YouTube Facebook Twitter RSS
16 Aug 2018, 0

Nusantara

Pengungsi Dampak Bentrokan Di Aceh Singkil Dipulangkan

Saturday, 17 October 2015 | View : 552

siarjustisia.com-BANDA ACEH.

Ribuan warga Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh yang eksodus ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akibat bentrok beberapa hari lalu, sudah berangsur kembali ke rumah mereka masing-masing, setelah dijemput Bupati Aceh Singkil, Safriadi dan Wakil Bupati, Dulmusrid di lokasi pengungsian.

"Para pengungsi bersedia pulang ke rumah masing-masing, setelah mendapat penjelasan dari pimpinan daerah bahwa kondisi di Aceh Singkil sudah aman dan kondusif. Mereka mendapat informasi bahwa Singkil sudah aman, sehingga pengungsi bersedia kembali ke rumah masing-masing," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Pol dan Linmas) Provinsi Aceh, Nasir Zalba, Aceh Singkil, Sabtu (17/10/2015) pagi.

Keputusan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil kemarin menghasilkan keputusan bahwa semua pengungsi dari kalangan umat Kristen dipulangkan ke rumah masing-masing, Jumat (16/10/2015). Para pengungsi yang eksodus ke Sumatera Utara (Sumut) lantaran terjadi bentrokan di daerahnya akan dipulangkan dengan jaminan keamanan dari aparat TNI/Polri.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Provinsi Aceh Nasir Zalba kepada awak media saat dihubungi via telepon di Aceh Singkil, Jumat (16/10/2015).

Kesepakatan memulangkan para pengungsi diputuskan dalam rapat yang dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol Husen Hamidi, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, Bupati dan unsur Forkopimda, serta tokoh agama dari umat Kristen.

Jumlah pengungsi Aceh Singkil mencapai 5.490 jiwa, dengan rincian, sebanyak 4.248 pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat. Mereka pulang dengan menggunakan sejumlah mobil dan angkutan truk bak terbuka.

Berdasarkan catatan awak media, jumlah pengungsi mencapai 5.490 jiwa bukan 7.000 jiwa seperti yang tersebar dalam pemberitaan selama ini. Rinciannya, sebanyak 4.248 jiwa pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat

Proses pemulangan dan penyerahan pengungsi dilakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah kepada Bupati Aceh Singkil. Pemulangan pengungsi akan dilakukan dengan menggunakan sejumlah angkutan milik TNI/Polri dan pemerintah.

Hingga saat ini Kapolda dan Pangdam Iskandar Muda masih bertahan di Aceh Singkil untuk memantau langsung situasi di sana dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk menjaga kedamaian.

Bupati Aceh Singkil Safriadi dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi telah meminta para pengungsi untuk kembali. "Mudah-mudahan rencana pemulangan semua pengungsi dari kalangan umat Kristiani yang selama tiga hari eksodus bisa berjalan dengan baik," kata Nasir Zalba.

Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi juga mengatakan untuk pemulangan pengungsi di Pakpak, Tapanuli, dan Sidikalang, Sumut telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Sumatera Utara (Sumut). Diharapkan, dalam waktu dekat ini semua pengungsi bisa dikembalikan ke rumah masing-masing.

Dikatakan, pihak keamanan menjamin keamanan semua warga dan tetap bekerja keras untuk memulihkan kekhawatiran warga dan kejadian itu harus yang terakhir. Kepada pemerintah setempat diharapkan juga segera menuntaskan berbagai masalah terkait pembangunan rumah ibadah.

Ditambahkan, untuk memulangkan semua pengungsi, pemerintah telah menyiapkan dana dan juga sarana sehingga warga yang sebelumnya mengungsi bisa segera menempati kembali rumah mereka, pungkasnya. (sp/jos)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.433.218 Since: 07.04.14 | 0.6369 sec