YouTube Facebook Twitter RSS
19 Oct 2018, 0

Nusantara

Pengungsi Dampak Bentrokan Di Aceh Singkil Dipulangkan

Saturday, 17 October 2015 | View : 571

siarjustisia.com-BANDA ACEH.

Ribuan warga Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh yang eksodus ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akibat bentrok beberapa hari lalu, sudah berangsur kembali ke rumah mereka masing-masing, setelah dijemput Bupati Aceh Singkil, Safriadi dan Wakil Bupati, Dulmusrid di lokasi pengungsian.

"Para pengungsi bersedia pulang ke rumah masing-masing, setelah mendapat penjelasan dari pimpinan daerah bahwa kondisi di Aceh Singkil sudah aman dan kondusif. Mereka mendapat informasi bahwa Singkil sudah aman, sehingga pengungsi bersedia kembali ke rumah masing-masing," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Pol dan Linmas) Provinsi Aceh, Nasir Zalba, Aceh Singkil, Sabtu (17/10/2015) pagi.

Keputusan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil kemarin menghasilkan keputusan bahwa semua pengungsi dari kalangan umat Kristen dipulangkan ke rumah masing-masing, Jumat (16/10/2015). Para pengungsi yang eksodus ke Sumatera Utara (Sumut) lantaran terjadi bentrokan di daerahnya akan dipulangkan dengan jaminan keamanan dari aparat TNI/Polri.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Provinsi Aceh Nasir Zalba kepada awak media saat dihubungi via telepon di Aceh Singkil, Jumat (16/10/2015).

Kesepakatan memulangkan para pengungsi diputuskan dalam rapat yang dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol Husen Hamidi, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, Bupati dan unsur Forkopimda, serta tokoh agama dari umat Kristen.

Jumlah pengungsi Aceh Singkil mencapai 5.490 jiwa, dengan rincian, sebanyak 4.248 pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat. Mereka pulang dengan menggunakan sejumlah mobil dan angkutan truk bak terbuka.

Berdasarkan catatan awak media, jumlah pengungsi mencapai 5.490 jiwa bukan 7.000 jiwa seperti yang tersebar dalam pemberitaan selama ini. Rinciannya, sebanyak 4.248 jiwa pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat

Proses pemulangan dan penyerahan pengungsi dilakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah kepada Bupati Aceh Singkil. Pemulangan pengungsi akan dilakukan dengan menggunakan sejumlah angkutan milik TNI/Polri dan pemerintah.

Hingga saat ini Kapolda dan Pangdam Iskandar Muda masih bertahan di Aceh Singkil untuk memantau langsung situasi di sana dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk menjaga kedamaian.

Bupati Aceh Singkil Safriadi dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi telah meminta para pengungsi untuk kembali. "Mudah-mudahan rencana pemulangan semua pengungsi dari kalangan umat Kristiani yang selama tiga hari eksodus bisa berjalan dengan baik," kata Nasir Zalba.

Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi juga mengatakan untuk pemulangan pengungsi di Pakpak, Tapanuli, dan Sidikalang, Sumut telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Sumatera Utara (Sumut). Diharapkan, dalam waktu dekat ini semua pengungsi bisa dikembalikan ke rumah masing-masing.

Dikatakan, pihak keamanan menjamin keamanan semua warga dan tetap bekerja keras untuk memulihkan kekhawatiran warga dan kejadian itu harus yang terakhir. Kepada pemerintah setempat diharapkan juga segera menuntaskan berbagai masalah terkait pembangunan rumah ibadah.

Ditambahkan, untuk memulangkan semua pengungsi, pemerintah telah menyiapkan dana dan juga sarana sehingga warga yang sebelumnya mengungsi bisa segera menempati kembali rumah mereka, pungkasnya. (sp/jos)

See Also

Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.782.557 Since: 07.04.14 | 0.5961 sec