YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Nusantara

Rapat Paripurna Hak Angket DPRD DKI Ditunda

Wednesday, 01 April 2015 | View : 299

siarjustisia.com-JAKARTA.

Pelaksanaan rapat paripurna tentang penyampaian hasil angket dari Panitia Angket Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI batal digelar hari ini, Rabu (1/4/2015).

Rencananya, paripurna akan dilaksanakan besok, Kamis (2/4/2015).

Anggota Panitia Angket DPRD DKI asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Soenirman mengatakan Rapat Paripurna Angket tidak jadi dilaksanakan hari ini.

Pembatalan itu karena sembilan fraksi yang ada di DPRD DKI masih melakukan rapat internal untuk persiapan paripurna.

"Paripurna baru akan kami laksanakan besok. Hari ini agendanya rapat internal fraksi-fraksi buat persiapan paripurna," ungkap Politisi Fraksi Gerindra ini, Prabowo Soenirman, Rabu (1/4/2015).

Politisi asal Gerindra ini menegaskan rapat paripurna untuk penyampaian hasil angket ini harus segera dilaksanakan agar ada keputusan dan langkah yang akan dilakukan dewan atas dugaan pelanggaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Nanti kan dalam paripurna akan kita sampaikan hasilnya hak angket yaitu Gubernur DKI telah mengirimkan dokumen palsu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Nah nanti kita putuskan dalam paripurna itu," ujar mantan Dirut PD Pasar Jaya ini.

Dalam paripurna nanti, para anggota Dewan akan mengeluarkan Hak Menyatakan Pendapat (HMP). Kemudian dalam HMP tersebut nantinya ada, tim khusus yang akan membawa hasil pelanggaran ke Mahkamah Agung (MA).

Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik membenarkan penundaan rapat paripurna angket. Dipastikannya, paripurna akan digelar besok.

Ketua DPD Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DKI ini tetap bersikukuh Basuki Tjahaja Purnama melakukan pelanggaran. Kendati demikian, lanjutnya, DPRD DKI tidak menyalahkan Kemdagri yang melakukan evaluasi terhadap dokumen RAPBD DKI 2015 palsu tersebut.

"Memang tugasnya Kemdagri menerima apa yang disampaikan eksekutif. Kemudian kami beritahu, kalau dokumen itu palsu. Salahnya di Ahok (Basuki) semua. Karena dia yang menyerahkan dan dia tidak menaati peraturan perundang-undangan," ketus Muhammad Taufik.

Seperti diketahui, Panitia Angket telah menyerahkan hasil hak angket kepada pimpinan DPRD DKI Senin (30/3/2015). Dari laporan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-undang (UU) dan etika.

Dokumen hasil hak angket telah diserahkan oleh Ketua Panitia Angket yang juga politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Muhammad Ongen Sangadji kepada pimpinan DPRD pada siang hari ini. Penyerahan hasil hal angket dilakukan dalam sebuah rapat tertutup.

Para pimpinan DPRD yang hadir adalah empat Wakil Ketua, tanpa Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Keempatnya yakni wakil dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Muhammad Taufik, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta yang politikus di bawah naungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Ir. Triwisaksana, M.Sc., wakil Fraksi PPP, Haji Abraham "Lulung" Lunggana, S.H. dan wakil Fraksi Partai Demokrat (PD) Mayjen TNI (Purn.) H. Ferrial Sofyan.

Ketidakhadiran Prasetio Edi Marsudi, diungkapkan Muhammad Taufik, karena sakit.

Hasil hak angket tersebut menyatakan pelanggaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama adalah menyerahkan draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) yang diduga bukan hasil pembahasan dengan DPRD DKI dan hasil penetapan Paripurna.

Serta, etika Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap tak sesuai dalam kapasitasnya sebagai seorang Kepala Daerah. (sp/jos)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.100.245 Since: 07.04.14 | 0.4921 sec