YouTube Facebook Twitter RSS
16 Jul 2018, 0

Hukum

Polisi Bekuk 2 Pencuri Perangkat Milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Saturday, 10 June 2017 | View : 215

siarjustisia.com-JAKARTA.

Polisi menangkap dua pria berinisial MES (25 tahun) dan MHB (34 tahun) karena mencuri perangkat milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (PT. Telkom Indonesia/Telkom).

Perangkat yang dimaksud adalah baterai MSAN atau Multi Service Access Node atau Multi Service Access Network/Multi Service Access Gateway (MSAG).

Total ada delapan baterai MSAN milik PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. area Ciledug, Tangerang, yang dicuri. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Senin (1/5/2017), di Gardu MSAN Telkom, Jalan Inpres Raya, Larangan Utara, Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Kedua pelaku melakukan pencurian dengan merusak pintu gardu yang terkunci.

Setelah itu, MES dan MHB memotong kabel baterai dengan menggunakan gunting baja. Untungnya, petugas Telkom melintas di lokasi dan melihat kejadian pencurian tersebut.

Kedua pelaku kemudian melarikan diri dan dikejar oleh petugas bersama warga. MES akhirnya bisa ditangkap, sedangkan MHB melarikan diri.

"Pelaku MES berhasil ditangkap, sedangkan pelaku MHB berhasil kabur, melarikan diri," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. dalam keterangannya di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Polisi terus melakukan pengejaran setelah insiden tersebut. MHB diketahui selalu berpindah-pindah tempat, namun berhasil diamankan oleh tim Buser Polsek Ciledug di Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Diketahui lokasi persembunyian MHB di daerah Bekasi, Jawa Barat, lalu anggota Buser Polsek Ciledug melakukan penangkapan terhadap pelaku," tutur mantan Kapolresta Depok dan mantan Kapolres Subang Kuningan ini, Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Pelaku sempat melakukan perlawanan pada saat dilakukan penangkapan. Pihak kepolisian kemudian melakukan tindakan tegas berupa tembakan di betis kaki sebelah kanan.

"Saat ini pelaku sedang dilakukan perawatan di RS Polri, Kramat Jati," beber perwira jebolan Akpol 1995 yang juga mantan Kapolres Metro Bekasi ini, Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK., M.H. di MaPolres Metro Tangerang Kota, Jl. Raya Daan Mogot No.52, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (9/6/2017).

Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi, kedua pelaku melakukan kegiatan serupa lebih dari 10 kali di wilayah Jabodetabek. Dalam kasus ini, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu delapan buah baterai MSAN, satu buah gunting gembok, satu buah tang potong, satu buah kunci leter L, satu buah gembok, dan dua potongan kabel sepanjang 70 cm.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenai Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan.

Dikutip dari berbagai sumber, MSAN adalah suatu platform jaringan akses yang menyediakan layanan umum untuk memberikan layanan broadband dan narrowband dalam jaringan PSTN dan NGN.

PSTN, yang merupakan singkatan dari Public Switched Telephone Network, adalah jaringan telepon tetap dengan kabel. Sedangkan NGN, yakni Next Generation Network, adalah teknologi telekomunikasi yang berbasis internet dan berbeda dengan teknologi 3G dan turunannya. Dalam pengertian lain, NGN adalah sebuah jaringan packet-switched yang menyediakan berbagai layanan telekomunikasi, menggunakan teknologi transportasi bagi beberapa bandwidth dan kelas layanan. (det/jos)

See Also

Masyarakat Pulau Pari Kembali Unjuk Rasa PN Jakarta Utara
Densus 88 Antiteror Tahan Satu Keluarga Di Sleman
Penjambret Yang Tewaskan Penumpang Ojol Di Cempaka Putih Terciduk
KPK Geledah Rumah Dinas Gubernur Aceh
Polres Jaktim Terus Buru Penjambret Tewaskan Penumpang Ojol Di Cempaka Putih
Kronologi OTT Gubernur Aceh Dan Bupati Bener Meriah
Gubernur Aceh Ditahan KPK
Gubernur Aceh Jadi Tersangka
KPK Tetapkan Gubernur Aceh Dan Bupati Bener Meriah Sebagai Tersangka
Keppres Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Sebagai Hari Libur Nasional
Polda Metro Jaya Kerahkan 41.000 Personel Amankan Pilkada
Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara
Jaksa KPK Tuntut Rita Widyasari Dihukum 15 Tahun Penjara
Densus 88 Antiteror Sergap Terduga Teroris JAD Di Cirebon
Densus 88 Antiteror Lumpuhkan Dua Terduga Teroris Di Depok
Anggota DPRD Kota Bogor Diamankan Polresta Bogor Kota
Polisi Siaga Jaga Sidang Vonis Aman Abdurrahman
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati
Polres Manggarai Barat Bekuk Pemerkosa 2 Turis Mancanegara
Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Dana BOS Malah Dipakai Beli Buku Yang Jauh Lebih Mahal Daripada Buku Resmi
6 Saksi Penting Kasus BLBI Kembali Dicekal
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
Dua Bos First Travel Dituntut 20 Tahun Penjara
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.273.703 Since: 07.04.14 | 0.5962 sec