YouTube Facebook Twitter RSS
27 Mar 2019, 0

Internasional

Legenda Musik Inggris David Bowie Wafat

Monday, 11 January 2016 | View : 826

siarjustisia.com-LONDON.

Penyanyi legendaris David Bowie meninggal dunia pada usia 69 tahun setelah diam-diam melawan kanker selama 18 bulan.

Bintang yang merilis album baru pekan lalu itu dikenal sebagai pencipta glam rock dan salah satu dari seniman paling sukses abad 20.

Juru bicara David Bowie mengatakan pagi ini, "David Bowie meninggal dengan damai dikelilingi oleh keluarganya setelah melawan kanker secara tabah selama 18 bulan."

"Banyak dari kalian yang akan berbagi kabar duka cita itu, namun kami meminta agar Anda menghormati privasi keluarga selama masa berduka."

Album terbarunya Blackstar baru dirilis Jumat silam, meski David Bowie jarang tampil atau terlihat di depan publik beberapa bulan belakangan.

Anak laki-laki David Bowie, Duncan Jones yang dikenal sebagai Zowie Bowie, mengonfirmasi kabar duka itu lewat Twitter: "Sangat menyesal dan sedih untuk mengabarkan kalau itu benar. Saya akan offline untuk sementara. Cinta untuk kalian semua." tulisnya di Twitter seperti dikutip dari Daily Mail.

Pria yang pernah beristrikan Angela (Angie) Bowie pada 1970-1980 dengan berputrakan Duncan Haywood Zowie Jones lahir pada Mei 1971 dan istri supermodel kelahiran Somalia, Iman pada tahun 1992 dengan memiliki seorang putri bernamakan Alexandria Zahra Jones tersebut, David Bowie menandai hari jadi ke-69-nya pada Jumat (8/1/2016) dengan mengeluarkan album baru, "Blackstar", yang dipuji pengulas sebagai karya terkini dalam karir panjang dan inovatif.

Penyanyi, penulis lagu, aktor dan seniman itu kembali ke musik setelah "The Next Day" mencapai tangga musik teratas pada 2013. Album tersebut berjarak 10 tahun dari karya sebelumnya, lapor Reuters.

"Blackstar" diproduseri David Bowie bersama teman kerja sepanjang waktunya, Yony Visconti, hanya berisi tujuh lagu tetapi mendapat pujian dari kritikus.

Salah satunya, koran Inggris "Guardian", menyebut karya itu "memesona dari istirahatnya sejak karya terakhir".

Album tersebut sebagian besar bewarna jazz namun penuh dengan seperti yang digambarkan NME, "memiliki lengkungan nada panggung, jeritan rock industri, roh balada, napas folk-pop, bahkan hip-hop".

Menjelang peluncurannya pada Jumat (8/1/2016), majalah "Rolling Stone" pada bulan lalu menyebut album "Blackstar" sebagai mahakarya anti-arus induk terbaik sejak album "Seventies".

Pada pekan ini, sang penyanyi akan memutar video klip untuk single "Lazaris", yang menampakan dia berbaring di tempat tidur rumah sakit dengan mata diperban.

Sutradara musik video dan iklan Johan Renck menyutradarai klip tersebut. Dia juga bekerja untuk film sepanjang hampir 10 menit dengan judul sama dengan albumnya.

"Aku tidak ingin membuat video lagi karena prosesnya begitu hebat dan penuh perasaan seperti video ini," kata Johan Renck dalam pernyataan berjaringan, "Pada dasarnya, saya sudah menyentuh matahari," tambah dia.

Pria bernama asli David Jones itu terkenal dengan karya "Space Oddity" pada 1969 dan tak lama kemudian muncul menggunakan baju terusan dengan "alter ego" Ziggy Stardust.

Beberapa tahun terakhir penyanyi itu, yang selalu berada tangga lagu teratas, menghindari perhatian umum setelah melakukan operasi jantung pada 2004.

Penampilan langsung terakhirnya adalah pada konser amal di New York pada 2006.

Legenda musik Inggris, David Bowie, Rabu (19/2/2014) mendesak Skotlandia tetap menjadi bagian dari Inggris Raya dalam pesan pidato penerimaan penghargaan tahunan Brit Award.

Penyanyi berusia 67 tahun yang sudah menarik diri dari keramaian itu tidak hadir di O2 Arena, London, untuk menerima penghargaannya sebagai penyanyi tunggal pria, namun mengirimkan pesan yang dibacakan model Kate Moss.

Isi pesannya, "Skotlandia, tinggallah bersama kami".

Pernyataan itu cepat diambil pendukung pro-penyatuan, sebagaimanya dinyatakan harian The Sun, yang menjadikan kutipan itu berita utama di halaman depan. 

Inggris Raya (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) terdiri dari Kerajaan Inggris Raya, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, dengan kepala negara/kerajaan adalah Ratu Elizabeth II.

Menteri Tenaga Kerja Inggris, Jim Murphy, segera menulis di Twitter-nya, "David Bowie menyampaikan pesan. Kini Anda bisa kembali ke Skotlandia."

David Bowie menjadi penerima penghargaan yang berusia paling tua, melebihi penyanyi Wales/Welsh, Tom Jones, yang menerima penghargaan terhormat itu atas sumbangsihnya di dunia musik pada 2003 saat berusia 62 tahun.

Jajak pendapat menunjukkan naiknya dukungan untuk otonomi sejak referendum tahun 1997, dan kini menangani sendiri masalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kehakiman.

Namun parlemen di London masih mempertahankan masalah pertahanan dan kebijakan luar negeri. (reuters/guardian/dailymail/thesun)

See Also

Pangkalan Militer Yaman Diserang Gerakan Houthi
Penutupan Pelayanan Pemerintah AS
Ketua Bank Sentral AS Ingatkan Dampak Negatif Penutupan Berkepanjangan Pemerintah
Raja Malaysia Mengundurkan Diri
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Dubes Indonesia Untuk Arab Saudi Benarkan Rilis Soal Rizieq Shihab Darinya
Dunia Kembali Dihantui Era Perang Dingin
2 Negara Eropa Kecam Rencana Amerika Serikat Keluar Dari Perjanjian INF
Rusia Tuding Amerika Serikat Bermain Kasar
Presiden AS Batalkan Perjanjian Nuklir 1987 Dengan Rusia
Terlibat Skandal Gratifikasi Seks, Pejabat Imigrasi Singapura Diadili
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
3 Kapal Perang Jepang Bersandar Di Pelabuhan Tanjung Priok
NASA Klaim Planet Proxima Centauri B Bisa Dihuni
Harun Yahya Tuduh Penangkapan Dirinya Konspirasi Inggris
Harun Yahya Ditangkap Kepolisian Turki
Eks Navy Seal Tewas Dalam Evakuasi Tim Sepak Bola Dari Gua Thailan
Pelaku Penembakan Brutal Staf Capital Gazette Ditangkap
Penembakan Staf Koran Capital Gazette
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.580.232 Since: 07.04.14 | 0.5949 sec