YouTube Facebook Twitter RSS
19 Nov 2017, 0

Hot News

Rakerda KAI DPD DKI Jakarta: Equality Before The Law, Jangan Ada Lagi Suap Dan Pungli

Friday, 25 November 2016 | View : 434
Tags : Kai

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya) yang mulai menjabat sejak 16 September 2016 menggantikan Komjen Pol. Drs. Moehgiyarto, S.H., M.Hum. yang menduduki jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol), Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. menyatakan akan menandatangani nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI). MoU yang rencananya diadakan pada Januari awal tahun depan ini dalam hal bantuan hukum kepada masyarakat pencari keadilan.

“Catur wangsa penegak hukum yang salah satunya adalah Advokat diharapkan dapat bekerjasama dalam menegakkan hukum secara fair dan adil,” papar Kabid Hukum Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Agus Rohmat, S.IK., S.H., M.Hum., yang mewakili Kapolda Metro Jaya, saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Daerah Kongres Advokat Indonesia (Rakerda KAI) DPD Provinsi DKI Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Rakerda KAI DPD Provinsi DKI Jakarta yang digelar di Hotel Mercure Jakarta Sabang, Jl. Haji Agus Salim No.11, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (25/11/2016) ini mengambil tema “Revitalisasi Peran Advokat dalam Penegakan Hukum di Provinsi DKI Jakarta”.

Ketua DPD KAI DKI Jakarta periode 2015-2019, Matheo Ardy Mbalembout, S.H., M.H., dalam sambutannya mengatakan, tema yang diambil yaitu Revitalisasi peran Advokat, yang berarti DPD KAI DKI Jakarta ingin melakukan penyamaan persepsi dan visi dalam rangka penegakan hukum itu sendiri, dengan menghindari suap, pungli dan lain-lain.

“Apa yang digaungkan Pemerintah dengan program Nawa Cita di bidang penegakan hukum, kita harap dapat berjalan dari bawah. Penegak hukum terlebih dahulu harus sepaham bahwa proses penegakan hukum dilakukan secara fair dan tidak lagi terjadi penyuapan,” tandas mantan Ketua Departemen Hukum Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) periode 2011-2015, M. M. Ardy Mbalembout, S.H., M.H.

Ketua Umum Forum Pemuda Kupang Jakarta (FPKJ) periode 2013-2016 ini, M. M. Ardy Mbalembout, S.H., M.H. minta harus ada equality before the law supaya proses penegakan hukum berjalan lancar, adil dan jujur, sehingga rasa keadilan dapat dicapai oleh seluruh kalangan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina DPD KAI DKI Jakarta, H. M. Rusdi Taher, S.H., M.H. meminta agar KAI, khususnya KAI DKI dapat memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. “DPD KAI harus menjadi pelopor dan mempelopori sebagai Advokat pejuang dan pejuang Advokat. Harus ditanamkan jiwa nasionalisme serta mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi, kelompok, golongan dan lain-lain,” pinta H. M. Rusdi Taher, S.H., M.H.

Ia meminta Advokat untuk tidak saling mempermalukan sesama rekan Advokat, tapi justru saling hormat-menghormati.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta ini meminta kepada para advokat untuk membiasakan sikap sopan santun baik dalam berbicara maupun bertindak. “Kembangkan sifat persaudaraan dan junjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD, Bhinneka serta berprinsip NKRI harga mati. Tidak ada lagi Advokat berfikir parsial. Kita orang Indonesia yang cinta tanah air. Jangan membuat kalimat-kalimat yang menimbulkan perpecahan,” pungkas mantan Jaksa fungsional pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejagung pada tahun 2006 tersebut, H. M. Rusdi Taher, S.H., M.H. (med/jos)

See Also

Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar Meninggal Dunia
Perdana Menteri Jepang Bubarkan Majelis Rendah Parlemen
Press Release MESANIH Pelayanan Jasa Online Berbasis Budaya Lokal
Kodim 0721/Blora Gelar Doa Bersama 171717
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Doa Bersama 171717 Demi Keutuhan NKRI
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Rektor UMK Tegaskan Tolak Narkoba Dan Paham Radikal
Dandim 0716/Demak Tangkal Radikalisme Lewat Mujahadah
Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi Dan Perwira Menengah Di Tubuh Polri
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Kodim 0716/Demak Kehilangan Putra Terbaik Bangsa
Julia Perez Meninggal
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Kapolri Beri Penghargaan Ke 5 Kapolres Terbaik
Pengambilan Sumpah 64 Advokat Peradin Oleh PT Banten
Marie Muhammad Berpulang
38 Juta Orang Di Dunia Hidup Dengan HIV/AIDS
Penyebab Kanker
Sutan Bhatoegana Meninggal Dunia
MUI Tolak Kapolda Baru Banten
Yudi Latif Tegaskan Pancasila Harus Jadi Lifestyle
Partai Gerindra-PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Polisi Bekuk Ketua Umum PARFI
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.803.365 Since: 07.04.14 | 0.3787 sec