YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Hukum

Polisi Bekuk 2 Pencuri Perangkat Milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Saturday, 10 June 2017 | View : 149

siarjustisia.com-JAKARTA.

Polisi menangkap dua pria berinisial MES (25 tahun) dan MHB (34 tahun) karena mencuri perangkat milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (PT. Telkom Indonesia/Telkom).

Perangkat yang dimaksud adalah baterai MSAN atau Multi Service Access Node atau Multi Service Access Network/Multi Service Access Gateway (MSAG).

Total ada delapan baterai MSAN milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. area Ciledug, Tangerang, yang dicuri. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Senin (1/5/2017), di Gardu MSAN Telkom, Jalan Inpres Raya, Larangan Utara, Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Kedua pelaku melakukan pencurian dengan merusak pintu gardu yang terkunci.

Setelah itu, MES dan MHB memotong kabel baterai dengan menggunakan gunting baja. Untungnya, petugas Telkom melintas di lokasi dan melihat kejadian pencurian tersebut.

Kedua pelaku kemudian melarikan diri dan dikejar oleh petugas bersama warga. MES akhirnya bisa ditangkap, sedangkan MHB melarikan diri.

"Pelaku MES berhasil ditangkap, sedangkan pelaku MHB berhasil kabur, melarikan diri," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. dalam keterangannya di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Polisi terus melakukan pengejaran setelah insiden tersebut. MHB diketahui selalu berpindah-pindah tempat, namun berhasil diamankan oleh tim Buser Polsek Ciledug di Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Diketahui lokasi persembunyian MHB di daerah Bekasi, Jawa Barat, lalu anggota Buser Polsek Ciledug melakukan penangkapan terhadap pelaku," tutur mantan Kapolresta Depok dan mantan Kapolres Subang Kuningan ini, Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Pelaku sempat melakukan perlawanan pada saat dilakukan penangkapan. Pihak kepolisian kemudian melakukan tindakan tegas berupa tembakan di betis kaki sebelah kanan.

"Saat ini pelaku sedang dilakukan perawatan di RS Polri, Kramat Jati," beber perwira jebolan Akpol 1995 yang juga mantan Kapolres Metro Bekasi ini, Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi, kedua pelaku melakukan kegiatan serupa lebih dari 10 kali di wilayah Jabodetabek. Dalam kasus ini, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu delapan buah baterai MSAN, satu buah gunting gembok, satu buah tang potong, satu buah kunci leter L, satu buah gembok, dan dua potongan kabel sepanjang 70 cm.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenai Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan.

Dikutip dari berbagai sumber, MSAN adalah suatu platform jaringan akses yang menyediakan layanan umum untuk memberikan layanan broadband dan narrowband dalam jaringan PSTN dan NGN.

PSTN, yang merupakan singkatan dari Public Switched Telephone Network, adalah jaringan telepon tetap dengan kabel. Sedangkan NGN, yakni Next Generation Network, adalah teknologi telekomunikasi yang berbasis internet dan berbeda dengan teknologi 3G dan turunannya. Dalam pengertian lain, NGN adalah sebuah jaringan packet-switched yang menyediakan berbagai layanan telekomunikasi, menggunakan teknologi transportasi bagi beberapa bandwidth dan kelas layanan. (det/jos)

See Also

Berkas First Travel Dilimpahkan Ke Kejari Depok
Bareskrim Mabes Polri Bekuk Pembuat Dan Pengedar Uang Palsu
BNN Telusuri Keterlibatan Oknum Aparat Dalam Produksi PCC Di Sejumlah Daerah
BNN Sita 13 Juta Pil PCC Di Semarang
Operasi Pabrik PCC, BNN Endus Keterlibatan Oknum Aparat
KPK Terima Pengembalian Uang Suap APBD Jambi
KPK Geledah Kantor Gubernur Jambi Zumi Zola
Andi Narogong Berjanji Kembalikan Keuntungan Dari Korupsi E-KTP
Kejutan Pernyataan Andi Narogong Soal Proyek E-KTP
KPK Ajukan Kasasi Putusan Banding Terdakwa E-KTP Irman-Sugiharto
KPK Geledah Tiga Lokasi Kasus Suap Pengesahan RAPBD Jambi 2018
KPK Akan Limpahkan Berkas Setya Novanto Pekan Depan
Polrestro Jakarta Selatan Tetapkan Ahmad Dhani Sebagai Tersangka
OTT Anggota DPRD Dan Pejabat Pemprov Jambi Terkait APBD 2018
KPK Amankan 10 Orang Terkait OTT Anggota DPRD Jambi
KPK Tangkap Tangan Pejabat Dan Anggota DPRD Jambi
Dua Sketsa Wajah Ciri-Ciri Penyerang Novel Baswedan Dirilis Polda Metro Jaya
KPK Harap Identitas Penyerang Novel Baswedan Segera Diketahui
Setya Novanto Diperiksa Sebagai Saksi Untuk Tersangka Anang Sugiana Sudihardjo
Polda Metro Jaya Rilis Dua Sketsa Diduga Penyerang Novel Baswedan
Polda Metro Jaya Tunggu Hasil Tes Kejiwaan Dokter Ryan Helmi
KPK Akan Periksa Setya Novanto Sebagai Tersangka
Istri Setya Novanto Dicekal
Dugaan Korupsi Buku Perpustakaan SD Di Sampang Mulai Diproses Kejati Jatim
Pasangan Kekasih Cikupa Yang Ditelanjangi Sudah Bertunangan Dan Akan Menikah
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.007.914 Since: 07.04.14 | 0.6638 sec