YouTube Facebook Twitter RSS
25 Sep 2018, 0

Nusantara

Kakorlantas Klaim Tidak Ada Antrean Panjang Arus Balik

Sunday, 03 January 2016 | View : 1103

siarjustisia.com-PURWOKERTO.

Kepala Korps Lalu-lintas (Kakorlantas) Mabes Kepolisian Indonesia (Polri), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol.) Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. mengklaim tidak ada antrean kendaraan cukup panjang pada arus balik liburan akhir tahun.

"Ini sudah kelihatan dari hari Sabtu (2/1/2016), sudah kelihatan peningkatan volume. Saya pantau laporan dari seluruh wilayah, dari Jakarta tadi melaporkan, itu terpantau tidak ada antrean cukup panjang karena memang angkutan berat sudah tidak dioperasionalkan hari ini," papar Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., di Stasiun Besar Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (3/1/2016).

Menurut dia, angkutan berat yang masih terlihat beroperasi dalam beberapa hari terakhir itu karena membawa sembako, susu murni, dan barang hantaran.

"Mungkin kalau kelihatan masih ada kontainer yang lewat itu memang diperbolehkan karena itu (membawa komoditas) ekspor-impor. Jadi tidak semua kontainer, ekspor-impor yang mendapatkan rekomendasi Dishub (Dinas Perhubungan) bisa dilewatkan," jelasnya.

Kendati demikian, mantan Karobinops Sops Polri pada tahun 2010 ini mengatakan, petugas di lapangan akan selalu melihat situasi dan kondisi arus kendaraan.

Oleh karena itu, sambung dia, jika truk kontainer pembawa komoditas ekspor-impor dinilai mengganggu arus kendaraan, petugas akan menghentikannya lebih dahulu dan diperbolehkan jalan ketika lancar.

Mantan Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Provinsi Riau ini mengatakan bahwa jalur-jalur yang dilarang dilalui kendaraan berat saat arus balik di antaranya jalan tol, jalur pantura, serta sejumlah ruas jalan di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung yang sekiranya akan terhambat oleh mobilitas kendaraan tersebut.

"Kalau di daerah lain enggak ada larangannya," terang Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum.

Lebih lanjut, Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. mengakui bahwa pada saat arus mudik liburan Natal dan tahun baru terjadi kepadatan arus kendaraan setelah sampai di Pejagan karena sedang ada pekerjaan pengecoran pada ruas tol darurat yang pernah difungsikan saat arus Lebaran 2015.

Oleh karena ada pekerjaan pengecoran, tambah dia, ruas tol darurat tersebut tidak difungsikan sehingga petugas pagar betis yang terdiri atas personel Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah (Pemda) dimaksimalkan.

Selain itu, lanjut dia, pada perlintasan-perlintasan kereta api di Pejagan diberlakukan sistem buka-tutup dan arus kendaraan dialihkan melalui Cirebon.

Disinggung mengenai perbaikan di sejumlah ruas jalan yang berdampak pada kemacetan, dia mengatakan bahwa penanggung jawab pekerjaan tersebut ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menurut mantan Dirlantas Polda Metro Jaya pada tahun 2008 tersebut, hasil survei yang dilakukan Polri serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah diinformasikan serta dibuatkan rekomendasi.

Terkait ruas Jalan Daendels di Jalur Lintas Selatan-Selatan (JLSS) Jawa Tengah, yang dijadikan sebagai jalur alternatif, mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini mengatakan, semakin banyak akses infrastruktur alternatif akan meringankan petugas pengamanan, meningkatkan perekonomian, dan masyarakat ada alternatif lain.

"Cuma yang Daendels itu kan tentunya pengamanan pada malam hari, patroli harus lebih ditingkatkan karena daerah-daerah di situ (Jalan Daendels) gelap. Itu yang menjadi perhatian dari kami," pungkas Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum.

Dalam kesempatan itu, Kakorlantas Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. mengaku baru datang dari Stasiun Solo Balapan dengan menumpang KA Argo Lawu. "Alhamdulillah tepat waktu. Setelah tiba di Stasiun Purwokerto ini, saya akan melanjutkan perjalanan melalui jalan darat mengikuti dinamika lalu lintas," katanya.

Dia mengaku selama di Stasiun Besar Purwokerto mendapat penjelasan kepadatan penumpang pada jam-jam tertentu.

Menurut dia, puncak arus balik libur akhir tahun menggunakan kereta api di Stasiun Besar Purwokerto diperkirakan berlangsung hari ini (3/1/2016) dengan peningkatan sekitar 25 persen. "Tadi dijelaskan meningkat 25 persen, lebih meningkat dibanding arus balik Natal," kata Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum.

Kakorlantas Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. singgah di Stasiun Besar Purwokerto dalam rangkaian kegiatan pantauan arus balik liburan akhir tahun dari Solo menuju Jakarta.

Saat berada di Stasiun Besar Purwokerto, Kakorlantas Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. diterima di Ruang Tunggu VIP oleh Vice President PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Safrudiansyah, Komandan Komando Resor Militer 071/Wijayakusuma Letkol Infanteri Dwi Wahyu Winarto, Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gidion Arif Setyawan, dan Komandan Komando Distrik Militer 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Erwin Ekagita Yuana.

Sementara saat berada di Solo, Kakorlantas Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. meninjau arus balik di Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bahwa selama arus mudik dan balik pada masa liburan akhir tahun 2015 tercatat sebanyak 236 orang meninggal dunia akibat kecelakaan. (ant/jos)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.636.522 Since: 07.04.14 | 0.6693 sec