YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Ekonomi

21 Trayek Baru Transjakarta Jabodetabek

Monday, 25 April 2016 | View : 732

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan izin penyelenggaraan perluasan jaringan angkutan massal transjakarta pada kawasan perkotaan Jabodetabek yang meliputi 21 jaringan trayek mulai 2016.

"Dalam surat bernomor AJ.205/4/16/DJPD/2016 ditujukan kepada Direktur Utama Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) pada prinsipnya dapat disetujui 21 jaringan trayek baru," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah di Bekasi, Senin (25/4/2016).

Ke- 21 jaringan trayek tersebut di antaranya menyasar kawasan Kota Bekasi sebanyak tiga trayek, Kabupaten Bekasi sebanyak satu trayek, Depok sebanyak empat trayek, Tangerang sebanyak tujuh trayek, Bogor sebanyak tiga trayek, Jakarta sebanyak tiga trayek.

Perluasan trayek transjakarta di kawasan Jabodetabek itu akan dilakukan secara bertahap. Kota Bekasi menjadi kawasan perdana uji coba proyek tersebut pada Senin (25/4/2016).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan proyek uji coba operasional transportasi massal transjakarta di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (25/4/2016) pagi.

"Operasional perdana transjakarta di Kota Bekasi kita bagi dua tahap mulai pukul 05.00-09.00 WIB dan 17.00-22.00 WIB di dua koridor yakni Tol Bekasi Timur dan Tol Bekasi Barat," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Bekasi Andri Yansyah di Bekasi, Senin (25/4/2016).

Menurut dia, operasional transjakarta di Kota Bekasi merupakan upaya peningkatan layanan transportasi massal Pemprov DKI Jakarta ke sejumlah kawasan penyangga Ibu Kota.

"Kota Bekasi merupakan kawasan perdana uji coba perluasan trayek transjakarta. Ke depan akan kita perluas lagi ke Tangerang dan Depok, menyusul kemudian Bogor," katanya.

"Selanjutnya kami akan menyasar Tangerang dan Bogor dalam waktu dekat. Prosesnya saat ini masih meminta persetujuan dari pemerintah daerah terkait," tambah dia.

Operasional transjakarta yang mulai berlaku Senin (25/4/2016) menyasar sejumlah trayek di antaranya Metropolitan Mal Kota Bekasi-Bundaran HI yang meliputi koridor Jalan Ahmad Yani-Mega Bekasi Hypermal-Mal Metropolitan-Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui Gerbang Tol Bekasi Barat-Tol Jatibening-keluar Tol Halim.

Koridor tersebut singgah di sejumlah halte di antaranya Halte Tol Bekasi Barat 1 dan 2, Halte transjakarta Cawang Ciliwung sampai Halte transjakarta Tegal Parang-Halte Jamsostek-Halte Semanggi-Halte transjakarta Benhil-Halte Tosari.

Trayek Bundaran HI-Metropolitan Mal Kota Bekasi melalui koridor bundaran HI-Sudirman-Gatot Subroto MT Haryono-Tol Halim-Tol Bekasi Barat.

Halte yang disinggahi di antaranya Halte Sudirman-Halte Chase Plaza-Halte Karet-Halte Semanggi-Halte Graha Unilever-Halte Kartika Chandra-Halte transjakarta Gatot Subroto LIPI sampai BNN dan Tol Barat 1.

Trayek selanjutnya Metropolitan Mal Bekasi-Tanjung Priok melalui koridor Jalan Ahmad Yani Bekasi-Mega Bekasi Hypermal-Tol Jakarta Cikampek-Tol Bekasi Barat-Tol Jatibening-Jalan Ir. Wiyoto Wiyono-Keluar Tol Pisangan/Jatinegara-Jalan Laksamana Yos Sudarso-Permai Koja-Jalan Enggono-Stasiun Tanjung Priok-Terminal Tanjung Priok.

Halte yang disinggahi di antaranya Halte Tol Bekasi Barat 1 dan 2-Halte transjakarta Flyover Jatinegara sampai dengan Halte Koja-Halte transjakarta Enggono-Halte Tanjung Priok.

Trayek Tanjung Priok-Metropolitan Mal Kota Bekasi melalui koridor Terminal Tanjung Priok-Halte Enggono-Permai Koja-Jalan Yos Sudarso-DI Panjaitan-Tol Halim-Tol Jatibening-Jalan tol Cikampek-Tol Bekasi Barat-Metropolitan Mal-Megabekasi Hypermal-Jalan Ahmad Yani Bekasi.

Halte yang akan disinggahi di antaranya Halte tranjakarta Tanjung Priok-Stasiun Tanjung Priok-Halte Port Medical Center-Halte Sudin Jakarta Utara-Halte Bus Sekolah-Halte Gotong Royong-Halte transjakarta Sunter Kelapa Gading-Halte Cawang UKI-Halte Tol Barat 1.

Trayek selanjutnya adalah Bekasi Timur-Grogol melalui koridor Terminal Bekasi Timur-Tol Jakarta Cikampek-Jati Bening-Keluar Tol Halim-Halte Busway Cawang Cilincing-Jalan MT Haryono-Gatot Subroto-S. Parman-Grogol 2

Halte yang disinggahi di antaranya Halte transjakarta Cawang Ciliwung sampai dengan Halte transjakarta Grogol 2.

Trayek terakhir adalah Grogol-Bekasi Timur melalui koridor Grogol 2-Gatot Subroto-MT Haryono-Halte Busway BNN-Tol Cikampek-Tol Jatibening-Tol Bekasi Timur-Jalan Cut Meutia Bekasi-Terminal Bekasi Timur.

Trayek tersebut akan melintasi sejumlah halte di antaranya Halte transjakarta Grogol 2 sampai dengan Halte transjakarta BNN-Halte Tol Jatibening-Terminal Bekasi Timur.

Andri Yansyah mengatakan, untuk proyek uji coba kali ini pihaknya hanya menyediakan 15 unit bus transjakarta dari total armada yang tersedia sebanyak 40 unit.

"Kita keluarkan bus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dulu. Jumlahnya akan menyesuaikan tergantung minat masyarakat Bekasi dan Jakarta. Tarif yang diberlakukan Rp 3.500 per penumpang" katanya.

Andri Yansyah mengatakan kebutuhan armada transportasi massal untuk memenuhi kebutuhan 21 trayek baru itu tercatat sebanyak 516 bus untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Dia menambahkan, jumlah bus yang disediakan tersebut masih bersifat kondisional. Seluruh kebutuhan bus tersebut dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan yang dihibahkan kepada Perum PPD.

"Ratusan bus transjakarta itu merupakan pengadaan pada 2015. Sampai akhir tahun 2016, Kami mengajukan kebutuhan tambahan sampai 2.000 bus untuk proyek tersebut," katanya.

Andri Yansyah mengatakan, semua trayek transportasi tersebut dikendalikan oleh PT. Transportasi Jakarta atau yang lebih dikenal sebagai transjakarta melalui bantuan subsidi dari pemerintah pusat untuk keperluan operasionalnya.

"Proyek ini merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan layanan transportasi masyarakatnya. Untuk menangani kemacetan lalu lintas harus dilakukan secara terintegrasi dari hulu hingga hilirnya. Gubernur DKI tidak pernah lihat warga mana, semua harus dilayani transportasi dengan aman, nyaman dan tepat waktu," katanya.

Andri Yansyah mengakui, proyek uji coba perluasan trayek transjakarta itu sempat molor dari agenda awal yang dimulai pada Januari 2016.

"Kami terkendala pertimbangan administrasi, seperti pengadaan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pengadaan plat kuning kendaraan, uji KIR dan lainnya. Jadi baru bisa kami realisasikan proyeknya pada Senin (25/4/2016) di Kota Bekasi sebagai kawasan perdananya," katanya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyambut baik rencana perluasan trayek transportasi massal transjakarta hingga ke wilayahnya.

"Dampaknya bisa memudahkan mobilitas warga Bekasi menuju Jakarta dan sekitarnya," katanya di Bekasi, Minggu (24/4/2016).

Menurut dia, wacana tersebut telah diketahuinya melalui media massa dan percakapan pribadinya bersama Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa "Ahok".

"Namun pembicaraan kami belum sampai pada teknis implementasinya di lapangan seperti apa," katanya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menekankan perlunya perundingan terlebih dulu antarpihak terkait mengingat hal tersebut sampai saat ini belum dilakukan.

"Sebab, selama ini kami belum mendapat pemberitahuan resmi," katanya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku siap mendukung program perluasan trayek transjakarta itu selama proses persiapannya digarap secara matang.

"Kita siap dukung, asalkan proses administrasi, proses persiapannya dilalui. Sebab ini kan menyangkut hajat dari dua warga daerah," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan pihaknya hingga saat ini belum menerima surat pemberitahuan resmi rute baru bus transjakarta yang akan masuk ke Bekasi.

"Harusnya sesuai prosedur jangan asal lewat tanpa pemberitahuan," ketus Yayan Yuliana.

Hingga saat ini pihaknya masih berupaya melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta soal adanya perjalanan bus transjakarta hingga Bekasi. (ant/jos)

See Also

Menteri Kelautan Dan Perikanan Inginkan Kenaikan Gaji Pegawai KKP
Harga Minyak Dunia Turun
Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Per 8 Desember 2017
KPH Harus Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Indeks Hang Seng HongKong Turun
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
Pasi Ter Kodim 0721/Blora Monitoring Rastra
Opel Automobile GmbH Kembali Merugi
PLTU Jawa 4 Telan Investasi 4,2 Miliar Dolar AS
Pedagang Beras Menjual Di Atas HET Dicabut Ijin
Kodim 0721/Blora Gelar Rakor Pengendalian Harga Pangan
Peduli Warga, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Bantu Panen Jagung
Dolar AS Melemah
Petani Wilayah Kodim 0721/Blora Makmur
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.008.203 Since: 07.04.14 | 0.9588 sec