YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Ekonomi

Soal Keluhan Refund Tiket Misterius Yang Viral

Wednesday, 12 July 2017 | View : 174

siarjustisia.com-MAKASSAR.

Postingan tulisan tentang tiket Lion Air yang tiba-tiba direfund viral di media sosial (medsos), Facebook. Di media sosial (medsos) Facebook beredar postingan tulisan tentang tiket Lion Air yang tiba-tiba direfund atau pengembalian dana. Padahal, pemilik tiket merasa tidak pernah melakukan refund.

Tulisan berjudul 'Hati-hati Beli Tiket Lion Air via Traveloka, Bisa di Refund Sembarang Orang' itu diunggah oleh akun Facebook Fyra Sahrir, Minggu (9/7/2017) kemarin. Dia menceritakan bahwa dirinya membeli tiket maskapai Lion Air via Traveloka pada 6 Juni 2017.

Tiket itu untuk penerbangan Makassar-Balikpapan-Makassar 8 dan 11 Juli. Tiket itu dibelinya untuk ayah dan ibunya yang akan menghadiri resepsi pernikahan adiknya.

Namun saat check in pukul 18.00 sore di bandara, mereka kaget karena pihak Lion Air menginformasikan tiket sudah di-refund. Lalu, dia pun protes ke pihak Lion Air karena merasa tak pernah melakukan refund.

"Pihak Lion Air tetap ngotot bahwa tiket itu sudah di-refund. Dan mereka meminta kami memastikan ke pihak Traveloka," tulis Fyra Sahrir.

Fyra Sahrir lalu menghubungi customer service Traveloka. Informasi yang didapatkan bahwa di sistem Traveloka, tiket tersebut masih aktif dan tidak terjadi refund. Kemudian, mereka kembali protes ke pihak Lion Air di Bandara. Pihak Lion Air menuturkan tiket telah di-refund oleh seorang bernama Linda pukul 13.00 WIB.

Fyra Sahrir yang tak mengenal Linda akhirnya bertanya-tanya bukankah untuk melakukan refund harus sesuai nama pemesan.

"Mengapa si "Linda" ini bisa seenaknya me-refund tiket orang tua saya dan pihak Lion Air meng-approve-nya? Kami pun bertanya ke pihak Lion Air siapa si Linda itu. Malah mereka dengan seenaknya menjawab "Ibu saja tidak tahu siapa Linda, apalagi saya?" Jawaban yang makin membuat kami emosi jiwa," tulis Fyra Sahrir.

Dia kembali bolak-balik menanyakan ke pihak Traveloka dan Lion Air. Namun tidak mendapatkan solusi.

Traveloka yang menjadi tempat pembelian tiket itu memberi penjelasan.

"Terkait pemesanan Ibu Fyra, pada kesempatan ini kami perlu menekankan bahwa Traveloka tidak menerima satu pun permintaan refund sehingga tiket pesawat yang dipesan Ibu Fyra masih dalam kondisi aktif di sistem Traveloka," kata PR Manager Traveloka Busyra Oryza dalam keterangannya, Rabu (12/7/2017).

PR Manager Traveloka, Busyra Oryza menuturkan, tiket pesawat yang dipesan di Traveloka hanya bisa dikembalikan (refund) secara online, baik melalui website maupun aplikasi. "Proses refund biasanya memakan waktu hingga 90 hari kerja dan bergantung pada kebijakan maskapai," ujarnya.

Ditambahkannya, Traveloka sedang mendalami keluhan Fyra Sahrir dan akan kooperatif untuk membantu menginvestigasi keluhan tiket Lion Air penerbangan Makassar-Balikpapan-Makassar 8 dan 11 Juli itu. 

PR Manager Traveloka Busyra Oryza mengaku sedang mendalami masalah ini. "Sedang kami cek dan dalami. Kami telah menghubungi customer dan juga Lion Air utk keluhan ini," katanya dihubungi terpisah.

"Traveloka telah membangun beberapa kali komunikasi dengan Ibu Fyra baik lewat telepon maupun email untuk memberikan update dan solusi terbaik kepada beliau," tuturnya.

Sebelumnya, Public Relations Manager Lion Air Group Andy Muhammad Saladin yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya sedang menginvestigasi keluhan ini. "Sedang kami investigasi," kata Andy Muhammad Saladin melalui pesan singkatnya, Selasa (11/6/2017).

See Also

Menteri Kelautan Dan Perikanan Inginkan Kenaikan Gaji Pegawai KKP
Harga Minyak Dunia Turun
Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Per 8 Desember 2017
KPH Harus Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Indeks Hang Seng HongKong Turun
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
Pasi Ter Kodim 0721/Blora Monitoring Rastra
Opel Automobile GmbH Kembali Merugi
PLTU Jawa 4 Telan Investasi 4,2 Miliar Dolar AS
Pedagang Beras Menjual Di Atas HET Dicabut Ijin
Kodim 0721/Blora Gelar Rakor Pengendalian Harga Pangan
Peduli Warga, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Bantu Panen Jagung
Dolar AS Melemah
Petani Wilayah Kodim 0721/Blora Makmur
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.007.976 Since: 07.04.14 | 0.6784 sec