YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2017, 0

Internasional

Wali Kota Surabaya Dinobatkan Sebagai Pemimpin Yang Menginspirasi

Wednesday, 27 September 2017 | View : 29

siarjustisia.com-SINGAPURA.

Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016, DR. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. atau sering ditulis Tri Risma Harini atau yang akrab disapa Risma meraih penghargaan skala internasional "GovInsider Innovation Awards 2017" kategori pemimpin yang menginspirasi atau "Inspirational Leader" di Innovation Labs World, Singapura, Selasa (26/9/2017).

Mantan Wali Kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015, Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf Pemkot Surabaya yang turut membantu dirinya membuat e-governance sehingga bisa meraih penghargaan GovInsider Innovation Awards 2017.

"Tujuan saya membuat program ini untuk memangkas praktIk-praktik korupsi dari segala bidang dan membuat semua transaksi keuangan mulai dari infrastruktur pembangunan, kesehatan, pendidikan di Kota Surabaya menjadi transaparan," papar mantan Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya pada tahun 2001, Risma melalui pers rilis yang diterima awak media di Surabaya.

Wali Kota Surabaya ke-23 tersebut, Risma mengatakan bahwa tidak mudah mengimplementasikan program e-governance di Surabaya. "Kalian tahu, ketika saya ingin menerapkan program ini, banyak tekanan yang mengarah kepada saya dan keluarga agar tidak menerapkan penggunaan teknologi e-govermence ini," terang mantan Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan pada tahun 2005 tersebut.

Penghargaan GovInsider Innovation Awards 2017 kategori "Inspirational Leader" yang diterima Wali Kota Tri Rismaharini, tidak lepas dari keberhasilan Pemkot Surabaya dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam sistem birokrasi maupun berinovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya pada tahun 2008 ini sempat menyampaikan paparan berisikan beberapa inovasi yang telah dikembangkan Pemkot Surabaya, di antaranya upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus perizinan melalui Surabaya Single Windows.

Inovasi tersebut, jelas mantan Kepala Bagian Bina Pembangunan pada tahun 2002 tersebut, juga dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan di bidang kesehatan melalui e-health yang bisa diakses melalui e-Kios di Puskesmas dan Kecamatan.

GovInsider Innovation Awards dibentuk untuk memberikan apresiasi terhadap inovasi di sektor publik. Tahun lalu, instansi pemerintah di Singapura, Indonesia dan Papua Nugini, dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa diakui mengenai bagaimana mereka meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kehidupan warga negara.

Kandidat yang kemudian terpilih sebagai pemenang GovInsider Innovation Awards ini dinilai oleh panel internasional. Panel internasional itu terdiri dari Siim Sikkut (GCIO, Estonian Prime Minister's Office), Karen Delafield (CIO, HM Treasury and Cabinet Office, United Kingdom), Tuty Kusumawati (Head of Planning, Jakarta Regional Development Planning Board), Stuart Smith (Chief of Service Innovation and Design, National University of Singapore, Institute of Systems Science), dan Joshua Chambers (Editor, GovInsider).

Pemenang diumumkan di Innovation Labs World, yang berlangsung pada tanggal 26 September 2017 di Singapura. Acara ini mengumpulkan pemikiran pemimpin di sektor publik dan unit pemerintah yang inovatif untuk membahas masa depan layanan publik, dan bagaimana menggunakan solusi kreatif untuk memperbaiki layanan publik.

Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya pada tahun 2005 ini, Tri Rismaharini sebelumnya juga menerima penghargaan "Learning City" dari UNESCO di Cork, Republik Irlandia apda Selasa (19/9/2017). (ant)

See Also

Polisi LA Selidiki Tuduhan Pemerkosaan Terhadap Ed Westwick
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
PBB Anugerahi Surabaya Penghargaan Global Green City
Imigran Asal Uzbekistan Tersangka Pembunuh Delapan Orang Di New York
Delapan Orang Tewas Dalam Aksi Teror Di New York
Tiga Juta Masyarakat Kongo Terancam Kelaparan
Dua Tewas Dalam Penembakan Di Grambling State University
Panglima TNI Ditolak Masuk AS
Dubes AS Minta Maaf Ke Menlu Soal Penolakan Panglima TNI
Empat Kapal Perang India Tiba Di Jakarta
Korea Utara Mau Berunding Dengan Syarat
Arab Saudi Sambut Baik Rekonsiliasi Palestina
Enam Tentara Mesir Tewas Dalam Serangan Di Sinai
Konvoi Pertama Militer Turki Masuki Idlib
Indonesia Sambut Baik Rekonsiliasi Hamas-Fatah
Hamas Dan Fatah Bersatu
Amerika Serikat Menarik Diri Dari UNESCO
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Perdana Menteri Laos Di Istana Bogor
Bangladesh Hancurkan Kapal Pengangkut Pengungsi Rohingya
FBI Tegaskan Tak Ada Bukti Penembakan Las Vegas Terkait Terorisme
Marilou Danley, Pacar Pelaku Penembakan Di Las Vegas
PBB Serukan Dukungan Lebih Banyak Buat Pengungsi Rohingya Dari Myanmar
Daftar Negara Yang Warganya Dilarang Masuk Ke Amerika Serikat
Kepala UNHCR Kunjungi Pengungsi Rohingya Di Tempat Penampungan Bangladesh
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.795.995 Since: 07.04.14 | 0.6892 sec