YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2019, 0

Nusantara

Wali Kota Jayapura Hibahkan Lahan Untuk Umat Hindu

Tuesday, 08 March 2016 | View : 868
Tags : Hindu, Jayapura

siarjustisia.com-JAYAPURA.

Wali Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua periode 2011-2016, yang mulai menjabat sejak 2011, Drs. Benhur Tommy Mano, M.M. berjanji menghibahkan sebidang lahan kepada umat Hindu ketika menghadiri upacara Tawur Kesanga di Taman Imbi, Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (8/3/2016).

"Saya akan berikan lahan untuk umat Hindu yang ada di kota ini, agar upacara Ngaben bisa dilakukan disini," kata Benhur Tommy Mano dalam sambutannya di hadapan ratusan umat Hindu Kota Jayapura.

Menurut dia, dengan adanya lahan untuk kegiatan kremasi bagi umat Hindu di Kota Jayapura, tidak perlu lagi melakukannya di kampung halaman.

"Harapannya umat Hindu tidak lagi menggelar kegiatan atau upacara sakral di luar Papua, tetapi bisa disini," ujarnya disambut tepuk tangan oleh ratusan umat Hindu yang hadir.

Drs. Benhur Tommy Mano, M.M. yang akrab disapa BTM, juga mengapresiasi keterlibatan warga Kota Jayapura, khususnya umat Hindu yang ikut serta memberikan sumbangan pembangunan dan menjaga kerukunan umat beragama sehingga tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada umat Hindu Kota Jayapura, karena yang saya tahu, selama ini umat Hindu tidak ada yang berperilaku atau berulah macam-macam atau yang aneh-aneh," ucap BTM.

Usai memberikan sambutan, BTM memberikan bantuan senilai Rp 20 juta kepada panitia pelaksana upacara Tawur Kesanga dan mohon pamit untuk menghadiri kegiatan selanjutnya dengan panitia masuknya Injil di Pulau Mettu Debi, Kampung Tobati-Enggros.

"Ini sumbangan pribadi saya dan keluarga bagi pelaksanaan upacara hari ini," tuturnya yang langsung disambut oleh Mangku Gde IGM Sunarta, Pinandita Pura Agung Surya Bhuvana.

Sementara itu, sehari sebelum perayaan suci Nyepi umat Hindu melaksanakan upacara "Tawur Agung" sebagai bentuk penyucian alam semesta, khusus di Denpasar pelaksanaannya diselenggarakan di Lapangan Puputan Badung, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Selasa (8/3/2016).

Kegiatan ritual itu dipimpin enam rohaniawan Hindu (Sarwa Sadaka) yakni Ida Pedanda Gede Telaga, Ida Padanda Istri Budha, Ida Resi Bhujangga Waisnawa Putra, Ida Jro Dukuh Udhalaka Dharma, Ida Sri Empu Dharma Sunu, dan Ida Pandita Empu Jaya Putra Pamuteran .

Pelaksanaan "Tawur Agung" terkait pelaksanaan hari raya suci Nyepi tahun saka 1938, dihadiri Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakilnya IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, pimpinan SKPD serta ribuan umat sedharma.

Tawur Agung ini tergolong upacara "Buta Yadnya" atau kurban suci dalam Agama Hindu, persembahan dalam bentuk upakara sebagai ciri "Tawur" adalah persembahan berbagai macam binatang menjadi korban suci.

Di antaranya lapisan dasar dipersembahkan ayam "manca sata" (lima ayam), untuk arah Timur dipersembahkan angsa, Selatan sapi, Barat Daya "asu blangbungkem", Barat kambing, Utara kucit butuan, di Tengah bebek blangkalung dan paling Atas kerbau. Sedangkan untuk di Depan "sanggar tawang" dipersembahkan kambing.

Semua Korban itu dipersembahkan kepada butha kala, agar buta kala menjadi somia (netral) dan kembali pada akikat dirinya yakni keaspek siwa" (Tuhan) yang penuh cinta kasih, kata ketua panitia kegiatan ritual sekaligus Kabag Kesra Setda Kota Denpasar IGN Bagus Mataram.

Sementara Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengharapkan agar pada pelaksanaan "pengerupukan" atau sehari menjelang Nyepi berjalan baik, kondusif, tenang dan lancar.

IB Rai Dharmawijaya Mantra menekankan kepada semua umat agar pada hari raya Nyepi, khususnya masyarakat Kota Denpasar dijadikan ajang mengintrofeksi diri agar menjadi lebih baik ke depannya.

"Dengan melaksanakan semua itu maka pelaksanaan hari raya Nyepi menjadi aman dan nyaman," tandas dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar Komang Sri Marheni menambahkan "Tawur Agung Kesanga" ini merupakan penyucian alam semesta, sehingga unsur-unsur yang bersifat negatif menjadi netral. Dengan demikian dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat Kota Denpasar.

Komang Sri Marheni berharap agar umat beragama meningkatkan rasa toleransi saling menghormati antarpemeluk agama. Sehingga pada perayaan Hari raya Nyepi tidak terjadi konflik.

"Mari kita junjung tinggi toleransi antaraumat beragama, sehingga terjadi keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya. (ant)

See Also

Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
Piket Koramil 13/Karangawen Aktif Patroli Malam Bersama Polsek Guna Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Gotong Royong Babinsa 12/Mranggen Dan Masyarakat Atasi Banjir Di Banyumeneng
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Dampingi Kegiatan Posyandu, Wujud Nyata Kepedulian Babinsa 11/Sayung Terhadap Kesehatan Masyarakat
Babinsa 12/Mranggen Bersama Warga Laksanakan Karya Bhakti Peninggian Tanggul
Babinsa 02/Bonang Kunjungi TK Di Desa Binaannya
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.247.799 Since: 07.04.14 | 0.6789 sec