YouTube Facebook Twitter RSS
16 Nov 2018, 0

Olahraga

SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1

Tuesday, 15 August 2017 | View : 269

siarjustisia.com-SHAH ALAM.

Pertandingan tim nasional U-22 Indonesia yang berambisi mengakhiri paceklik medali emas sejak tahun 1991 kontra Thailand sebagai juara bertahan menjadi salah satu favorit mempertahankan medali emas di laga perdana babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola putra SEA Games ke-29 2017, di Stadion Shah Alam, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (15/8/2017), berakhir imbang 1-1.

Pada pertandingan di Stadion Shah Alam itu, tim Indonesia yang berjuluk Garuda Muda tersebut sempat tertinggal terlebih dulu pada babak pertama. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia, Thailand unggul pada menit ke-14 lewat Chaiyawat Buran. Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada pertengahan babak kedua. Septian David Maulana menyamakan kedudukan pada menit ke-61 dari titik penalti.

Dipantau dari laman resmi PSSI, Jakarta, Selasa (15/8/2017), Thailand unggul terlebih dahulu melalui gol Chaiyawat Buran di menit ke-14 babak pertama dan di babak kedua, menit ke-61, Indonesia membalas melalui gol Septian David Maulana dari tendangan penalti.

Tim Indonesia yang berjuluk Merah Putih ini sebenarnya menguasai laga sejak peluit pertama dibunyikan. Sampai menit ke-5, Garuda Muda bahkan sudah membuat dua kali umpan silang ke pertahanan Thailand.

Namun, Thailand yang tertekan di 10 menit pertama berhasil bangkit. Di menit ke-14, diawali umpan lambung menyilang dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Thailand berhasil melesakkan bola ke gawang setelah bola yang menukik terlepas dari tangkapan penjaga gawang Indonesia Kurniawan Kartika Ajie dan diesekusi sempurna oleh Chaiyawat Buran. Skor menjadi 1-0 untuk Thailand.

Indonesia yang tersengat akibat gol tersebut berusaha membalas. Memanfaatkan kecepatan Febri Hariyadi di sisi serang kanan dan Osvaldo Haay di kiri, anak-anak asuh pelatih Luis Milla beberapa kali mendapatkan peluang.

Di menit ke-33, Osvaldo Haay sempat mendapatkan ruang bebas di sayap, tetapi tidak bisa mengarahkan bola ke penyerang Marinus Mariyanto Manewar karena gagal melakukan umpan silang.

Lalu, 11 menit kemudian, Osvaldo Haay lagi-lagi melakukan umpan silang tetapi dihalau dengan baik oleh bek Thailand.

Tak ada gol lain tercipta sampai peluit akhir babak pertama dibunyikan dan skor tetap 1-0.

Di babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali sempat merepotkan Thailand, gol untuk Garuda Muda tercipta di menit ke-61 melalui tendangan penalti Septian David Maulana.

Penalti itu didapatkan setelah Osvaldo Haay dilanggar oleh bek Thailand ketika melakukan akselarasi di kotak penalti lawan.

Ada hal unik saat penalti hendak dilakukan. Terlihat sejumlah pemain berdiskusi terlebih dulu dan tampak enggan menjadi eksekutor.

Skor pun berubah menjadi 1-1.

Usai gol tersebut Indonesia terus tampil mendominasi laga. Indonesia sempat mendapatkan peluang terbaik di babak kedua tepatnya menit ke-90 melalui tendangan terarah Evan Dimas Darmono. Akan tetapi bola berhasil ditepis oleh penjaga gawang Thailand.

Setelah itu, praktis tidak ada peluang berbahaya lain dan gol tambahan dari kedua tim. Skor akhir pertandingan 1-1.

Secara keseluruhan, Indonesia berhasil menguasai pertandingan dengan persentase total penguasaan bola 52 persen, membuat dua sepakan ke gawang dan enam tendangan lain tidak menemui sasaran.

Hasil ini membuat, di klasemen sementara Grup B Indonesia dan Thailand, yang berpoin satu, sama-sama berada di bawah Vietnam yang menjadi pimpinan klasemen setelah menaklukkan Timor Leste dengan skor 4-0. Pada pertandingan lain, Vietnam menang 4-0 atas Timor Leste sehingga berhak memimpin klasemen sementara Grup B. Satu laga tersisa antara Kamboja dan Filipina akan dimainkan pukul 19.45 WIB.

Berikutnya, Indonesia akan bertanding kembali pada Kamis (17/8/2017) melawan Filipina pada pukul 19.45 WIB.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan laga versus Timor Leste pada Minggu (20/8/2017) serta berhadapan dengan Vietnam dan Kamboja yang masing-masing diadakan Selasa (22/8/2017) dan Kamis (24/8/2017).

Susunan Pemain:

Indonesia:

Kurniawan Kartika Ajie, Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin Saputra, Muhammad Rezaldi Hehanusa, Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Marinus Mariyanto Manewar

Pelatih: Luis Milla

Asisten Pelatih: Bima Sakti

Thailand:

Nont Muangngam, Suriya Singmui, Saringkarn Promsupa, Shinnaphat Lee-oh, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Ratthanakorn Maikami, Sasalak Haiprakhon, Panudech Maiwong, Sitthichok Kannoo, Chenrop Samphaodi

Pelatih: Worrawoot Srimaka

Asisten Pelatih: Issara Sritaro

Asisten Pelatih: Naruphol Kaenson (jos)

See Also

Hempaskan UEA 1-0, Indonesia U-19 Melaju Ke Perempat Final
Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.960.104 Since: 07.04.14 | 0.6539 sec