YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2017, 0

Opini

Kesehatan Masyarakat Dan Pendidikan Kesehatan

Author : Dra Esthi Susanti Hudiono MSi | Wednesday, 08 February 2017 | View : 190

siarjustisia.com

Menurut saya sektor kesehatan adalah sektor yang paling responsif dan maju dalam melihat masalah-masalah yang ada di masyarakat. Barangkali hal ini disebabkan oleh Sumpah Kedokteran yang mengharuskan melayani manusia yang menderita sakit tanpa melihat latar belakangnya (agama, etnis dan status pernikahan).

Karena itu sektor kesehatan menjadi responsif dalam menjawab masalah kesehatan yang ada. Ketika HIV diakui sebagai masalah di Indonesia, bersamaan dengan itu mulai banyak pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat. Melalui struktur ini ide tentang pencegahan dan promosi kesehatan mendapat tempat terhormat.

Sekarang banyak Fakultas Kesehatan Masyarakat berdiri dan menjawab kebutuhan akan pencegahan dan promosi kesehatan. Lulusan fakultas ini mendapat tempat terhormat di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). Eskalasi perkembangan dimungkinkan melalui struktur ini. Meskipun proses ini masih bergulat dengan ide-ide lama yang begitu menekankan aspek kuratif.

Ternyata hidup sehat berupa sikap dan perilaku individu yang menetap selamanya tidak bisa dibangun di masyarakat melalui Puskesmas. Sektor pendidikanlah yang seharusnya memberi sikap dan perilaku sehat pada anak sedini mungkin. Ide ini masuk dalam katagori: PENDIDIKAN KESEHATAN.

Ide pendidikan kesehatan ini telah saya gulirkan beberapa tahun yang lalu. Pendidikan kesehatan harus didesign menyeluruh dari keluarga, masyarakat dan sekolah. Kapan sekolah melihat serius urusan pendidikan kesehatan? Kepada siapa saya harus bicara agar urusan ini bisa dijalankan di Indonesia? Ini berarti penghematan uang yang begitu banyak karena memberi daya pada individu sejak dini. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan inilah salah satu isu yang menjadi kepedulian saya. Karena itu di mana saja saya bahas ke orang-orang yang bisa menerimanya.

Saya dapat kesempatan ke Rumah Sakit St. Carolus, Jl. Salemba Raya No.41, Paseban, Senen, Jakarta Pusat. Sama sekali tidak menyangka kalau di sana pelayanan untuk HIV-AIDS maju. Baru pertama ini saya melihat rumah sakit swasta berbasis agama peduli pada masalah HIV-AIDS. Mereka melakukan pelayanan satu pintu dengan nama ruang Carlo. Mereka menemukan artikulasi atas misi melayani orang yang menderita karena HIV-AIDS.

Di sana saya bertemu dengan Suster Sesilia dan kawan-kawan. Kami membahas apa yang terjadi pada generasi saat ini. Kami saling membenarkan pengamatan atas apa yang terjadi pada anak muda saat ini. Saya mendorong sekolah Katolik mengambil inisiatif memberi pendidikan hidup dalam menghadapi pubertas dan seksualitas. (esh)

See Also

Berdiri Di Dua Kaki
Double L, Narkoba, Dan Anak Dari Keluarga Penghasilan Rendah
Pernyataan Sikap Komunitas Bulutangkis Indonesia
Hati-hati Dengan Ide Keliru Yang Jahat Sekali
Bahagia Bertemu Ibu Irawati Durban Ardjo
Radio Mercury Dan Never Ending War Against Cancer
Dari Perjalanan Ke Diri: Merekonstruksi Pola Perilaku
Agus Yudhoyono Antara Tanggung Jawab Individu Dan Keluarga
Pertempuran Sultan Agung Dan Musium Kota Jakarta
Musium Wayang Dan Pembentukan Karakter
Kebijakan Publik Perlu Proses Dan Konsensus Banyak Pihak
Berjuang Dan Bertarung Untuk Yang Benar Dan Adil
Pintu Tertutup Maka Akan Ada Pintu Lagi
Yang Penting Adalah Menemukan Tempat Yang Tepat
Perempuan Perkasa Dalam Diri Seniman
Hasil Dikusi Buku Moemie: Karakter Baik Dan Identitas
Latar Belakang Sebelum Membaca Novel Moemie
Cerita Tentang Pengarang Novel Moemie Sebelum Menulis
Ringkasan Cerita Novel Moemie
Peringati Hari HAM Sedunia, Rohingya Masih Menjadi Manusia Paling Teraniaya
Susi Pudjiastuti Dan Definisi Profesional
Gus Mus, Guru Bangsa Kita
Presiden Bisa Usir Kedubes Myanmar Dari Indonesia
Gagal Melindungi Rohingya, ASEAN Bubarkan Saja
Melalui Resolusi DK PBB Pemerintah Myanmar Dapat Diseret Ke Mahkamah Pidana Internasional
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.796.013 Since: 07.04.14 | 0.6437 sec