YouTube Facebook Twitter RSS
22 Feb 2020, 0

Nusantara

42 WNI Yang Dievakuasi Dari Yaman Tiba Di Bali

Monday, 06 April 2015 | View : 416

siarjustisia.com-DENPASAR.

Puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Yaman, Timur Tengah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Provinsi Bali, Senin (6/4/2015).

Kedatangan yang tanpa penyambutan keluarga dan sambutan dari pemerintah setempat secara khusus ini, sengaja dilakukan agar tidak menimbulkan kegaduhan di lingkup bandara.

"Ya, benar tadi hari ini sebanyak 42 WNI dari Yaman tiba di Bandara Ngurah Rai. Itu hasil koordinasi saya dengan Imigrasi," kata Co GM Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita, Senin (6/4/2015) saat dihubungi via telepon.

Katanya seluruh penumpang dari Yaman yang merupakan warga negara Indonesia itu tiba dengan menggunakan maskapai penerbangan Qatar Airways. "Baru saja tiba menggunakan Qatar Airways. Mereka langsung diantar menuju ke tempat masing-masing melalui pesawat lain," katanya.

Dari jumlah keseluruhan di antaranya ada 10 orang akan diterbangkan ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Sisanya akan diterbangkan ke Makassar, Sulawesi Selatan.

"Jadi seluruhnya transit di Bali untuk selanjutnya akan diterbangkan ke daerah asal masing-masing. Ya, baru saja berangkatnya," aku I Gusti Ngurah Arditha.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan upaya evakuasi Warga Negara Indonesia di Yaman masih kerap terhalang kekerasan antara pemberontak dan Liga Arab. Oleh sebab itu, pemerintah akan turut mendukung lobi resmi beberapa negara dan lembaga internasional ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tujuannya agar pihak-pihak bertikai di Yaman bisa melakukan gencatan senjata untuk misi kemanusiaan.

"Kita sudah berkomunikasi dengan ICRC, ada menhan Saudi Arabia. Ada wakil tetap kita di PBB, untuk mengikuti pembahasan di dewan keamanan PBB untuk mendorong langkah konkret terwujudnya jeda kemanusiaan," kata Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Dalam perkembangan terakhir, hingga 6 April lebih dari 700 WNI di Yaman berhasil dievakuasi. Masih ada 92 warga Indonesia lainnya yang belum pulang, tapi berhasil keluar dari wilayah konflik, kini mereka transit di Kota Jizan, Arab Saudi.

Namun kekerasan yang tidak usai, khususnya di Kota Aden, menyebabkan evakuasi 89 WNI lewat jalur laut gagal. Karena situasi demikian, gencatan senjata diperlukan.

"Beberapa hari yang lalu kita sudah menyiapkan kapal. Tapi pada saat kapal merapat ke pelabuhan Aden, ada perubahan situasi dan WNI tidak bisa keluar, hanya 10 WNI yang sekarang (transit) di Djibouti," ungkap Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi.

Terkait respon unilateral Liga Arab di Yaman, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menolak berkomentar. Dia menyatakan sebelum lebih jauh membahas apakah serangan jet-jet tempur Saudi dan kroninya melanggar aturan internasional, Indonesia berkepentingan agar misi kemanusiaan dan upaya penyelamatan warga asing dipermudah.

"Kita mengimbau seluruh pihak untuk tidak melakukan atau mengambil tindakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah," kata Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi tanpa merinci lebih jauh.

Berdasarkan laporan tim Kemenlu dan Polri dari Kota Shaalal dan Tharim, 58 mahasiswa siap dievakuasi. Ada pula tambahan WNI di Kota al Mukhalla 40 orang yang juga akan dipulangkan ke Tanah Air dalam waktu dekat. (mer/jos)

See Also

Presiden Joko Widodo Tegaskan Pemerintah Tak Akan Pulangkan ISIS Eks WNI
Laksdya TNI Aan Kurnia Dilantik Jadi Kabakamla
Menpan RB Sebut Pemerintah Tanpa Pers Tidak Ada Gunanya
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Panglima TNI Tunggu Perintah Menlu Evakuasi WNI Di China
Presiden Joko Widodo Hadiri Perayaan Imlek Nasional
Pengerjaan Proyek Revitalisasi Monas Dihentikan
Presiden Joko Widodo Katakan Pemerintah Belum Bisa Evakuasi WNI Dari China
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Alasan Pemkab Purworejo Akan Tutup Keraton Agung Sejagat
Keraton Agung Sejagat Akan Ditutup
Polda Jateng Tugaskan Tim Khusus Ke Keraton Agung Sejagat
Polda Jateng Dalami Motif Klaim Berdirinya Keraton Agung Sejagat
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
TNI Tambah 4 KRI Jaga Natuna
Gempa 6,4 SR Guncang Sinabang
TNI AU Kirim 4 Jet Tempur F-16 Ke Natuna
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Kebakaran Di Mal Lokasari
Ruko Di Jalan Gajah Mada Terbakar
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.256.485 Since: 07.04.14 | 0.6949 sec