YouTube Facebook Twitter RSS
21 Oct 2018, 0

Olahraga

Jerman Menang Tipis 1-0 Atas Amerika Serikat

Friday, 27 June 2014 | View : 448

siarjustisia.com-RECIFE.

Tim nasional sepakbola ‘panzer’ Jerman hanya kalah sekali dari 20 laga di fase Grup Jerman di putaran final Piala Dunia. Serbia menjadi tim terakhir yang mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 pada 2010.

Amerika Serikat (AS) selalu kemasukan gol di 15 laga terakhirnya di Piala Dunia melawan tim dari Eropa.

Tujuh dari delapan gol Amerika Serikat (AS) di Piala Dunia tercipta di babak kedua.

Amerika Serikat (AS) bisa mencetak gol di delapan laga Piala Dunia secara berurutan, rekor terbaik sejak delapan laga Piala Dunia sebelumnya (1930-1990).

Dalam empat pertemuan terakhir, tercipta 19 gol secara keseluruhan, rata-rata 4,8 gol per laga.

Amerika Serikat (AS) mencetak 12 gol di empat laga terakhir melawan Jerman.

Pelatih AS, Jurgen Klinsmann bermain di tiga Piala Dunia, meraih trofi juara pada 1990. Dia mencetak tiga gol di turnamen ini dan 11 gol secara total di semua turnamen Piala Dunia yang diikutinya.

Jurgen Klinsmann menjadi satu-satunya pelatih di Piala Dunia 2014 yang menghadapi negaranya sendiri di fase Grup.

Kedua tim dua kali berduel di Piala Dunia (1998 dan 2002), di mana Jerman memenangi keduanya. Secara total, kedua tim sudah sembilan kali bertemu dengan Jerman menang enam dan Amerika tiga.

Namun juga ada motivasi lain yang bisa memanaskan persaingan kedua tim, yaitu bila melihat siapa sosok di belakang tim, Joachim Low di skuat Jerman dan Jurgen Klinsmann di tim Amerika Serikat (AS).

Keduanya sebelumnya sempat bekerja sama dalam satu tim di Piala Dunia 2006, dengan Jurgen Klinsmann sebagai pelatih kepala dan Joachim Low sebagai asisten. Jurgen Klinsmann membawa Jerman meraih peringkat tiga di Piala Dunia 2006. Joachim Low merupakan asistennya pada waktu itu.

Kini keduanya akan menentukan siapa yang lebih baik di antara mereka.

Dengan syarat minimal meraih hasil imbang, Jerman dan Amerika Serikat (AS) tahu di mana lini yang harus diperbaiki, yaitu sektor pertahanan. Selama 90 menit plus, barisan pemain bertahan harus fokus menjalankan tugasnya dengan sangat baik jika tak ingin kecolongan.

Laga antara Jerman dan Amerika Serikat (AS) di Arena Pernambuco, Recife, Brasil sejatinya menguntungkan kedua tim bila kedua tim tersebut memutuskan bermain aman. Pasalnya, hasil seri sekali pun akan membawa Jerman dan Amerika Serikat (AS) lolos ke 16 besar, terlepas dari kepentingan siapa yang ingin menjadi juara Grup dan siapa yang runner up.

Tim Der Panzer akhirnya berhasil menaklukkan Amerika Serikat dengan skor tipis 1-0 di the Itaipava, Arena Pernambuco, Recife, Brazil, Kamis (26/6/2014), pukul 23.00 waktu setempat atau Jumat (27/6/2014) dini hari WIB.

Amerika Serikat di bawah asuhan manajer asal Jerman, Jurgen Klinsmann tampak mampu mengimbangi permainan Jerman, yang sempat ditahan Ghana 2-2 dalam pertandingan sebelumnya.

Kick-off babak pertama Amerika Serikat menghadapi Jerman telah dimulai.

Pada menit ke-2, peluang pertama datang dari Jerman, umpan Jerome Boateng disambar dengan tendangan salto Thomas Muller namun gagal, bola liar disambar oleh Lukas Podolski dan masih melambung.

Pada menit ke-3, diawal babak yang pertama ini, Jerman terus menguasai bola dan dengan sabar memancing para pemain Amerika Serikat untuk keluar dari pertahanannya.

Pada menit ke-5, Jerome Boateng melepaskan umpan silang dari sisi kanan, namun bola lebih mengarah kepada penjaga gawang Amerika Serikat, Tim Howard yang langsung mengamankan bola.

Pada menit ke-7, Jerman berupaya melepaskan umpan silang dari sisi kiri melalui Bastian Schweinsteiger, namun masih bisa diblok pemain bertahan Amerika Serikat.

Pada menit ke-8, Lukas Podolski melepaskan umpan silang, namun gagal dijangkau oleh Thomas Muller yang terlambat datang dan bola dikuasai oleh kiper AS, Tim Howard.

Pada menit ke-9, Jerman lebih mengandalkan serangan lewat kedua sayap. Umpan silang lebih banyak dilepaskan oleh Jerman. Yang terakhir umpan dari Jerome Boateng masih belum bisa dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-10, Amerika Serikat menguasai bola lewat serangan balik cepat. Clint Dempsey berusaha melewati hadangan dari Per Mertesacker namun masih gagal.

Pada menit ke-11, Kartu Kuning Benedikt Höwedes. Kartu kuning pertama dipertandingan ini diberikan kepada Benedikt Howedes yang dengan sengaja menjegal lari Fabian Johnson.

Pada menit ke-14, kapten Philipp Lahm memberikan umpan terobosan kepada Jerome Boateng yang langsung melayangkan umpan silang mendatar kepada Thomas Muller. Namun, bola masih bisa dihalau oleh pemain bertahan Amerika.

Pada menit ke-16, Bastian Scheweinsteiger dan Thomas Muller bertukar umpan, namun bola masih bisa dihalau lini pertahanan Amerika Serikat.

Pada menit ke-18, Amerika Serikat menyerang melalui Clint Dempsey namun bola bisa direbut oleh Benedikt Howedes. Serangan balik dari Jerman melalui Toni Kroos kemudian memberikan umpan terobosan kepada Mesut Ozil. Namun, posisi Mesut Ozil sudah offside.

Pada menit ke-20, Thomas Muller melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang sepakannya masih terlalu lemah dan dengan mudah diamankan oleh kiper Tim Howard.

Pada menit ke-22, Graham Zusi melepaskan tendangan dari sudut kotak penalti, namun bola masih melayang diatas mistar gawang yang dikawal oleh Kiper Manuel Neuer.

Pada menit ke-24, peluang dari Jerman, Bastian Schweisteiger memberikan umpan terobosan kepada Toni Kroos didalam kotak penalti, namun Kroos gagal saat akan melewati hadangan pemain bertahan Amerika.

Pada menit ke-26, setiap serangan dari Amerika Serikat (AS) selalu gagal melewati tembok kokoh pertahanan Jerman. Dan setiap Der Panzer menguasai bola, seluruh pemain Amerika Serikat berada didaerah pertahanannya.

Pada menit ke-28, serangan datang dari Amerika Serikat (AS). Fabian Johnson berlari sendirian disisi kiri pertahanan Jerman kemudian melepaskan umpan silang kedalam kotak penalti yang masih bisa dihalau oleh Per Mertesacker.

Pada menit ke-29, ada kejadian lucu dilapangan saat Kyle Beckerman berusaha mengejar umpan silang dari Fabian Johnson. Pemain Amerika itu terjatuh, bukan oleh pemain Jerman melainkan menabrak wasit.

Pada menit ke-31, Tony Kroos melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti, namun usahanya masih bisa diamankan oleh kiper Tim Howard.

Pada menit ke-33, Jermaine Jones berusaha mengejar umpan panjang dari Michael Bradley. Namun karena gagal menyeimbangkan tubuhnya saat akan menerima bola, dirinya terjatuh dan si kulit bundar bisa diamankan oleh kiper Manuel Neuer.

Pada menit ke-35, menerima umpan dari Thomas Muller kemudian melepaskan tendangan dari jarak dekat, namun bola masih bisa ditahan oleh Tim Howard dan dihalau keluar kotak penalti oleh pemain bertahan Amerika.

Pada menit ke-37, Kartu Kuning Omar Gonzalez Gonzales menerima kartu kuning setelah menjegal lari dari Bastian Schweinsteiger.

Pada menit ke-39, Mats Hummels melepaskan umpan terobosan kepada Lukas Podolski yang kemudian diteruskan dengan umpan silang yang masih bisa diamankan oleh kiper Tim Howard.

Pada menit ke-41, tendangan sudut dari Graham Zusi terlalu jauh untuk bisa dijangkau oleh rekan-rekannya yang berada didalam kotak penalti Jerman.

Pada menit ke-43, Amerika Serikat (AS) berusaha untuk melancarkan serangan ke jantung pertahanan Jerman. Namun bola masih bisa dihalau oleh Mats Hummels.

Satu menit tambahan waktu diakhir babak yang pertama.

Pada menit 45’+1’, wasit meniup peluit tanda pertandingan babak pertama telah berakhir.

Kick-off babak kedua telah dimulai.

Pada menit ke-46 pergantian Lukas Podolski oleh Miroslav Klose.

Pada menit ke-47, Jerome Boateng melepaskan umpan silang, Mesut Ozil yang dibawah tekanan Omar Gonzales gagal mencetak gol karena sundulannya masih melambung.

Pada menit ke-49, Mesut Ozil dan Thomas Muller melakukan umpan satu dua, Mesut Ozil terjatuh namun bukan sebuah pelanggaran. Bola diamankan oleh kiper Tim Howard.

Pada menit ke-51, Thomas Muller melepaskan umpan silang kedalam kotak penalti, namun terlalu jauh dan meninggalkan lapangan. Tendangan gawang bagi Amerika.

Pada menit ke-52, Bastian Schweinsteiger melepaskan umpan silang, berusaha ditanduk oleh Miroslav Klose namun arahnya masih salah dan belum membahayakan gawang Amerika.

Pada menit ke-54, umpan silang yang dilepaskan dari sisi kanan masih bisa dihalau keluar oleh Brad Davis dan menghasilkan tendangan sudut bagi Jerman,

Jerman memiliki beberapa peluang dan baru pada menit ke-55 berhasil menjebol gawang yang dijaga kiper Everton, Tim Howard, lewat tendangan keras Thomas Müller dari luar kotak penalti. Thomas Muller memecah kebuntuan. Memanfaatkan bola rebound dari sundulan Per Mertesacker yang diblok oleh kiper Tim Howard, sepakan Thomas Muller dari luar kotak penalti mengarah ke pojok gawang dan tidak mampu dijangkau oleh kiper Amerika Serikat itu.

Sembilan gol di Piala Dunia dalam sembilan pertandingan telah ditorehkan oleh Thomas Muller. Dia sekarang sejajar dengan Lionel Messi dan Neymar didaftar pencetak gol terbanyak sementara di Brasil.

Pada menit ke-59, Brad Davis digantikan oleh Alejandro Bedoya.

Pada menit ke-60, pemain yang baru saja masuk, Alejandro Bedoya mendapatkan peringatan dari wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Bastian Schweinsteiger.

Pada menit ke-62, Kartu Kuning Kyle Beckerman. Kyle Beckerman mendapatkan kartu kuning dari wasit setelah menjegal Bastian Schweinsteiger.

Menit ke-64, Jermaine Jones yang lolos dari jebakan offside berusaha mengejar umpan dari Michael Bradley. Namun bola lebih dekat kepada kiper Manuel Neuer yang langsung memberikannya kepada Mats Hummels.

Pada menit ke-66, serangan dari Amerika Serikat. Clint Dempsey menguasai bola, namun terjadi salah paham saat Clint Dempsey memberikan bola kepada Graham Zusi. Bola keluar lapangan.

Pada menit ke-68, hujan yang cukup deras mengguyur stadion di Recife ini tidak menyurutkan semangat para pendukung Amerika Serikat untuk terus berteriak mendukung negaranya yang sedang tertinggal ini.

Pada menit ke-70, tendangan yang dilepaskan oleh Clint Dempsey masih bisa dihalau oleh pemain bertahan Jerman dan menghasilkan tendangan sudut bagi Amerika.

Pada menit ke-72, Jerome Boateng melepaskan umpan silang dari sisi kanan, namun bola masih bisa dihalau keluar kotak penalti oleh Omar Gonzales.

Pada menit ke-74, dua pemain Amerika, Alejandro Bedoya dan Jermain Jones tergeletak dilapangan setelah keduanya bertabrakan saat akan menerima bola.

Pada menit ke-76, Bastian Schweinsteiger diganti Mario Gotze.

Pada menit ke-77, Jermain Jones yang setelah tabrakan dengan Alejandro Bedoya terus mengeluarkan darah dari hidungnya sudah kembali kelapangan untuk melanjutkan pertandingan.

Pada menit ke-79, tendangan yang dilepaskan oleh Benedikt Howedes dari luar kotak penalti masih terlalu pelan dan bola bisa diamankan oleh kiper Tim Howard.

Pada menit ke-83, Mesut Ozil mendapatkan umpan dari Mario Gotze, Mesut Ozil gagal mengontrol bola dan kemudian dihalau oleh barisan pertahanan Amerika Serikat.

Pada menit ke-84, terjadi pergantian pemain Graham Zusi diganti DeAndre Yedlin.

Lima menit tersisa diakhir pertandingan ini.

Pada menit ke-86, Miroslav Klose berada dalam posisi offside saat menerima umpan yang dilepaskan oleh Mario Gotze didepan kotak penalti Amerika Serikat.

Pada menit ke-88, Philipp Lahm memberikan umpan tarik, terlampau jauh dijangkau oleh Mario Gotze. Bola dikuasai oleh Amerika Serikat.

Pada menit ke-89, terjadi pergantian pemain Jerman. Mesut Ozil digantikan oleh  Andre Schurrle.

Empat menit tambahan waktu diakhir babak yang kedua ini.

Pada menit 90’+2’, tendangannya Alejandro Bedoya dari jarak dekat masih bisa diblok dengan sangat baik oleh kapten Jerman, Philipp Lahm.

Pada menit 90’+3’, tandukannya Clint Dempsey memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan masih tipis diatas mistar gawang Manuel Neuer.

Dan akhirnya pada menit 90’+4’, wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan telah berakhir.

Satu gol yang dicetak oleh Thomas Muller pada menit ke-55 sudah cukup untuk membawa Jerman keluar sebagai pemuncak Grup G. Meski kalah, Amerika Serikat (AS) sebagai runner-up menemani Der Panzer melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

“Besar buat kami lolos dari grup, semua mengatakan kami punya kesempatan dan kami ambil kesempatan itu. Kami ingin membuktikan poinnya," tutur Jurgen Klinsmann yang berpelukan dengan para pemain Jerman setelah pertandingan berakhir.

Data Statistik Amerika Serikat-Jerman:

Jumlah Tembakan 4-13.

Tembakan Ke Target: 0-6.

Tembakan Diblok: 1-2.

Tembakan Dari Luar Kotak Penalti: 2-6.

Tembakan Dari Dalam Kotak Penalti: 2-7.

Akurasi Tembakan: 0%-54.5%.

Susunan pemain:

Jerman:

1-Manuel Neuer, 4-Benedikt Howedes, 5-Mats Hummels, 7-Bastian Schweinsteiger (19-Mario Gotze ’76), 8-Mesut Özil (9-Andre Schurrle ‘89), 10-Lukas Podolski (11-Miroslav Klose ’46), 13-Thomas Muller, 16-Philipp Lahm (captain), 17-Per Mertesacker, 18-Toni Kroos, 20-Jerome Boateng.

Pelatih: Jurgen Klinsmann.

Amerika Serikat:

1-Tim Howard, 3-Omar Gonzalez, 4-Michael Bradley, 5-Matt Besler, 7-DaMarcus Beasley, 8-Clint Dempsey, 13-Jermaine Jones, 14-Brad Davis (11-Alejandro Bedoya ’59), 15-Kyle Beckerman, 19-Graham Zusi (2-DeAndre Yedlin ‘84), 23-Fabian Johnson.

Pelatih: Joachim Low.

Wasit: R. Irmatov.

Penonton: 41876 orang. (jos)

See Also

Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
Jepang Lolos Ke Babak 16 Besar Karena Minim Kartu
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.795.311 Since: 07.04.14 | 0.6451 sec