YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2017, 0

Editorial

Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni

siarjustisia.com-JAKARTA.

Putra sulung dari pasangan mantan Presiden ke-6 Indonesia 2 periode yakni 2004-2009 dan 2009-2014, Jend. TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Susilo Bambang Yudhoyono, M.A. (SBY) dan Kristiani Herawati (Ani), Mayor Infanteri TNI Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. dan Sylviana Murni akan mengundurkan diri dari posisinya saat ini.

Agus Harimurti Yudhoyono yang saat ini berpangkat Mayor Infanteri TNI dan Sylviana Murni yang hingga kini masih berstatus pejabat Pemerintah Provinsi DKI, dipastikan akan mengundurkan diri dari institusinya masing-masing sebelum mendaftar sebagai caGub dan caWaGub DKI Jakarta.

Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni segera mengurus administrasi pengunduran diri dari institusi masing-masing setelah ditetapkan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Sylviana Murni resmi diusung oleh Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono dalam Pilgub DKI 2017.

Agus Harimurti Yudhoyono maju berpasangan dengan Sylviana Murni, yang juga anak buah Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. alias Ahok. Rencananya keduanya akan mengundurkan diri dari posisi saat ini.

Sylviana Murni akan mengajukan surat pengunduran diri kepada Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa “Ahok” pada Kamis (23/9/2016) ini sebelum mendaftar ke KPUD DKI Jakarta. Setelah didapuk sebagai pasangan caGub-caWaGub, pasangan Agus Harmurti Yudhoyono dan Sylviana Murni ini akan didaftarkan ke KPUD DKI pada Jumat (23/9/2016) malam nanti. Keduanya direncanakan akan mendaftarkan diri di hari terakhir pendaftaran ke KPUD DKI Jakarta, pada Jumat (23/9/2016) malam pukul 19.00 WIB setelah menyelesaikan berbagai syarat administrasi.

“Mas Agus dan Ibu Sylviana akan berpamitan dengan atasan langsung, dan setelah itu akan menghadirkan diri ke warga DKI," ungkap Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T. dalam jumpa pers di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (23/9/2016).

Pasangan ini resmi diusung koalisi 4 parpol yakni Demokrat, PKB, PPP dan PAN setelah melakukan pertemuan dan diskusi panjang di Puri Cikeas. Keputusan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni akhirnya diambil setelah empat partai melakukan pertemuan intensif dalam dua hari terakhir.

Anak dari K.H. Prof. Dr. M. Tolchah Mansoer, S.H. yang merupakan pendiri Ikatan Pelajar NU (IPNU) ini, Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T. mengatakan pemilihan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI dilakukan setelah beberapa pertemuan intens antar ketua partai.

Para pimpinan partai politik, menurut cucu Menteri Agama RI ke-7 K.H. Muhammad Wahib Wahab, aktif turun langsung mempersiapkan keikutsertaan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI antara lain karena mempertimbangkan posisi dan peran Jakarta sebagai "etalase republik".

"Wajah DKI adalah wajah Indonesia sehingga kita perlu sentuhan yang dilakukan secara langsung oleh para ketua partai," terang mantan Sekjen DPP PPP periode 2011-2015, Muhammad Romahurmuziy, yang biasa disebut Romi. Jakarta, ia melanjutkan, adalah tempat bertemunya seluruh warga Indonesia. "Jadi kalau kita bicara Jakarta, kita bicara tentang Indonesia," tambah dia.

Koalisi empat partai, yaitu Partai Demokrat (PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN), memutuskan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur (WaGub) pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Keputusan ini disampaikan pada Jumat (23/9/2016) dini hari di kediaman Ketua Umum Partai  Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

“Dalam pertemuan yang marathon, saya kira kita semua sudah ikuti. Akhirnya, pagi ini sepakat berempat, Demokrat, PPP, PKB, dan PAN sepakat buat apa yang kami janjikan. Buat kejutan disepakati caGub-caWaGub adalah caGub Agus Harimurti Yudhoyono berpasangan dengan Sylviana Murni,” beber Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Drs. H. Muhaimin Iskandar, M.Si. mengatakan, keputusan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sudah dipertimbangkan dengan matang, dengan melihat kebutuhan Jakarta.

“Melalui pertimbangan terhadap kebutuhan Jakarta, maka kombinasi generasi muda yang tanggung jawab, dipadu dengan seorang karier, Ibu Sylviana," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Gus Imin/Cak Imin).

Koalisi Cikeas memutuskan untuk mengusung pasangan ini karena dianggap memiliki kompetensi mumpuni untuk memimpin Jakarta.

Majunya Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni disebut sebagai pasangan ideal karena saling melengkapi dari latar belakang yang berbeda.

"Agus Harimurti dan Sylviana ini pasangan ideal dominasi militer lulusan terbaik TNI untuk mengawal Jakarta dan dibantu dari birokrat Ibu Sylviana yang pernah menjadi Kasatpol PP dan Kadis Pendidikan sehingga dinilai kapasitasnya mumpuni," tandas mantan Ketua Komisi IV DPR RI membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Pangan, Kelautan, Perikanan mewakili Fraksi PPP, Muhammad Romahurmuziy usai jumpa pers di Puri Cikeas, Jumat (23/9/2016).

"Soal pengalaman tidak pernah ada yang bisa dinilai dari orang baru karena memang belum pernah menduduki jabatan dalam birokrasi. Tetapi seseorang baru yang bisa dikelola adalah harapan, dan harapan Jakarta untuk Rakyat itulah yang akan kami berikan kepada warga Ibu Kota," tukas anak dari Rois Syuriah PBNU 1984-1986, Romi.

Dengan modal 28 kursi dari keempat partai di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta serta visi dan misi dengan jargon “Jakarta untuk rakyat, bukan untuk konglomerat”, Koalisi Cikeas yakin Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni mampu menarik simpati warga Jakarta pada putaran pertama pilkada.

“Dengan struktur yang ada, kita usahakan agar seluruh mesin politik ini bisa berkerja bersama-sama untuk menang,” papar anak dari mantan anggota DPR-GR mewakili Partai NU DIY zaman Orde Lama (Orla), Muhammad Romahurmuziy kepada wartawan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jumat (23/9/2016) pagi.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T. (Romi) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Drs. H. Muhaimin Iskandar, M.Si., serta Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Dr. H. Syariefuddin (Syarief) Hasan, M.M., M.B.A. mengumumkan nama Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang didukung Koalisi Cikeas.

Sylviana Murni merupakan anak buah Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok) yang menjabat Deputi Gubernur DKI bidang Kepariwisataan dan Kebudayaan. Wanita kelahiran Jakarta, 11 Oktober 1958 itu tercatat pernah menduduki beberapa jabatan strategis di DKI Jakarta antara lain Kepala Biro Bina Sosial DKI (1999-2001), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) DKI (2001-2004), Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI (2004-2008), Wali Kota Jakarta Pusat (2008-2013), hingga jabatan terakhirnya kini sebagai Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata. Sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono saat ini berdinas di lingkungan satuan elit Kostrad dengan pangkat Mayor Infanteri. (jos)

See Also

Keluarga Besar DPP IPHI Dan DPP KAI Gelar Acara Halal Bihalal Bersama
Sugeng Tindak K. H. Mahfudz Ridwan
Ekspedisi 1.000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia
Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Sejarah Kota Jakarta Di Musium Kota Jakarta
Lukisan Mengisahkan Tentang Keadilan Di Depan Ruang Pengadilan
Lebih Mengenal Jakarta Melalui Kota Tua
Dialog Dengan Alam, Budaya, Dan Orang
Audiensi AHY Dengan DPD KAI DKI Jakarta
Turut Berduka Cita, Kiai Nafis Misbah Mustofa Berpulang
Silaturahmi Sowan Gus Mus
Transparansi Memberdayakan Masyarakat
Marhaenisme Dan Penutupan Sosial Dengan Pengucilan
Menuliskan Pengamalan Ilmu Seseorang
Analisis Hubungan Partnership Bung Karno
Syafii Maarif Penerus Gus Dur
Di Tanah Rantau, Keluarga Kudus Yogyakarta Akan Gelar Makrab Bersama Bupati
1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila
Tua Bersinar, Bisakah Kita Lakukan?
Batik Print Yang Murah Meriah
Plumbon Dan Film Everything Is Illuminated
Perkawinan Jangan Dikorbankan Demi Politik Pemilihan
Kekuasaan Formal Dan Informal
Soto Bokoran Dan Bangkong
PDIP: Ahok Dan Djarot
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.796.052 Since: 07.04.14 | 0.7021 sec