YouTube Facebook Twitter RSS
23 Nov 2017, 0

Hot News

Pelantikan Pengurus DPN Peradi

Saturday, 29 August 2015 | View : 7747
Tags : Peradi

siarjustisia.com-JAKARTA.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) H. Dr. Fauzie Yusuf Hasibuan, S.H., M.H. melantik pengurus DPN Peradi masa bakti periode 2015-2020 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Fauzie Yusuf Hasibuan berharap agar seluruh unsur pengurus Peradi yang tersebar di Indonesia meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui tata kelola dan manajemen yang baik. 

"Semua advokat harus memberikan pelayanan terbaik," tegas Fauzie Yusuf Hasibuan didampingi Sekjen DPN Peradi Thomas Tampubolon kepada wartawan disela-sela pelantikan, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Pelantikan pengurus itu mengambil tema Meneguhkan Peradi sebagai Organ Negara dalam Bingkai Kebersamaan yang Berkualitas dan Bermartabat.

Fauzie Yusuf Hasibuan menjelaskan, sejak tahun 1962 hingga 2015 telah banyak catatan prestasi yang diciptakan Peradi. Bahkan, kata dia, pada 2006 melalui putusan Mahkamah Konstitusi, Peradi telah dikukuhkan sebagai organ negara di dalam sistem tata negara Indonesia. 

Artinya, lanjut dia, Peradi berkedudukan sama dengan penegak hukum lainnya.  Bahkan, di bawah kepemimpinan Otto Hasibuan selama 10 tahun terakhir, UU Advokat disahkan. "Peradi ditetapkan sebagai organ negara yang bisa menjalankan fungsi negara dan satu-satunya organisasi advokat di Indonesia," jelasnya.

Selama 10 tahun terakhir, lanjut dia, ada 44 ribu calon advokat yang dididik Peradi dalam pendidikan khusus advokat. 

Peradi, kata dia, telah menjalin kerjasama dengan 121 perguruan tinggi dan instansi lain serta 40 negara. "31 persen telah lulus menjadi advokat dan menjalankan amanah UU Advokat," ungkapnya.

Menurut dia, ada juga 77 advokat asing yang telah dididik di Indonesia. Bahkan, 71 di antaranya sudah diberikan rekomendasi untuk bekerja di kantor advokat di indonesia.

Dia pun mengingatkan, pentingnya untuk menjaga independensi profesi advokat. Menurut dia, kalau mengintervensi advokat sama saja mengancam demokrasi Indonesia. Karenanya, dia pun berharap Peradi diberikan penguatan oleh negara.

"Sebagaimana penguatan yang diberikan kepada penegak hukum lainnya. Penguatannya harus realistis," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) kubu Otto Hasibuan akhirnya berhasil memilih ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) yang baru pasca-buntunya musyawarah nasional  (munas) di Makassar pada Maret lalu. Melalui munas lanjutan di Pekanbaru, Riau, Sabtu (13/6/2015), terpilihlah Fauzie Yusuf Hasibuan sebagai ketua DPN Peradi menggantikan Otto Hasibuan.

Fauzie Yusuf Hasibuan dipercaya mengemban ketua DPN Peradi periode 2015-2020 setelah memenangi proses voting. Menurut Ketua Steering Committee Munas Peradi, Achiel Suyanto, ada 501 pemilik suara dalam munas lanjutan itu.

Dari hasil voting, diketahui bahwa Fauzie Yusuf Hasibuan mengantongi 301 suara. Sedangkan dua calon ketua lainnya yang raihan suaranya di bawah Fauzie Yusuf Hasibuan adalah James Purba dan Fredrich Yunadi. James Purba yang meraih 120 suara, sedangkan Fredrich Yunadi dengan 38 suara. "Abstain 42 suara," ujar Achiel Suyanto melalui siaran pers Peradi.

Begitu terpilih, Fauzie Yusuf Hasibuan juga akan langsung menunjuk figur untuk mengisi posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen). Untuk posisi Sekjen Peradi 2015-2020,  Fauzie Yusuf Hasibuan akan mempercayakannya kepada Thomas Tampubolon.

Fauzie Yusuf Hasibuan pun mengaku siap mengemban amanah yang disandangnya sebagai ketua DPN Peradi. Menurutnya, langkah Peradi ke depan harus selalu mengacu pada tujuan yang tercantum dalam UU Advokat. “Yaitu meningkatkan kualitas advokat demi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, sambung Fauzie Yusuf Hasibuan, peran advokat sebagai penegak hukum juga harus terus ditingkatkan melalui kerja sama Peradi dengan lembaga penegak hukum lainnya seperti Kejaksaan dan Kepolisian. “Peran Peradi harus bisa hadir untuk bekerja sama dengan penegak hukum lainnya,” tandasnya. (jpnn/jos)

See Also

Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar Meninggal Dunia
Perdana Menteri Jepang Bubarkan Majelis Rendah Parlemen
Press Release MESANIH Pelayanan Jasa Online Berbasis Budaya Lokal
Kodim 0721/Blora Gelar Doa Bersama 171717
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Doa Bersama 171717 Demi Keutuhan NKRI
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Rektor UMK Tegaskan Tolak Narkoba Dan Paham Radikal
Dandim 0716/Demak Tangkal Radikalisme Lewat Mujahadah
Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi Dan Perwira Menengah Di Tubuh Polri
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Kodim 0716/Demak Kehilangan Putra Terbaik Bangsa
Julia Perez Meninggal
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Kapolri Beri Penghargaan Ke 5 Kapolres Terbaik
Pengambilan Sumpah 64 Advokat Peradin Oleh PT Banten
Marie Muhammad Berpulang
Rakerda KAI DPD DKI Jakarta: Equality Before The Law, Jangan Ada Lagi Suap Dan Pungli
38 Juta Orang Di Dunia Hidup Dengan HIV/AIDS
Penyebab Kanker
Sutan Bhatoegana Meninggal Dunia
MUI Tolak Kapolda Baru Banten
Yudi Latif Tegaskan Pancasila Harus Jadi Lifestyle
Partai Gerindra-PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Sandiaga Uno
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.834.359 Since: 07.04.14 | 3.5017 sec