YouTube Facebook Twitter RSS
16 Aug 2018, 0

Nusantara

Faisal Basri, Butet Kertarajasa, Gunawan Mohamad Dukung Jokowi-JK

siarjustisia.com-JAKARTA.

Manifesto rakyat yang tak berpartai yang digawangi Faisal Basri, Lin Che Wei, Butet Kertarajasa, Gunawan Mohamad dan tokoh-tokoh penting masyarakat lainnya menyatakan dukungannya untuk mengusung calon presiden (capres) Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi.

Politikus yang berusia 54 tahun tersebut, Faisal Basri menyatakan, pihaknya menilai jika kepartaian di Indonesia semakin mengingkari aspirasi rakyat. “Kami menyaksikan bagaimana partai-partai dipergunakan oleh sebagian elit mereka untuk mendapatkan kedudukan, kekuasaan dan kekayaan," papar salah seorang keponakan dari mendiang Wakil Presiden RI Adam Malik, Faisal Basri di di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Meskipun Jokowi kader partai, ekonom lulusan Master of Arts (M.A.) dalam bidang ekonomi, Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1988 ini, Faisal Basri mengklaim jika pria asal Solo, Jawa Tengah, tersebut diklaim sebagai petugas rakyat.

Alumnus Sarjana Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini, Faisal Basri menambahkan, sebelum muncul sosok Jokowi, dia bersama masyarakat sudah hampir putus harapan melihat kehidupan politik di Indonesia. "Tetapi berangsur-angsur ada celah akan kembalinya kehidupan politik yang bersih dan mengabdi kepada rakyat. Kami melihat munculnya tokoh-tokoh non-partai, mereka tulus, bersih dan bekerja sungguh-sungguh," jelas salah satu pendiri MARA (Majelis Amanah Rakyat) yang merupakan cikal bakal Partai Amanat Nasional (PAN), Faisal Basri.

"Untuk Jokowi, dia tampil dari bawah dari kalangan rakyat lintas golongan. Jokowi dipilih dan dipercaya tidak hanya satu kali, bukan karena ia petugas partai, tapi ia petugas rakyat," sambung Faisal Basri yang pada Oktober 2011 silam telah menggandeng Biem Benyamin, putra tokoh legendaris Betawi Benyamin Sueb maju mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen.

Dengan alasan itulah, Faisal Basri mengatakan, dirinya bersama elemen masyarakat non-partai akan memilih calon presiden (capres) yang diusung PDIP, Partai NasDem, PKB dan, Partai Hanura itu dalam Pemilu Presiden (pilpres) 9 Juli 2014 mendatang. "Kami percaya ia akan melaksanakan amanat rakyat, untuk mengubah kehidupan sosial politik ke arah yang lebih baik. Untuk Indonesia sekarang dan generasi akan datang," tandas mantan calon gubernur Pilkada DKI Jakarta lalu tersebut.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jokowi menegaskan, dalam koalisi yang dibangunnya tidak ada pembagian kursi menteri. Sebab semuanya akan berjuang demi kepentingan rakyat. Bahkan, partai koalisi ini akan menjadi alat perjuangan di pemerintahan ke depan. "Seperti yang sudah diketahui bahwa kerja sama partai yang kita bangun kerja sama tanpa syarat. Kenapa seperti itu? Selalu saya sampaikan kepada kerjasama partai, bahwa kita harus mendorong partai menjadi sebuah alat perjuangan dan mendorong partai mementingkan dan memikirkan kepentingan rakyat sehingga partai yang datang ke kami tanpa syarat lho," terang mantan Wali Kota Solo tersebut Jokowi di lokasi yang sama. (mer/jos)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.433.145 Since: 07.04.14 | 0.6476 sec