersebut. Setelah berdoa Jokowi bersama Gus Sholah menabur bunga di makam K.H. Hasyim Asy`ari, Wahid Hasyim, dan Abdurrahman Wahid.

Dari pesantren Tebuireng, Jokowi menuju ke salah satu pesantren NU, yaitu Pesantren Putri Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. (tem/lip6/jos)

See Also

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI
Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
Presiden Joko Widodo Resmi Gratiskan Tarif Tol Suramadu
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.971.387 Since: 07.04.14 | 0.6923 sec