YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Akan Beroperasi November

Saturday, 16 September 2017 | View : 82
siarjustisia.com-JAKARTA.
Kereta yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi November 2017 menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
"Awal Oktober akan kita uji coba, kita lihat lagi tanggal 10 (Oktober), akhir November beroperasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai acara pelantikan di Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).
Mantan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero) tersebut, Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini kemajuan pembangunan Kereta Bandara saat ini sudah mencapai 80 persen.
Direktur PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro sebelumnya juga mengharapkan kereta bandara menuju Soekarno-Hatta bisa mulai beroperasi November tahun ini.
"Berharap optimistisnya kita November, tapi saya katakan akhir tahun operasi, tetap kami akan kejar secepatnya agar segera beroperasi karena masyarakat sudah sangat menantikan," jelasnya.
Saat ini baru satu rangkaian kereta yang datang dan terdiri atas enam kereta dari PT. Industri Kereta Api (Inka). Bulan depan akan datang 10 rangkaian kereta lagi.
Satu rangkaian KA Bandara akan bisa menampung 274 penumpang sekali jalan atau total 33.000 penumpang dari total 124 perjalanan KA dengan 10 rangkaian kereta per hari.
KA Bandara rutenya Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta. Kereta akan menempuh perjalanan itu dalam waktu 54 menit.
Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, perkembangan pembangunan jalur kereta api yang terhubung dari Stasiun Batu Ceper, Tangerang, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah mencapai 82 persen.
Saat meninjau jalur kereta yang sedang diuruk, dia menjelaskan pembebasan lahan sudah selesai, namun masih ada pekerjaan besar selanjutnya yakni elevasi atau meninggikan lahan dengan pengurukan sepanjang lima kilometer.
"Sudah 82 persen, tinggal 18 persen tapi dengan satu tingkat kesulitan karena pengerukan itu harus dilakukan bertahap," kata dia, di lokasi pembangunan jalur Kereta Bandara, Tangerang, Rabu (13/9/2017).
Ia memaparkan pekerjaan berat yang harus dilakukan, yakni elevasi lahan setinggi delapan meter dengan panjang lima kilometer yang belum terselesaikan.
Selain itu, pengangkutan barang bangunan juga terkendala karena jalur yang terbatas dan dapat mengakibatkan lalu lintas padat di siang hari sehingga pengerjaan hanya bisa dilakukan pada malam hari.
Saat ini, pengerukan jalur KA Bandara Soekarno Hatta yang sudah dielevasi sudah mencapai 1 kilometer yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Batu Ceper.
Menhub meminta ada percepatan pengerjaan baik stasiun maupun jaringan jalan sebelum November 2017.
"Teman-teman minta November, tapi saya minta diperpendek waktunya dalam waktu satu sampai dua hari ini saya dapat laporan berapa lama bisa diselesaikan lebih cepat," kata dia.
Berdasarkan pantauan, Stasiun Sudirman Baru belum sepenuhnya rampung namun eskalator menuju bagian atas stasiun sudah terpasang.
Menhub dan rombongan berangkat dari Stasiun Sudirman Baru menggunakan kereta inspeksi Wijaya Kusuma menuju Stasiun Batu Ceper, Tangerang. (ant)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.176.233 Since: 07.04.14 | 0.6063 sec