YouTube Facebook Twitter RSS
25 Sep 2018, 0

Nusantara

Gebyar Seni Budaya Lesbumi Dan Haul Ke-6 Gus Dur

Friday, 29 January 2016 | View : 970

siarjustisia.com-KUDUS.

Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus menyelenggarakan Gebyar Seni Budaya Lesbumi dan dalam rangka memeringati Haul ke-6 Kyai Haji (K.H.) Abdurrahman Wahid atau kerap disapa Gus Dur yang terlahir dengan nama Abdurrahman ad-Dakhil di Kompleks Kampoeng Festival Bambu Wulung, Jalan Kudus-Pati KM 5, Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Acara Gelar Seni Budaya yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu (30-31/1/2016), akan diisi dengan beragam kegiatan pementasan diantaranya festival rebana pelajar Kudus, lomba melukis kanvas Gus Dur, festival teater pelajar Kudus hingga pembacaan puisi.

"Pada 30 Januari, beragam acara  yang telah disiapkan yaitu  lomba rebana untuk pelajar, lomba teater pelajar, dan lomba melukis potret Gus Dur yang semuanya diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMA," papar ketua panitia Dwi Saifullah melalui sekretarisnya, Abu Hasan.

Abu Hasan menambahkan, selain berbagai lomba tersebut, ada juga pementasan teater oleh Tetare Lesbumi Kudus. “Pada pementasan ini, para awak Teater Lesbumi mengangkat lakon ‘Sumbadra Sayembara," lanjutnya.

Adapun puncak acara akan diadakan pembacaan Mauli Nabi Muhammad SAW, yang rencananya akan dihadiri oleh salah satu dari 11 putera dan puteri ulama kharismatik Tegalrejo Magelang al-marhum al-magfurlah K.H Chudlori yang wafat tahun 1977 silam, pendiri (muasis) Ponpes salafiyyah Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang yang didirikan pada tahun 1944, pimpinan pondok pesantren (ponpes) Salaf Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), K.H. Muhammad Yusuf Chudlori yang di tengah-tengah masyarakat lebih dikenal dengan sebutan khas kaum pesantren, yakni Gus Yusuf untuk menyampaikan mauidzoh hasanah.

Pada hari kedua, yakni 31 Januari 2016, diselenggarakan talkshow bertajuk “Gus Dur Guru Bangsa” dengan menghadirkan narasumber puteri bungsu Dr. (H.C.) K.H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid dan K.H. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), pengasuh pondok pesantren (ponpes) salafiyyah Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Pada kesempatan itu, juga ada berbagai penampilan lain yang akan menyemarakkan kegiatan ini, seperti pembacaan puisi oleh sastrawan Jumari HS., musikalisasi puisi oleh Nuzumal Laily, dan juga dimeriahkan dengan kehadiran Binta Athivata Tabriez, yang populer berkat penampilan apiknya saat mengikuti Program Akademi Syiar Indonesiar (AKSI) Junior di salah satu televisi swasta nasional," jelasnya.

Lebih lanjut dikemukakan, selain mengenang jasa-jasa Presiden RI ke-4 (1999-2001) menggantikan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie FREng atau dikenal sebagai B. J. Habibie, setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI hasil Pemilu 1999 dengan masa jabatan 20 Oktober 1999-23 Juli 2001, Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur dan membumikan pemikiran-pemikiran pluralisme sang guru bangsa itu, khususnya masyarakat Kudus, di tengah-tengah kegiatan juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus Lesbumi.

“Kegiatan pembuka ini diharapkan mampu memunculkan spirit untuk menumbuhkembangkan seni-budaya di Kudus, terlebih di kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU),” tutur Abu Hasan didampingi Eko Winasis, salah satu panitia kegiatan.

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.636.588 Since: 07.04.14 | 0.6144 sec