YouTube Facebook Twitter RSS
20 Jul 2019, 0

Nusantara

Pelantikan BG Sebagai Wakapolri Digelar Tertutup

Wednesday, 22 April 2015 | View : 456

siarjustisia.com-JAKARTA.

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol.) Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. resmi menjabat Wakil Kepala Polri (WaKapolri), Rabu (22/4/2015). Pelantikan yang digelar di Mabes Polri, Jakarta, itu berlangsung tertutup.

"Ini rahasia, ini memang mekanismenya. Ini kan internal rumah tangga Polri," ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Kompleks Mabes Polri, Rabu (22/4/2015).

Kepala Polri (Kapolri) Jenderal Pol Drs. Badrodin Haiti resmi melantik Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. sebagai Wakil Kepala Polri (WaKapolri), Kamis (22/4/2015).

"Kami sampaikan kepada masyarakat, kami sudah punya WaKapolri, Pak Budi Gunawan. Mohon doa restu, semoga pasangan ini bisa meningkatkan kinerja Polri secara keseluruhan," beber Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, teknis acara pelantikan WaKapolri ini merupakan hasil kesepakatan bersama para petinggi di kepolisian.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan meminta pelantikan WaKapolri kali ini tidak ditanggapi berlebihan. Yang pasti, lanjut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan, pelantikan tersebut berlangsung sesuai dengan prosedur.

"Dulu juga waktu Kabareskrim (pelantikan Komjen Budi Waseso) kan sederhana seperti ini. Yang penting SOP dilaksanakan," tambah dia.

"Lagi pula, wartawan, mewah salah, sederhana salah juga. Tenang saja, ini sudah kesepakatan bersama," imbuh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol. Drs. Budi Waseso membantah pelantikan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai WaKapolri digelar secara tertutup.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol. Budi Waseso membantah adanya sikap tertutup yang dilakukan pihaknya terkait pelantikan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai WaKapolri, Rabu (22/4/2015).

"Tidak. Siapa bilang pelantikan tertutup? Itu terbuka kok," tukas pria yang populer disapa Buwas itu seusai menghadiri pelantikan di teras Gedung Utama Mabes Polri, Rabu (22/4/2015).

Pria yang karib disapa Buwas itu mengatakan, ada media yang bisa meliput pelantikan tersebut. Namun, jumlahnya hanya satu. Sementara, mayoritas media tak bisa mengabadikan momen itu.

"Saya bilang ada media. Jangan dibilang tidak ada," kata Buwas di Mabes Polri, Kamis (23/4/2015).

Buwas mengatakan, pada acara pelantikan WaKapolri itu, pihaknya tidak mempersilakan jurnalis untuk meliput karena keterbatasan waktu dan tempat.

"Itu karena waktu dan tempatnya terbatas ya. Kita kan maunya sederhana saja," ketus dia.

Buwas pun menepis kesan tertutup yang dilakukan jajarannya saat melantik mantan ajudan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri itu. "Kan kesan, tapi faktanya tidak tertutup. Terbatas, bukan tertutup," tegasnya.

Ketika disinggung tentang durasi singkat pelantikan tersebut, Buwas lagi-lagi memilih ngeles. Menurut Buwas, pelantikan berjalan sangat singkat karena Kapolri Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti ada kesibukan lain yang harus segera ditangani.

Buwas meminta pelantikan Komjen Pol. Budi Gunawan jadi WaKapolri tersebut tidak dilebih-lebihkan dan menjadi polemik berkelanjutan di masyarakat. Dia mengatakan, WaKapolri memang urusan internal.

Informasi yang dihimpun awak media, acara pelantikan Komjen Pol. Budi Gunawan dilangsungkan di lantai II Gedung Utama Mabes Polri. 

Sejumlah perwira tinggi bintang tiga, bintang dua, dan bintang satu hadir dalam upacara pelantikan tersebut.

Sedianya, pelantikan Komjen Pol. Budi Gunawan dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB. Namun, acara baru dapat diselenggarakan pukul 14.00 WIB. Sejumlah petinggi Polri sempat menunggu di ruangan tersebut.

Kapolri sebelumnya menjelaskan, sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi sudah digelar pada Jumat (17/4/2015). Namun, keputusan tentang penunjukan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai Wakapolri baru didapatkan pada Selasa (21/4/2015).

Pelantikan tetap digelar meski Kepolisian belum melakukan gelar perkara bersama terkait kasus Komjen Pol. Budi Gunawan. Gelar perkara itu untuk memutuskan apakah kasus yang dituduhkan kepada Komjen Pol. Budi Gunawan dapat dilanjutkan atau tidak.

KPK sebelumnya merasa memiliki cukup bukti bahwa Komjen Pol. Budi Gunawan terlibat kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian.

Namun, Hakim tunggal Sarpin Rizaldi memutuskan bahwa penetapan tersangka Komjen Pol. Budi Gunawan oleh KPK tidak sah. KPK juga dianggap tidak berwenang mengusut kasus itu.

Dampaknya, KPK melimpahkan perkara Komjen Pol. Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung. Namun, Kejaksaan melimpahkannya ke Polri. (jos/kom)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.110.791 Since: 07.04.14 | 0.55 sec