YouTube Facebook Twitter RSS
23 Aug 2019, 0

Nusantara

Sertijab Para Kapolda

Friday, 12 June 2015 | View : 1817

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah posisi penting di jajaran Bhayangkara, Jumat (12/6/2015) pukul 10.00 WIB.

Kapolri Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah posisi penting di jajaran Bhayangkara d Mabes Polri, hari ini, Jumat (12/6/2015).

Ada 14 posisi penting yang diserahterimakan, yang terdiri dari para Kapolda, para asisten Kapolri, dan para Kadiv. Ini merupakan sertijab terbanyak yang pernah digelar dalam satu kesempatan.

Hampir seluruh petinggi Polri hadir dalam acara itu, kecuali Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. yang izin karena sedang beribadah.

Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. dipastikan tidak menghadiri acara Sertjab. Orang nomor dua ditubuh korps baju coklat itu sedang cuti untuk melaksanakan ibadah umroh. "Pak Waka sedang umrah. (Mulai Kamis) hingga nanti Selasa atau Rabu, kalau saya tidak salah," jelas Jend Pol. Drs. Badrodin Haiti, usai sertijab, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Dalam kesempatan itu, Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti menekankan sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan jajarannya, termasuk mengembalikan kepercayaan masyarakat pada korps baju cokelat tersebut.

Kapolri Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti memimpin pembacaan sumpah sejumlah posisi penting di jajaran Bhayangkara.

"Sumpah yang saudara ucapkan, disaksikan oleh mereka yang hadir di sini dan di depan Tuhan YME. Kalau saudara melanggar akan menjadi konsekuensi saudara sendiri," kata Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Sumpah itu, pada intinya bahwa sebagai pejabat kepolisian RI akan taat dan setia pada Negara Kesatuan RI (NKRI), Pancasila, dan UUD 45. Mereka juga akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan menjalankan tugas kedinasan yang dipercayakan dengan penuh pengabdian.

"Akan selalu menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri, serta mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara," tambah Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Mereka juga berjanji tidak akan melakukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan menerima gratifikasi dalam bentuk apapun, dari dan oleh siapapun, yang diduga atau patut diduga untuk menggerakkan atau tidak melakukan sesuatu yang terkait tugas dan jabatan.

"Seluruh Kapolda, asisten Kapolri, dan Kadiv Propam akan Sertijab pukul 10.00 nanti termasuk saya," kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H. yang dimutasi sebagai Kadiv TI dengan pangkat Irjen Pol.

Posisi Kapolda Kalsel akan diisi Brigjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Selain Brigjen Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H., para anggota Bhayangkara yang dimutasi itu adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono yang diganti dengan Irjen. Pol. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono digeser menjadi Asisten Operasi (Asops) Kapolri yang sebelumnya diisi oleh Irjen Pol. Drs. Arief Wachyunadi. Irjen Pol. Drs. Arief Wachyunadi lalu digeser menjadi Asrena Kapolri yang ditinggal Irjen. Pol. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Hal ini diatur dalam ST/1242/VI/2015 tertanggal 5 Mei 2015 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D.

Kapolda Jawa Barat (Jabar) juga diserahkan dari Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. yang bertukar posisi dengan Kadiv Binkum Irjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.

Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Brigjen Pol. Drs. Bambang Hermanu, S.H., M.M. dalam persiapan ke Wantanas dan posisinya diserahkan pada Brigjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum. yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divpropam Polri.

Lalu Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol. Drs. Sobri Effendi Surya diserahkan kepada Brigjen Pol. Drs. Imam Budi Supeno, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Polair Barhakam Polri. Brigjen Pol. Drs. Sobri Effendi Surya digeser menjadi Karo Renmin Bareskrim Polri.

Kapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H. juga digeser. Brigjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H. disiapkan ke Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan dan posisinya digantikan Brigjen Pol. Drs. Edward Syah Pernong, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Karo Renmin Bareskrim Polri.

Kapolda Jambi Brigjen Pol. Drs. Bambang Sudarisman dipindah sebagai Karodalops Asops Polri. Dia diganti oleh Brigjen Pol. Drs. Lutfi Lubihanto, M.M. yang sebelumnya berdinas di Lemhanas.

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Brigjen Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H. dimutasi sebagai Kadiv TI dengan pangkat Irjen Pol. Posisi Kapolda Kalsel akan diisi Brigjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Posisi Kadiv Propam yang ditinggal oleh Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si. yang menjabat Kalemdikpol diisi oleh Brigjen Pol. Drs. Raden Budi Winarso yang sebelumnya menjabat sebagai Karojianbang Lemdikpol.

Selanjutnya posisi yang ditinggal Brigjen Pol. Drs. Raden Budi Winarso diisi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol. Drs. Sriyono, M.Si. Posisi Kapolda NTB lantas diisi Brigjen Pol. Drs. Umar Septono, S.H., M.H.

Irjen Pol Drs. R.M. Haka Astana M. Widya, S.H. yang menjabat sebagai Asisten SDM Polri juga diganti karena Irjen Pol Drs. R.M. Haka Astana M. Widya, S.H. memasuki masa pensiun. Irjen Pol Drs. R.M. Haka Astana M. Widya, S.H. diganti Irjen Pol. Drs. Sabar Rahardjo.

See Also

Jelang HUT RI, Satgas TMMD Ajak Warga Bersihkan Lingkungan
Sejak Ada TMMD, Tidak Ada Lagi Kamus Takut Sama Tentara
Seberangkan Anak Sekolah Juga Dilakoni Satgas TMMD
Ngojek Anak Sekolah Di Desa TMMD Juga Dilakukan TNI
TNI Buka Biro Angkutan Antar Jemput Anak-Anak Sekolah
Danramil 01/Demak Kota Katakan Lega Rasanya Bisa Bantu Warga Mempunyai Rumah Layak Huni
Pelopori Peduli Kebersihan Lingkungan, TNI Gelar Jumat Bersih
TNI Ajarkan Anak-Anak SD Untuk Berperan Di Kebersihan Masjid
Ini Salah Satu Cara TNI Satgas TMMD Diidolakan Anak-anak
Terkait Upacara Penutupan TMMD Sudah Mulai Dirapatkan
Wawasan Kebangsaan Di Desa Sasaran TMMD Mulai Tampak
Sesibuk Apapun Kerja Di TMMD, TNI Satgas Tetap Tak Meninggalkan Ibadah
Dansatgas TMMD Kodim 0716/Demak Wujudkan Impian Warga Dukuh Duduk
Kami Guru Di Kalikondang Tak Pernah Lupa Dengan Jasa TNI
Sosok Prajurit TNI Yang Berandil Besar Di Pengecoran Jalan
Luar Biasa Saya Bisa Ngangsu Kawruh Dengan Banyak Ulama
Berkat TMMD, Lapangan Kalikondang Menjadi Kebanggaan Warga
Terus Didekati, Balita Di Desa TMMD Tak Takut Lagi Dengan Tentara
Sang Kapten Yang Sigap Di Lokasi TMMD
Danramil Yang Menjadi Tauladan Di Lokasi TMMD Kalikondang
Sinyal Pamitan Dibunyikan TNI Satgas, Warga Resah
TNI Memang Luar Biasa
12 RTLH Sudah Berhasil Direhab Tentara
Jelang Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Genjot Pekerjaan Tahap Akhir
Babinsa Yang Terus Dorong Warga Untuk Manunggal Dengan TNI
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.284.152 Since: 07.04.14 | 1.1129 sec