YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Olahraga

Belanda Runtuhkan Spanyol 5-1

Saturday, 14 June 2014 | View : 414

siarjustisia.com-SALVADOR.

Pembukaan partai perdana grup B telah bergulir. Partai yang mempertemukan finalis Piala Dunia empat tahun lalu ini, Negeri Kincir Angin Belanda versus Negeri Matador, Spanyol, secara total pertemuan kedua raksasa sepakbola Eropa tersebut sementara dimenangkan oleh juara bertahan, Spanyol.

Belanda berhasil membalaskan dendam kesumatnya kepada Spanyol pada laga grup B di Itaipava Stadium, Salvador, Brasil, Sabtu (14/6/2014). Tidak tanggung-tanggung, Belanda membantai sang juara bertahan dengan skor telak 5-1. Spanyol mencatatkan sejarah buruk usai kalah 1-5 dari Belanda pada laga grup B di Itaipava Stadium, Salvador, Brasil, Jumat (13/6/2014) waktu setempat atau Sabtu (14/6/2014) dini hari waktu Indonesia (WIB).

Kekalahan ini merupakan yang terburuk setelah lebih dari lima dekade. Bagi Spanyol kekalahan ini menjadi kekalahan pertama dengan minimal lima gol setelah 51 tahun. Terakhir kali La Furia Roja mengalami kekalahan seperti itu pada 1963. Ketika itu Spanyol kalah 2-6 dari Skotlandia di Madrid.

Khusus di Piala Dunia, gol yang diceploskan Belanda ke gawang Spanyol sekaligus menjadi yang terbanyak Spanyol alami di Piala Dunia sejak 1950. Ketika itu Spanyol menelan kekalahan 1-6 dari tuan rumah Brasil.

Di awal babak pertama, terlihat Spanyol mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi peluang emas justru jadi milik Belanda. Menit ke delapan Wesley Sneijder berhasil berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Ilker Casillas, setelah menerima terobosan Arjen Robben. Namun, Ilker Casillas masih bisa menghalau tendangan Wesley Sneijder.

Menit ke 27 Spanyol mampu unggul lebih dulu. Belanda tertinggal lebih dulu pada menit ke-27 melalui eksekusi tendangan penalti Xabi Alonso. Diego Costa yang dijatuhkan di kotak terlarang oleh Stefan de Vrij. Gol gelandang Real Madrid itu tercipta dari eksekusi tendangan penalti setelah Diego Costa dijatuhkan Stefan de Vrij. Xabi Alonso maju sebagai algojo dan berhasil memanfaatkannya dengan baik. Skor menjadi Spanyol 1 Belanda 0.

Selanjutnya giliran David Silva yang memiliki kesempatan emas. Berawal dari terobosoan Andres Iniesta,  David Silva yang hanya tinggal sendiri berhadapan dengan kiper, akan tetapi tak bisa dimanfaatkan dengan dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Sebaliknya, Belanda baru bisa menyamakan kedudukan sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-44. Belanda mampu menyamakan kedudukan melalui penyerang Manchester United, Robin van Persie. Memanfaatkan umpan Daley Blind yang langsung ke arah kotak penalti, Robin van Persie dengan sigap kemudian terbang menyundul. Penyerang sekaligus kapten tim, Robin van Persie menuntaskan umpan lambung Daley Blind dari hampir separuh lapangan dengan sundulan sambil meloncat. Ilker Casillas hanya bisa terpaku memperhatikan bola meluncur mulus ke dalam gawangnya. Hasilnya, Belanda berhasil menyamakan kedudukan. Skor, Spanyol 1 Belanda 1.

Di babak kedua permainan tak banyak berubah. Spanyol masih mendominasi, sedangkan Belanda tetap mengandalkan serangan balik.

Tak percuma skema baru diterapkan sang pelatih Louis van Gaal. Daley Blind kembali menjadi arsitek terciptanya gol kedua Belanda pada menit ke-48. Lagi-lagi umpan lambung Daley Blind dari sisi kiri berhasil menghadirkan gol untuk Belanda. Menit ke-53, umpan lambung pemain Ajax Amsterdam itu diterima Arjen Robben di ujung kotak penalti dengan kaki kirinya sambil melompat. Arjen Robben berhasil memanfaatkan umpan yang dikirimkan oleh Janmaat ke jantung pertahanan Spanyol. Dibayangi Gerard Pique, Arjen Robben menggeser bola ke kiri dengan kaki kanannya. Kontrol bola manis Arjen Robben dan sempat mengecoh Gerard Pique. Begitu mendapat ruang tembak, pemain Bayern Muenchen tersebut melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Sergio Ramos yang berusaha mengeblok bola justru sedikit membelokkan arah bola setelah mengenai kakinya. Gol indah tersebut menjadikan Belanda berbalik unggul 2-1.

Delapan menit kemudian, Stefan de Vrij menebus kesalahannya di babak pertama. Di awali tendangan bola mati Wesley Sneijder, Stefan de Vrij yang sedikit bebas dengan mudah menceploskan bola ke gawang Ilker Casillas. Stefan de Vrij membayar kesalahannya pada menit ke-64 melalui sundulan yang memperbesar keunggulan De Oranje menjadi 3-1. Gol Stefan De Vrij tercipta berkat tendangan bebas Arjen Robben dari area kanan pertahanan Spanyol. Bola hasil tendangan Arjen Robben melengkung mulus ke tiang jauh. Ilker Casillas yang bergerak ke depan tidak mampu menjangkau bola. Kiper Real Madrid itu bertabrakan dengan Robin van Persie yang bermaksud menyundul bola. Sebelum melewati garis lapangan, bola mendarat di kepala Stefan De Vrij yang lolos dari kawalan pemain Spanyol. Bagi Stefan de Vrij, gol tersebut merupakan gol pertamanya untuk tim nasional Belanda.

Tak sampai disitu, lagi-lagi Robin van Persie menjadi momok menakutkan bagi La Furia Roja. Tendangan volinya hampir menambah keunggulan untuk Belanda. Beruntung, bola hanya membentur mistar gawang.

Sang juara bertahan benar-benar hancur. Ilker Casillas harus membayar mahal blundernya. Menit ke-71, Robin van Persie memperbesar keunggulan 4-1 setelah memanfaatkan kontrol bola tak sempurna Ilker Casillas. Kesalahan Ilker Casillas membuat Belanda memperbesar keunggulan sementara menjadi 4-1 melalui gol Robin van Persie pada menit ke-72.

Kesalahan Ilker Casillas berawal ketika menerima back pass dari Jordi Alba. Ilker Casillas gagal mengontrol bola itu secara baik sehingga memantul jauh dari kakinya. Robin van Persie yang berlari mendekati Ilker Casillas kemudian mampu mencuri bola. Ilker Casillas sempat menjegal Robin van Persie dengan kakinya, namun tidak maksimal. Robin van Persie kemudian menyontek bola ke gawang kosong dengan kaki kirinya. Gerard Pique yang berusaha menutup ruang tembak terlambat.

Tak sampai di situ, Belanda seakan belum puas. Arjen Robben membuat Spanyol terlihat seolah bukan juara bertahan melalui gol keduanya pada menit ke-80 yang memperbesar keunggulan Belanda menjadi 5-1. Arjen Robben kembali mencetak gol sehingga memperbesar keunggulan sementara Belanda atas Spanyol menjadi 5-1 pada laga grup B di Itaipava Stadium, Sabtu (14/6/2014) WIB. Gol kedua Arjen Robben tercipta pada menit ke-80.

Arjen Robben mencetak gol keduanya melalui aksi individual dari separuh lapangan ketika Belanda melakukan serangan balik. Serangan balik menjadi kunci permainan Belanda kali ini. Arjen Robben yang berlari dari tengah sendirian tak mampu dikejar oleh dua bek Spanyol, Gerard Pique dan Sergio Ramos. Dari separuh lapangan Arjen Robben menggiring bola dan tidak mampu dikejar Sergio Ramos.

Di dalam kotak penalti, Arjen Robben yang dihadang Ilker Casillas, berhenti lalu memutar badan dan menggeser bola ke arah kiri. Dalam posisi terjatuh, Ilker Casillas berusaha menggapai bola yang digiring Arjen Robben. Meski sudah jatuh-bangun Ilker Casillas tetap gagal menggapai bola dan berhenti. Arjen Robben kemudian melepaskan tendangan keras kaki kiri ke dalam gawang kosong. Ilker Casillas pun dibikin tak berdaya di depan gawangnya sendiri. Arjen Robben pun mencetak gol keduanya.

Atas hasil kemenangan ini Belanda menempati posisi pertama dan memuncaki klasemen sementara grup B dengan tiga angka. Spanyol berada di posisi juru kunci atas kekalahan ini. Sedangkan, Chile dan Australia baru akan bertanding beberapa jam setelahnya pertandingan ini.

Susunan Pemain:

Spanyol:

Ilker Casillas, Cesar Azplicueta, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba, Sergio Busquets, Xabi Alonso (Pedro 62'), Xavi Hernandez, David Silva (Cesc Fabregas 78'), Andres Iniesta, Diego Costa (Fernando Torres 62').

Belanda:

Jasper Cillessen, Janmaat, Ron Vlaar, Stefan De Vrij (Jol Veltman 77'), Bruno Martins Indi, Daley Blind, Nigel De Jong, De Guzman (Georginio Wijnaldum 62'), Wesley Sneijder, Arjen Robben, Robin van Persie (Jeremain Lens 78').

Skor: 1-5

Gol: Xabi Alonso (p) 27', Robin van Persie 45' 72', Arjen Robben 53' 80', Stefan De Vrij 64'.

Tendangan ke gawang: 4-8.

Penguasaan bola: 66-34 persen.

Pelanggaran: 4-17.

Offside: 4-5.

Kartu Kuning: Jonathan de Guzman, Stefan de Vrij, van Persie.

Stadion: Arena Fonte Nova, Salvador.

Penonton: 51.700.

Wasit: Nicola Rizzoli dari Italia.

(jos)

See Also

Hempaskan UEA 1-0, Indonesia U-19 Melaju Ke Perempat Final
Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.971.374 Since: 07.04.14 | 0.6626 sec