YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Pengungsi Dampak Bentrokan Di Aceh Singkil Dipulangkan

Saturday, 17 October 2015 | View : 535

siarjustisia.com-BANDA ACEH.

Ribuan warga Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh yang eksodus ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akibat bentrok beberapa hari lalu, sudah berangsur kembali ke rumah mereka masing-masing, setelah dijemput Bupati Aceh Singkil, Safriadi dan Wakil Bupati, Dulmusrid di lokasi pengungsian.

"Para pengungsi bersedia pulang ke rumah masing-masing, setelah mendapat penjelasan dari pimpinan daerah bahwa kondisi di Aceh Singkil sudah aman dan kondusif. Mereka mendapat informasi bahwa Singkil sudah aman, sehingga pengungsi bersedia kembali ke rumah masing-masing," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Pol dan Linmas) Provinsi Aceh, Nasir Zalba, Aceh Singkil, Sabtu (17/10/2015) pagi.

Keputusan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil kemarin menghasilkan keputusan bahwa semua pengungsi dari kalangan umat Kristen dipulangkan ke rumah masing-masing, Jumat (16/10/2015). Para pengungsi yang eksodus ke Sumatera Utara (Sumut) lantaran terjadi bentrokan di daerahnya akan dipulangkan dengan jaminan keamanan dari aparat TNI/Polri.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Provinsi Aceh Nasir Zalba kepada awak media saat dihubungi via telepon di Aceh Singkil, Jumat (16/10/2015).

Kesepakatan memulangkan para pengungsi diputuskan dalam rapat yang dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol Husen Hamidi, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, Bupati dan unsur Forkopimda, serta tokoh agama dari umat Kristen.

Jumlah pengungsi Aceh Singkil mencapai 5.490 jiwa, dengan rincian, sebanyak 4.248 pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat. Mereka pulang dengan menggunakan sejumlah mobil dan angkutan truk bak terbuka.

Berdasarkan catatan awak media, jumlah pengungsi mencapai 5.490 jiwa bukan 7.000 jiwa seperti yang tersebar dalam pemberitaan selama ini. Rinciannya, sebanyak 4.248 jiwa pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat

Proses pemulangan dan penyerahan pengungsi dilakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah kepada Bupati Aceh Singkil. Pemulangan pengungsi akan dilakukan dengan menggunakan sejumlah angkutan milik TNI/Polri dan pemerintah.

Hingga saat ini Kapolda dan Pangdam Iskandar Muda masih bertahan di Aceh Singkil untuk memantau langsung situasi di sana dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk menjaga kedamaian.

Bupati Aceh Singkil Safriadi dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi telah meminta para pengungsi untuk kembali. "Mudah-mudahan rencana pemulangan semua pengungsi dari kalangan umat Kristiani yang selama tiga hari eksodus bisa berjalan dengan baik," kata Nasir Zalba.

Kapolda Aceh Irjen Pol. Husen Hamidi juga mengatakan untuk pemulangan pengungsi di Pakpak, Tapanuli, dan Sidikalang, Sumut telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Sumatera Utara (Sumut). Diharapkan, dalam waktu dekat ini semua pengungsi bisa dikembalikan ke rumah masing-masing.

Dikatakan, pihak keamanan menjamin keamanan semua warga dan tetap bekerja keras untuk memulihkan kekhawatiran warga dan kejadian itu harus yang terakhir. Kepada pemerintah setempat diharapkan juga segera menuntaskan berbagai masalah terkait pembangunan rumah ibadah.

Ditambahkan, untuk memulangkan semua pengungsi, pemerintah telah menyiapkan dana dan juga sarana sehingga warga yang sebelumnya mengungsi bisa segera menempati kembali rumah mereka, pungkasnya. (sp/jos)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.177.195 Since: 07.04.14 | 0.5983 sec