YouTube Facebook Twitter RSS
19 Nov 2017, 0

Hot News

Marie Muhammad Berpulang

Monday, 12 December 2016 | View : 210

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kabar duka datang dari tokoh senior Indonesia. Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru (Orba), Marie Muhammad telah wafat pada pukul 01.37 WIB tadi di Rumah Sakit yang terletak di Jalan M.T. Haryono, RT01/RW06, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yakni Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta. Mantan Menteri Keuangan tersebut meninggal dunia di usia 77 tahun.

Dr. H. Mar'ie Muhammad, M.Si, lahir di Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), 3 April 1939, dikenal sebagai sosok yang bersih. Mar’ie Muhammad menjabat Menteri Keuangan pada periode Orde Baru. 

Marie Muhammad dikenal sebagai Menteri Keuangan Pemberantas Korupsi di era Orde Baru (Orba) saat pemerintahan Presiden Soeharto. Julukan sebagai Mr Clean diberikan karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Gelar terakhir yang diraih Mar’ie adalah Master of Arts in Economics, dari Universitas Indonesia (UI).

Perjalanan karier Mar’ie Muhammad di Kementerian Keuangan dirintis sejak tahun 1969. Mengutip laman kemenkeu, pekerjaannya dimulai tahun 1969-1972 di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Kementerian Keuangan dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Gotong Royong pada tahun 1971. 

Kemudian pada 1972-1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan Badan Usaha Milik Negara Kemenkeu dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Tahun 1988-1993 menjadi Direktur Jenderal Pajak.

Pada 17 Maret 1993, Mar’ie Muhammad diangkat oleh Presiden Soeharto menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan VI.

Tindakan nyata yang dilakukan adalah menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar. Kebijakan menonjolnya selama menjadi Menkeu adalah upaya mengatasi kredit macet dengan empat jurus penyehatan bank. 

Yaitu, pertama meningkatkan kolektibilitas kredit yang telah disalurkan. Kedua, pemberian kredit harus benar-benar berdasarkan kaidah perbankan yang sehat. Ketiga, setiap kredit yang diberikan harus benar-benar diawasi penggunaannya tanpa mencampuri masalah intern penerima kredit, dan keempat menurunkan biaya overhead.

Selama lima tahun Mar'ie Muhammad menjadi Menteri Keuangan, pada awal 1997 Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian.

Mar’ie Muhammad pernah menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan Komisaris Utama PT. Bank Syariah Mega Indonesia.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Taman Brawijaya III Nomor 129 Kebon Baru, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selamat jalan Mr Clean!

See Also

Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar Meninggal Dunia
Perdana Menteri Jepang Bubarkan Majelis Rendah Parlemen
Press Release MESANIH Pelayanan Jasa Online Berbasis Budaya Lokal
Kodim 0721/Blora Gelar Doa Bersama 171717
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Doa Bersama 171717 Demi Keutuhan NKRI
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Rektor UMK Tegaskan Tolak Narkoba Dan Paham Radikal
Dandim 0716/Demak Tangkal Radikalisme Lewat Mujahadah
Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi Dan Perwira Menengah Di Tubuh Polri
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Kodim 0716/Demak Kehilangan Putra Terbaik Bangsa
Julia Perez Meninggal
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Kapolri Beri Penghargaan Ke 5 Kapolres Terbaik
Pengambilan Sumpah 64 Advokat Peradin Oleh PT Banten
Rakerda KAI DPD DKI Jakarta: Equality Before The Law, Jangan Ada Lagi Suap Dan Pungli
38 Juta Orang Di Dunia Hidup Dengan HIV/AIDS
Penyebab Kanker
Sutan Bhatoegana Meninggal Dunia
MUI Tolak Kapolda Baru Banten
Yudi Latif Tegaskan Pancasila Harus Jadi Lifestyle
Partai Gerindra-PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Polisi Bekuk Ketua Umum PARFI
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.803.328 Since: 07.04.14 | 0.69 sec