YouTube Facebook Twitter RSS
21 Nov 2017, 0

Ekonomi

Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu

Monday, 02 October 2017 | View : 23

siarjustisia.com-BOGOR.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa “Jokowi” dalam acara "Ngopi Sore" mendorong pebisnis minuman kopi untuk mempromosikan sektor hulu industri kopi di Indonesia.

"Menurut saya yang lebih penting, keuntungannya justru jauh lebih banyak apabila kita bisa melihat proses bisnisnya sampai betul-betul tersajikannya kopi itu di pembeli atau konsumen. Karena justru keuntungan yang terbesar ada di situ," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya di Istana Bogor, Jl. Ir. H. Juanda, Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Minggu (1/10/2017) sore.

Mantan Wali Kota Surakarta ini mengatakan budidaya kopi penting untuk dilakukan. Namun dengan promosi di sektor hulu akan mengangkat harga komoditas bagi petani kopi.

Kepala Negara mengajak pebisnis komoditas kopi juga mengembangkan bisnis ke arah penyajian minuman kopi.

"Saya kira anak-anak muda kita dengan membangun sebuah pascapanen yang baik, packaging yang baik kemudian memprosesnya dengan barista-barista yang baik dan menjualnya tidak melalui cara yang biasa, bisa dengan online store, toko online, saya kira ini akan lebih gampang kita masuk dan bertarung di pasar dunia," terang mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo (Jokowi).

Mantan Wali Kota Solo ini mengajak semua pemangku kepentingan industri kopi untuk membesarkan nama Indonesia di tingkat global melalui sejumlah varietas kopi yang beragam.

Pekerja beraktivitas di pabrik kopi khas Rembang UD Tiga Putra yang merupakan mitra binaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. belum lama ini. Kopi dengan merk "Kopi Lelet" menerima pinjaman lunak dari PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. ini, kini usahanya berkembang dan mampu memproduksi 9 kuintal kopi setiap bulannya dengan omset mencapai Rp  45 juta perbulan.

Kabupaten Jember sendiri merupakan daerah yang kaya potensi. Selain penduduknya sangat besar, wilayah ini memiliki potensi ekonomi yang sangat baik, karena ada Pusat penelitian Nasional Kakao dan Kopi. Saat menyambut kunjungan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhu) Agus Santoso, di Jember, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sabtu (2/9/2017), Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR langsung mengajaknya untuk melihat produk kopi asli Jember di cafe corner yang ada di Pendopo. "Di sini ini Pak Dirjen, ada kopi produksi perkebunan daerah kita. Kopi Kahyangan, ada kopi rakyat lainnya dengan ciri khas dan aroma masing-masing. Ini ada yang biji kopi hasil roasting siap digrider jadi bubuk sebagai sajian fresh," tutur dr. Hj. Faida MMR. Agus Santoso sendiri mengaku suka dengan kopi Jember. Menurutnya, rasa kopinya mantap dan khas. "Seperti yang disampaikan Bupati, kopi Jember memang enak dan rasanya khas," tandas Agus Santoso.

"Saya kira banyak daerah-daerah baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk di Papua memiliki kesempatan untuk membesarkan Indonesia sebagai produsen kopi terbesar di dunia karena memang lahannya ada," papar Presiden Joko Widodo.

Presiden "Ngopi Sore" bersama sejumlah pelaku bisnis minuman dan komoditas kopi Indonesia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Staf KePresidenan Indonesia, Drs. Teten Masduki dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. (ant/jos)

See Also

Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
Pasi Ter Kodim 0721/Blora Monitoring Rastra
Opel Automobile GmbH Kembali Merugi
PLTU Jawa 4 Telan Investasi 4,2 Miliar Dolar AS
Pedagang Beras Menjual Di Atas HET Dicabut Ijin
Kodim 0721/Blora Gelar Rakor Pengendalian Harga Pangan
Peduli Warga, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Bantu Panen Jagung
Dolar AS Melemah
Petani Wilayah Kodim 0721/Blora Makmur
Babinsa Berikan Motivasi Petani
Wall Street Berakhir Jatuh
Indeks Nikkei-225 Melemah Ketika Yen Menguat
Harga Emas Berbalik Naik
Indeks Straits Times Turun Tipis
Penguatan Data Ekonomi AS Tekan Harga Emas Turun
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.819.561 Since: 07.04.14 | 0.7021 sec