YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Olahraga

Jerman Atasi Aljazair 2-1, Maju Ke Perempat Final

Tuesday, 01 July 2014 | View : 344

siarjustisia.com-PORTO ALEGRE.

‘Panzer’ julukan timnas Jerman menghadapi Timnas Aljazair di babak perdelapanfinal Piala Dunia di Stadion Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB.

Der Panser dilanda sejumlah permasalahan atas cederanya sejumlah pemain pilar. Namun, sejarah baru tercipta pada Piala Dunia 2014. Untuk pertama kalinya terdapat tujuh pemain Bayern Muenchen di timnas Jerman ketika menghadapi Timnas Aljazair pada babak 16 besar di Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB.

Pelatih Jerman, Joachim Low, menurunkan tujuh pemain Bayern Muenchen dalam starting XI ketika menghadapi Aljazair. Ketujuh pemain itu antara lain, Manuel Neuer, Jerome Boateng, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mario Goetze, dan Thomas Mueller. Sepanjang sejarah Piala Dunia, baru kali ada tim nasional yang menurunkan tujuh pemain Bayern Muenchen dalam starting XI mereka.

Kehadiran Bastian Schweinsteiger juga memunculkan catatan lain. Laga melawan Aljazair akan menjadi laga ke-105 Bastian Schweinsteiger bersama Der Panzer. Bastian Schweinsteiger pun menjadi pemain dengan cap terbanyak kelima untuk Jerman. Bastian Schweinsteiger menyamai jumlah penampilan Jurgen Kohler. Penampilan terbanyak masih dipegang oleh Lothar Matthaus dengan 150 penampilan.

Dari kubu Aljazair, bek Raflk Halliche menorehkan catatan bersejarah. Raflk Halliche tercatat sebagai pemain Aljazair dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia. Laga melawan Jerman menjadi laga ketujuh Raflk Halliche di Piala Dunia.

Timnas Jerman harus melakoni pertempuran sengit untuk mendapatkan selembar tiket 8 Besar Piala Dunia 2014. Jerman harus susah payah melaju ke babak perempat final ketika menghadapi Timnas Aljazair pada babak 16 besar di Stadion Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB.

Kemenangan melawan Aljazair dalam laga 16 Besar yang digelar di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB baru ditentukan setelah melalui extra time, Jerman harus melewati 2x45 menit babak normal, plus 2x15 menit extra time untuk menang dengan skor tipis 2-1.

Aljazair yang menjadi satu-satunya tim Afrika tersisa di perdelapanfinal menyusul kekalahan Nigeria 0-2 dari Prancis, memang memberikan perlawanan sangat keras.

Penjaga gawang timnas Aljazair, Rais MBolhi bermain gemilang ketika menghadapi Jerman pada babak 16 besar di Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Selasa (1/7/2014) dini hari WIB. Sejumlah penyelamatan kiper Rais MBolhi membuat kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga berakhirnya waktu normal. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke extra time atau babak tambahan.

Pada babak pertama, kiper Rais MBolhi membuat lima penyelamatan gemilang. Performa bagus Rais MBolhi berlanjut ke babak kedua. Pemain CSKA Sofia itu melakukan empat penyelamatan. Sundulan Shkodran Mustafi, tendangan melengkung Philipp Lahm, dan tendangan Andre Schurrle dari luar kotak penalti dimentahkan oleh penjaga gawang Aljazair Rais MBolhi.

Penyelamatan terbaik dilakukan kiper Aljazair Rais MBolhi ketika menepis sundulan Thomas Mueller pada menit ke-80 setelah menuntaskan umpan silang Sami Khedira. Bola liar di tiang dekat kemudian disambar Andre Schurrle, namun pemain Aljazair sanggup menghalau untuk menghasilkan tendangan penjuru.

Meski di atas kertas unggul kualitas, Timnas Jerman belum mampu menjebol gawang Timnas Aljazair pada babak pertama babak 16 besar di Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB.

Permainan gemilang Aljazair bahkan membuat skuad Der Panzer keteteran. Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer, sampai dua kali keluar kotak penalti.

Namun, demikian halnya dengan penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer yang tidak kalah gemilangnya untuk mempertahankan gawangnya dari kebobolan, walaupun pada babak kedua Aljazair kembali melancarkan serangan-serangan balik yang cepat. Seperti pada babak pertama, permainan seperti ini membuat penjaga gawang Manuel Neuer sampai harus keluar sarangnya untuk memutus alur serangan.

Pemain Bayern Muenchen itu melakukannya pada menit ke-71 dan ke-89. Pada dua situasi tersebut kiper Manuel Neuer membuang bola ke luar lapangan melalui sundulan untuk menghalau umpan lambung Aljazair yang hampir dikuasai Islam Slimani dan Sofiane Feghouli.

Sejak sepak mula, Aljazair terlihat tidak terburu-buru melancarkan serangan ke Jerman dan membiarkan skuat asuhan Joachim Low menguasai bola di area pertahanan Aljazair. Tim Rubah Gurun praktis bertahan sambil menunggu mencuri bola untuk melakukan serangan balik.

Serangan balik Aljazair pun langsung memberikan kejutan kepada Jerman ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Berlari dari separuh lapangan mengejar umpan lambung, Islam Slimani mampu menguasai bola di area pertahanan seorang diri.

Situasi ini lantas membuat penjaga gawang Jerman Manuel Neuer keluar dari sarangnya dan menghadang Islam Slimani di luar kotak penalti. Kiper Manuel Neuer menggagalkan peluang Islam Slimani melalui sapuannya untuk menghasilkan tendangan penjuru.

Pressing tinggi Aljazair di area pertahanan Jerman juga membuat lini belakang Der Panzer kewalahan. Pada menit ke-30, Per Mertesacker nyaris menciptakan blunder ketika ditekan pemain Aljazair. Situasi ini kembali memaksa kiper Manuel Neuer keluar dari sarang untuk menyapu bola back pass Per Mertesacker yang nyaris direbut pemain Aljazair.

Skuat asuhan Vahid Halilhodi bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-17 yang dianulir wasit. Melalui sundulan sambil menjatuhkan badan, Islam Slimani menuntaskan umpan Faouzi Ghoulam dari sayap. Gol ini dianulir karena Islam Slimani berada dalam posisi offside.

Aljazair tidak hanya merepotkan Jerman melalui serangan-serangan cepat, namun juga pertahanan kokoh.

Dari sejumlah peluang terbaik Jerman, empat di antaranya tercipta dari luar kotak penalti. Pada menit ke-14 tendangan Bastian Schweinsteiger dari luar kotak penalti sukses ditepis oleh penjaga gawang Raïs MBolhi secara gemilang.

Kiper Aljazair Rais MBolhi kemudian menggagalkan tendangan Mesut Ozil dari luar kotak penalti. Peluang Mesut Ozil sebenarnya tidak disengaja. Pengatur serangan Arsenal itu awalnya berniat melepaskan umpan silang dari kiri, namun bola justru berbelok ke gawang, namun ditepis kiper Rais MBolhi di bawah mistar.

Kiper Rais Mbolhi yang bermain di CSKA Sofia kemudian melakukan dua penyelamatan secara hampir bersamaan pada menit ke-41. Pertama, tendangan Toni Kroos dari luar kotak penalti ditepis kiper Rais Mbolhi di pojok kiri bawah. Bola pantul kemudian disambar Mario Gotze yang kembali digagalkan oleh kiper Aljazair ini, Rais MBolhi.

Jerman akhirnya baru bisa memecahkan kebuntuan ketika menghadapi Aljazair pada babak 16 besar di Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Senin (30/6/2014) waktu setempat atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB. Menurut catatan FIFA.com, gol Andre Schurrle tercipta kurang dari 90 detik setelah bergulirnya dimulai babak pertama extra time berkat gol cantik Andre Schurrle pada menit ke-92. Kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga berakhirnya waktu normal.

Gol ini tercipta berkat umpan tarik datar Thomas Muller dari sisi kiri kotak penalti Aljazair.

Andre Schurrle yang menyongsong bola di mulut gawang tidak sempat mengontrol bola. Sambil berlari, pemain Chelsea itu justru menyentuh bola dengan kaki kirinya yang berada di belakang. Bola hasil sontekan Andre Schurrle pun sukses membuat kiper Aljazair Rais M’Bolhi hanya terpana melihat bola bergulir ke dalam gawangnya.

Jerman sementara unggul 1-0 berkat gol cantik Andre Schurrle pada menit ke-92.

Keunggulan satu gol tidak membuat Jerman puas. Der Panzer mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-119 melalui Mesut Ozil.

Gol Mesut Ozil berawal dari kemelut di kotak penalti Aljazair setelah Mesut Ozil dan Andre Schurrle bertukar umpan. Tendangan Andre Schurrle sanggup dihalau Essaïd Belkalem di depan garis gawang, namun bola pantul jatuh di kaki Mesut Ozil. Pemain berdarah Turki itu langsung memanfaatkan peluang dengan tendangan keras.

Aljazair belum mau menyerah. Semenit berselang mereka mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol Abdelmoumene Djabou. Gelandang 27 tahun itu menuntaskan umpan silang Sofiane Feghouli dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Pada babak perempat final Jerman akan menghadapi Juara Piala Dunia 1998, Prancis. Les Bleus melaju ke perempat final usai menang 2-0 atas Nigeria.

Berikut ini susunan daftar pemain kedua tim, Jerman dan Aljazair:

Jerman:

1-Manuel Neuer; 20-Jerome Boateng, 17-Per Mertesacker, 21-Skhodran Mustafi (6-Sami Khedira ‘70), 4-Benedikt Hoewedes; 16-Philipp Lahm (kapten), 7-Bastian Schweinsteiger (23-Christoph Kramer ‘109), 18-Toni Kroos; 8-Mesut Ozil, 19-Mario Goetze (9-Andre Schurrle ‘46); 13-Thomas Mueller.

Cadangan:

2-Kevin Grosskreutz, 3-Matthias Ginter, 5-Mats Hummels, 10-Lukas Podolski, 11-Miroslav Klose, 12-Ron-Robert Zieler, 14-Julian Draxler, 15-Erik Durm, 22-Roman Weidenfeller.

Pelatih: Joachim Loew.

Aljazair:

23-Rais M'Bolhi; 20-Aissa Mandi, 5-Rafik Halliche (2-Madjid Bougherra ‘97), 4-Essaid Balkalem, 3-Faouzi Ghoulam; 22-Mehdi Mostefa, 8-Mehdi Lacen; 10-Sofiane Feghouli, 19-Saphir Taider (11-Yacine Brahimi ‘78), 15-El Arabi Soudani (18- Abdelmoumene Djabou ‘100); 13-Islam Slimani.

Cadangan: 1-Cedric Si Mohamed, 6-Djamel Mesbah, 7-Hassan Yebda, 9-Nabil Ghilas, 12-Carl Medjani, 14-Nabil Bentaleb, 16-Mohamed Lamine Zemmamouche, 17-Liassine Cadamuro, 21-Riyad Mahrez.

Pelatih: Vahid Halilhodzic.

Wasit: Sandro Ricci dari Brasil. (jos)

See Also

Hempaskan UEA 1-0, Indonesia U-19 Melaju Ke Perempat Final
Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.971.376 Since: 07.04.14 | 0.6369 sec