YouTube Facebook Twitter RSS
27 Mar 2019, 0

Nusantara

Tanggapan Ketua Umum Bamus Betawi Menyoal Lebaran Betawi 2016 Di Rapat Kerja Bamus Betawi

Saturday, 03 December 2016 | View : 827

siarjustisia.com-BOGOR.

Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. atau Ahok menyebut salah satu alasannya tidak mencairkan dana hibah untuk Bamus Betawi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 karena penyelenggaraan Lebaran Betawi yang diisi oleh sambutan-sambutan bernuansa politis.

Lebaran Betawi merupakan acara tahunan yang digelar Bamus Betawi. Dalam acara Lebaran Betawi 2016 itu, hadir sejumlah pimpinan organisasi kemasyarakatan yang berada di bawah Bamus Betawi, di antaranya Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Mayjen TNI (Purn.) H. Nachrowi Ramli dan Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) K.H. Lutfi Hakim, M.A. Saat menghadiri Lebaran Betawi, Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) sejak 2009 menggantikan pamannya K.H. Fadohli El Munir, K.H. Lutfi Hakim, M.A. mengajak warga untuk tidak memilih Ahok. Selain itu, ia menyampaikan harapan agar ada partai politik (parpol) yang mau mengusung tokoh Betawi sebagai calon Gubernur. Pembahasan Lutfi Hakim juga ada yang mengarah ke anjuran umat Islam untuk tidak memilih orang yang tidak seagama sebagai pemimpin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Bamus Betawi Zainuddin alias Oding menjelaskan, saat Lebaran Betawi, ada ulama yang memberi tausyiah dan disebut tak sengaja menyinggung pemilihan Gubernur (pilgub).

"Penceramahnya keseleo lidah, dan penceramah itu bukan dari unsur Bamus Betawi. Sudah kami minta kejelasan dan klarifikasi kepada ulama itu," kata Zainuddin, di Hotel & Resort Prioritas, Jl. Raya Puncak Km.83, Cisarua, Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sabtu (3/12/2016).

Dia menyebut, Bamus Betawi netral pada pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta 2017. Masyarakat Betawi, kata dia, ada yang memilih pasangan calon Gubernur-wakil Gubernur nomor 1, 2, dan 3.

Bamus Betawi, kata dia, membebaskan masyarakat Betawi memilih pemimpinnya. Di samping itu, dia membantah Ahok telah menghentikan pemberian dana hibah untuk Bamus Betawi.

"Pak Ahok tidak pernah mengatakan akan menghentikan dana Bamus, tidak. Tapi beliau akan memfokuskan untuk membangun dan mengembangkan kesenian di Setu Babakan," kata Zainuddin.

Hanya saja, lanjut dia, pengembangan budaya Betawi tidak hanya dari Setu Babakan saja. Sehingga, Bamus Betawi memerlukan dana hibah tersebut.

"Tiap tahunnya ada evaluasi (penggunaan dana hibah) dan tidak bisa kami gunakan seluruhnya tiap tahun. Insya Allah, tahun depan kami optimalkan, menyerap anggaran seluruhnya," kata Zainuddin.

Adapun dana hibah untuk Bamus Betawi sudah dianggarkan pada APBD DKI 2016. Hanya saja, Ahok mendisposisi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Here Budi Hartono untuk tidak mencairkan dana hibah tersebut.

Sebab, di dalam Lebaran Betawi yang diselenggarakan Bamus Betawi sempat disampaikan ceramah bernuansa politis.

Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Mayjen TNI (Purn.) H. Nachrowi Ramli heran dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menyebut Badan Musyawarah (Bamus) Betawi berpolitik. Menurut Nachrowi Ramli, Bamus Betawi hanya menyampaikan aspirasi terkait dinamika politik jelang Pilkada DKI 2017. "Memangnya salah kalau seperti itu? Kita menyalurkan aspirasi agar didengar parpol. Jadi jangan salah interpretasi. Bamus Betawi bukan berpolitik, melainkan menyampaikan aspirasi," tukas Nachrowi Ramli, di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya No.31, RT01/RW10, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016). Dalam kesempatan yang sama, Abraham Lunggana alias Haji Lulung juga ikut mengomentari pernyataan Ahok soal Bamus Betawi yang berpolitik. Dia mengatakan, pada dasarnya semua warga Indonesia memiliki hak untuk berpolitik.  Semua orang, kata Haji Lulung, berhak untuk mendukung atau dipilih menjadi cagub. Menurut Haji Lulung, hak yang sama juga melekat pada Bamus Betawi. "Lagi pula Bamus Betawi kan bukan parpol. Dia mengusulkan nama tokoh Betawi yang dianggap mumpuni untuk bisa dicalonkan semua partai. Dia tidak usung, tetapi usul dan itu adalah hak," ujar Haji Lulung.

Berganti kepemimpinan, Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur DKI Jakarta, Dr. Sumarsono, MDM., memutuskan untuk mencairkan hibah Bamus Betawi pada APBD Perubahan 2016 sebesar Rp 2,5 miliar dari total Rp 5 miliar. Saat Ahok sudah cuti, anggaran untuk Bamus Betawi ternyata dimasukkan oleh Soni sappan Sumarsono. Rinciannya, Rp 2,5 miliar dari APBD Perubahan 2016 dan Rp 5 miliar dari APBD 2017. 

Pemprov DKI Jakarta hanya memberi hibah Rp 2,5 miliar karena waktu pencairan pada akhir tahun dan untuk kepentingan serapan anggaran. Kemudian Pemprov DKI Jakarta juga menganggarkan hibah sebesar Rp 5 miliar untuk Bamus Betawi pada RAPBD 2017. (kom)

See Also

Peringati Harlah Ke-96 NU, MA NU TBS Gelar Upacara Dan Istighasah
Bupati Demak Resmi Buka TMMD Sengkuyung I TA 2019
SMP Kanisius Kudus Bermain Besama Di Ruang Baca Pengilon
Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.580.194 Since: 07.04.14 | 0.6643 sec