YouTube Facebook Twitter RSS
27 Mar 2019, 0

Nusantara

Wali Kota Jayapura Hibahkan Lahan Untuk Umat Hindu

Tuesday, 08 March 2016 | View : 890
Tags : Hindu, Jayapura

siarjustisia.com-JAYAPURA.

Wali Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua periode 2011-2016, yang mulai menjabat sejak 2011, Drs. Benhur Tommy Mano, M.M. berjanji menghibahkan sebidang lahan kepada umat Hindu ketika menghadiri upacara Tawur Kesanga di Taman Imbi, Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (8/3/2016).

"Saya akan berikan lahan untuk umat Hindu yang ada di kota ini, agar upacara Ngaben bisa dilakukan disini," kata Benhur Tommy Mano dalam sambutannya di hadapan ratusan umat Hindu Kota Jayapura.

Menurut dia, dengan adanya lahan untuk kegiatan kremasi bagi umat Hindu di Kota Jayapura, tidak perlu lagi melakukannya di kampung halaman.

"Harapannya umat Hindu tidak lagi menggelar kegiatan atau upacara sakral di luar Papua, tetapi bisa disini," ujarnya disambut tepuk tangan oleh ratusan umat Hindu yang hadir.

Drs. Benhur Tommy Mano, M.M. yang akrab disapa BTM, juga mengapresiasi keterlibatan warga Kota Jayapura, khususnya umat Hindu yang ikut serta memberikan sumbangan pembangunan dan menjaga kerukunan umat beragama sehingga tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada umat Hindu Kota Jayapura, karena yang saya tahu, selama ini umat Hindu tidak ada yang berperilaku atau berulah macam-macam atau yang aneh-aneh," ucap BTM.

Usai memberikan sambutan, BTM memberikan bantuan senilai Rp 20 juta kepada panitia pelaksana upacara Tawur Kesanga dan mohon pamit untuk menghadiri kegiatan selanjutnya dengan panitia masuknya Injil di Pulau Mettu Debi, Kampung Tobati-Enggros.

"Ini sumbangan pribadi saya dan keluarga bagi pelaksanaan upacara hari ini," tuturnya yang langsung disambut oleh Mangku Gde IGM Sunarta, Pinandita Pura Agung Surya Bhuvana.

Sementara itu, sehari sebelum perayaan suci Nyepi umat Hindu melaksanakan upacara "Tawur Agung" sebagai bentuk penyucian alam semesta, khusus di Denpasar pelaksanaannya diselenggarakan di Lapangan Puputan Badung, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Selasa (8/3/2016).

Kegiatan ritual itu dipimpin enam rohaniawan Hindu (Sarwa Sadaka) yakni Ida Pedanda Gede Telaga, Ida Padanda Istri Budha, Ida Resi Bhujangga Waisnawa Putra, Ida Jro Dukuh Udhalaka Dharma, Ida Sri Empu Dharma Sunu, dan Ida Pandita Empu Jaya Putra Pamuteran .

Pelaksanaan "Tawur Agung" terkait pelaksanaan hari raya suci Nyepi tahun saka 1938, dihadiri Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakilnya IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, pimpinan SKPD serta ribuan umat sedharma.

Tawur Agung ini tergolong upacara "Buta Yadnya" atau kurban suci dalam Agama Hindu, persembahan dalam bentuk upakara sebagai ciri "Tawur" adalah persembahan berbagai macam binatang menjadi korban suci.

Di antaranya lapisan dasar dipersembahkan ayam "manca sata" (lima ayam), untuk arah Timur dipersembahkan angsa, Selatan sapi, Barat Daya "asu blangbungkem", Barat kambing, Utara kucit butuan, di Tengah bebek blangkalung dan paling Atas kerbau. Sedangkan untuk di Depan "sanggar tawang" dipersembahkan kambing.

Semua Korban itu dipersembahkan kepada butha kala, agar buta kala menjadi somia (netral) dan kembali pada akikat dirinya yakni keaspek siwa" (Tuhan) yang penuh cinta kasih, kata ketua panitia kegiatan ritual sekaligus Kabag Kesra Setda Kota Denpasar IGN Bagus Mataram.

Sementara Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengharapkan agar pada pelaksanaan "pengerupukan" atau sehari menjelang Nyepi berjalan baik, kondusif, tenang dan lancar.

IB Rai Dharmawijaya Mantra menekankan kepada semua umat agar pada hari raya Nyepi, khususnya masyarakat Kota Denpasar dijadikan ajang mengintrofeksi diri agar menjadi lebih baik ke depannya.

"Dengan melaksanakan semua itu maka pelaksanaan hari raya Nyepi menjadi aman dan nyaman," tandas dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar Komang Sri Marheni menambahkan "Tawur Agung Kesanga" ini merupakan penyucian alam semesta, sehingga unsur-unsur yang bersifat negatif menjadi netral. Dengan demikian dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat Kota Denpasar.

Komang Sri Marheni berharap agar umat beragama meningkatkan rasa toleransi saling menghormati antarpemeluk agama. Sehingga pada perayaan Hari raya Nyepi tidak terjadi konflik.

"Mari kita junjung tinggi toleransi antaraumat beragama, sehingga terjadi keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya. (ant)

See Also

Peringati Harlah Ke-96 NU, MA NU TBS Gelar Upacara Dan Istighasah
Bupati Demak Resmi Buka TMMD Sengkuyung I TA 2019
SMP Kanisius Kudus Bermain Besama Di Ruang Baca Pengilon
Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.580.204 Since: 07.04.14 | 0.6708 sec