YouTube Facebook Twitter RSS
16 Aug 2018, 0

Nusantara

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Akan Beroperasi November

Saturday, 16 September 2017 | View : 99
siarjustisia.com-JAKARTA.
Kereta yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi November 2017 menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
"Awal Oktober akan kita uji coba, kita lihat lagi tanggal 10 (Oktober), akhir November beroperasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai acara pelantikan di Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).
Mantan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero) tersebut, Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini kemajuan pembangunan Kereta Bandara saat ini sudah mencapai 80 persen.
Direktur PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro sebelumnya juga mengharapkan kereta bandara menuju Soekarno-Hatta bisa mulai beroperasi November tahun ini.
"Berharap optimistisnya kita November, tapi saya katakan akhir tahun operasi, tetap kami akan kejar secepatnya agar segera beroperasi karena masyarakat sudah sangat menantikan," jelasnya.
Saat ini baru satu rangkaian kereta yang datang dan terdiri atas enam kereta dari PT. Industri Kereta Api (Inka). Bulan depan akan datang 10 rangkaian kereta lagi.
Satu rangkaian KA Bandara akan bisa menampung 274 penumpang sekali jalan atau total 33.000 penumpang dari total 124 perjalanan KA dengan 10 rangkaian kereta per hari.
KA Bandara rutenya Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta. Kereta akan menempuh perjalanan itu dalam waktu 54 menit.
Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, perkembangan pembangunan jalur kereta api yang terhubung dari Stasiun Batu Ceper, Tangerang, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah mencapai 82 persen.
Saat meninjau jalur kereta yang sedang diuruk, dia menjelaskan pembebasan lahan sudah selesai, namun masih ada pekerjaan besar selanjutnya yakni elevasi atau meninggikan lahan dengan pengurukan sepanjang lima kilometer.
"Sudah 82 persen, tinggal 18 persen tapi dengan satu tingkat kesulitan karena pengerukan itu harus dilakukan bertahap," kata dia, di lokasi pembangunan jalur Kereta Bandara, Tangerang, Rabu (13/9/2017).
Ia memaparkan pekerjaan berat yang harus dilakukan, yakni elevasi lahan setinggi delapan meter dengan panjang lima kilometer yang belum terselesaikan.
Selain itu, pengangkutan barang bangunan juga terkendala karena jalur yang terbatas dan dapat mengakibatkan lalu lintas padat di siang hari sehingga pengerjaan hanya bisa dilakukan pada malam hari.
Saat ini, pengerukan jalur KA Bandara Soekarno Hatta yang sudah dielevasi sudah mencapai 1 kilometer yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Batu Ceper.
Menhub meminta ada percepatan pengerjaan baik stasiun maupun jaringan jalan sebelum November 2017.
"Teman-teman minta November, tapi saya minta diperpendek waktunya dalam waktu satu sampai dua hari ini saya dapat laporan berapa lama bisa diselesaikan lebih cepat," kata dia.
Berdasarkan pantauan, Stasiun Sudirman Baru belum sepenuhnya rampung namun eskalator menuju bagian atas stasiun sudah terpasang.
Menhub dan rombongan berangkat dari Stasiun Sudirman Baru menggunakan kereta inspeksi Wijaya Kusuma menuju Stasiun Batu Ceper, Tangerang. (ant)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.433.224 Since: 07.04.14 | 0.6469 sec