YouTube Facebook Twitter RSS
21 Feb 2018, 0

Nusantara

Koramil 02/Bonang Bersama Komponen Masyarakat Siap Galakkan Penghijauan

Friday, 16 December 2016 | View : 149

siarjustisia.com-DEMAK.

Adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk terhadap manusia. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat sendiri.

Dalam konteks ini, tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkungan pun bisa kembali digalakkan melalui instansi militer maupun Pemerintah Daerah (Pemda) kepada masyarakat secara menyeluruh. Sebab, dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangatlah perlu adanya kerja sama yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat sendiri.

Masalah lingkungan, seperti bencana banjir, bencana kekeringan, tanah longsor, kebakaran hutan, masalah sampah, dan meningkatnya kadar polusi udara merupakan masalah lingkungan yang bukan tergolong sepele. Betapa tidak? Sebab, tidak terselesaikannya atau berlarut-larutnya masalah lingkungan akan menghancurkan potensi pemenuhan generasi mendatang.

Menyikapi hal ini, di wilayah Kecamatan Bonang terus digalakkan, seperti pada Jum’at (16/12/2016) pagi bertempat di Lapangan Desa Jali, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah dilaksanakan penghijauan dalam rangka karya Bhakti yang didukung oleh Koramil 02/Bonang Dim 0716/Demak, Kecamatan, Polsek, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI), Kades dan komponen masyarakat Desa Jali.

Jenis tanaman dalam giat karya bhakti penghijauan ini diantaranya Pohon Mauni sebanyak 1.200 batang, Jati 382 batang, Mangga 120 batang, Klengkeng 50 batang dengan jumlah total 1.752 batang dengan lokasi penanaman pinggir lapangan Desa Jali, Jalan Desa Jali-Turus Jalan sepanjang 3.5 km serta sebagian halaman Balai Desa dan pekarangan warga.

Turut serta dalam kegiatan tersebut ± 200 orang, antara lain Danramil 02/Bonang Kapten Inf. Eko Juhartono, Kapolsek Bonang AKP Dafril, Camat Bonang Suwarno, Kepala Desa Jali Mustafid, BPD, Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), RT/RW, Karangtaruna Desa Jali, Penyuluh Pertanian Lapanagn (PPL) Bonang, FKPPI Bonang, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta Pramuka.

Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Eko Juhartono juga mengajak seluruh yang hadir saat itu untuk selalu menjaga dan menghijaukan lingkungan yang terlantar atau rusak. Kampanye penghijauan tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu, Sesuai dengan Slogan yang ada di Ramil Bonang “Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat”.

Penghijauan lingkungan di wilayah Indonesia haruslah kembali diupayakan dan digalakkan kembali. "Bukankah sesungguhnya hal ini sudah menjadi tugas manusia pada umumnya. Pada pundak manusia terpikul sebuah amanah, dan tanggung jawab melestarikan bumi. Dan manusia sebagai khalifah fil-ardhi bertanggung jawab memakmurkan bumi atau menjadi pelaksana penghijauan lingkungan,” pesan Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Eko Juhartono.

Di kesempatan yang lain, Kades Jali, Mustafid mengungkapkan, bahwa nantinya dengan Program penghijauan lingkungan yang dilaksanakan semua komponen masyarakat Jali dengan menanam kembali pohon-pohon di lahan  yang rusak ataupun di lahan terlantar, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lahan hijau.  "Dengan mengajak satu atau lebih publik figur akan lebih menarik perhatian masyarakat. Kegiatan penghijauan yang secara simbolik dilaksanakan di lapangan Desa Jali adalah suatu langkah cerdik untuk menarik minat masyakat untuk melakukan penghijauan lingkungan,” ungkap Kades Jali, Mustafid. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Babinsa Gendong Mbah Darkum Saat Evakuasi Bencana Banjir
Upacara 17-an Dilanjutkan Acara Wisuda Purna Tugas
Prof. Fathur Sebut Menara Tetenger Strategi Dakwah Sunan Kudus Yang Sejuk
Racikan Masakan Danramil 11/Sayung Menangkal Lapar Korban Banjir
Babinsa Koramil 11/Sayung Bersama Guru Selamatkan Buku Pelajaran Dari Banjir
Sinergitas TNI Polri Memberikan Rasa Aman Pada Perayaan Imlek
Danramil 11/Sayung Dampingi Bupati Demak Tinjau Langsung Lokasi Banjir
Sungguh Mulia! Tentara Koramil 11/Sayung Bantu Gendong Anak Sekolah Korban Banjir
7 Rumah Korban Angin Puting Beliung Langsung Direspon Forkopimcam Mranggen
Danramil 02/Bonang Beserta Anggota Laksanakan Salat Subuh Berjamaah Bersama Dengan Kapolres Demak
Babinsa Koramil 04/Dempet Bina Pemuda Yang Mau Masuk Prajurit TNI AD
Kodim 0716/Demak Peringati HUT Ke-64 Dengan Kesederhanaan Dan Penuh Doa
Kepemimpinan Bertumbuh Ala Prof. Fathur Rokhman
Meminimalisir Pelanggaran Lalin, Unit Sub Denpom Pati Laksanakan Gaktib
Tim Gabungan Analisis Penyebab Kecelakaan Maut Di Tanjakan Emen
Polisi Olah TKP Kecelakaan Maut Di Tanjakan Emen Subang
Korban Kecelakaan Maut Tanjakan Emen Subang Diambil Keluarga Di RSUD Subang
Penyelidikan Awal Penyebab Kecelakaan Di Tanjakan Emen Subang
Dosen Dan Peneliti Ikuti Pelatihan HKI
Banyak Korban Tewas Kecelakaan Bus Di Tanjakan Emen Subang
Kecelakaan Bus Di Tanjakan Emen Subang
TNI-Polri Bersinergi Untuk Keamanan Pilkada Di Demak
Tim Sergab Kodim 0716/Demak Siap Turun Lapangan
Kecamatan Bonang Galakkan Jumat Bersih
Dandim 0716/Demak Tegaskan Netralitas Dalam Rakor Peningkatan Partisipasi Masyarakat PilGub Jateng
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.395.744 Since: 07.04.14 | 0.7285 sec