YouTube Facebook Twitter RSS
20 Feb 2018, 0

Nusantara

Partai Golkar, Partai Hanura, Dan PDIP Bentuk Koalisi Di Pilgub Jawa Barat

Saturday, 14 October 2017 | View : 85

siarjustisia.com-BANDUNG.

Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sepakat membentuk "Koalisi Pancasila" jelang pemilihan Gubernur (pilGub) Jawa Barat pada Juni tahun 2018 mendatang. Tak hanya di Pilgub Jabar, koalisi tiga partai berbasis nasionalis tersebut juga untuk menghadapi Pilkada di 16 Kota/Kabupaten.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jawa Barat sejak tahun 2012, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Tubagus (TB) Hasanuddin, S.E., M.M. dalam jumpa pers bersama di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.1, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat (13/10/2017).

“Kita sudah sepakati ini. Hanura pernah bertemu dengan kita. Sebelumnya Partai Golkar juga. Kita sepakat berkoalisi baik di Kabupaten/Kota maupun di Pilgub Jabar. Kita namakan koalisi ini Koalisi Pancasila,” beber mantan Sesmilpres Kemsetneg, TB Hasanudin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Meski pengurus di tingkat Provinsi Jawa Barat sudah mantap berkoalisi, TB Hasanudin menyatakan, poros koalisi ini harus melapor terlebih dahulu ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) masing-masing partai. pekan depan, anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan, pelaporan ini akan dilakukan dalam rangka finalisasi Koalisi Pancasila di tingkat DPP.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan ke DPP masing-masing. Biarkan DPP masing-masing yang menentukan, apa pun hasilnya, kami di tingkat daerah siap memenangkan Pilgub Jawa Barat,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat H. Dedi Mulyadi, S.H. mengatakan konstelasi koalisi yang dibangun pihaknya bersama PDIP dan Hanura bukan atas dasar kepentingan politik. Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi menyatakan, kesamaan platform ideologi menjadi dasar utama yang mempertemukan ketiga partai ini untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

"Ukurannya bukan hal yang bersifat politik. Kita membangun koalisi ideologis. Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekadar simbol. Harus substantif demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Makanya kita beri nama Koalisi Pancasila,” katanya.

Konferensi pers tidak dihadiri oleh pengurus DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Jawa Barat. Namun, Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Juhana mengatakan DPD Partai Hanura Jawa Barat yang dipimpin Aceng Fikri telah sepakat dengan skema koalisi yang dibangun bersama PDIP dan Partai Golkar. "Hanura sudah setuju kok," singkatnya.

Siapa pun nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung koalisi ini sudah dapat dipastikan memenuhi syarat. Hal ini lantaran PDIP memiliki jumlah 20 kursi di DPRD Jawa Barat, Partai Golkar memiliki jumlah 17 kursi kemudian disusul Partai Hanura dengan 3 kursi. Total jumlah kursi ketiga partai tersebut 40.

Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengantarkan pasangan bakal calon untuk bertarung dalam Pilgub Jawa Barat tahun depan yang hanya mensyaratkan minimal 20 persen kursi di DPRD Jabar atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah di Pileg terakhir. (sp)

See Also

Babinsa Gendong Mbah Darkum Saat Evakuasi Bencana Banjir
Upacara 17-an Dilanjutkan Acara Wisuda Purna Tugas
Prof. Fathur Sebut Menara Tetenger Strategi Dakwah Sunan Kudus Yang Sejuk
Babinsa Koramil 11/Sayung Bersama Guru Selamatkan Buku Pelajaran Dari Banjir
Sinergitas TNI Polri Memberikan Rasa Aman Pada Perayaan Imlek
Danramil 11/Sayung Dampingi Bupati Demak Tinjau Langsung Lokasi Banjir
Sungguh Mulia! Tentara Koramil 11/Sayung Bantu Gendong Anak Sekolah Korban Banjir
7 Rumah Korban Angin Puting Beliung Langsung Direspon Forkopimcam Mranggen
Danramil 02/Bonang Beserta Anggota Laksanakan Salat Subuh Berjamaah Bersama Dengan Kapolres Demak
Babinsa Koramil 04/Dempet Bina Pemuda Yang Mau Masuk Prajurit TNI AD
Kodim 0716/Demak Peringati HUT Ke-64 Dengan Kesederhanaan Dan Penuh Doa
Kepemimpinan Bertumbuh Ala Prof. Fathur Rokhman
Meminimalisir Pelanggaran Lalin, Unit Sub Denpom Pati Laksanakan Gaktib
Tim Gabungan Analisis Penyebab Kecelakaan Maut Di Tanjakan Emen
Polisi Olah TKP Kecelakaan Maut Di Tanjakan Emen Subang
Korban Kecelakaan Maut Tanjakan Emen Subang Diambil Keluarga Di RSUD Subang
Penyelidikan Awal Penyebab Kecelakaan Di Tanjakan Emen Subang
Dosen Dan Peneliti Ikuti Pelatihan HKI
Banyak Korban Tewas Kecelakaan Bus Di Tanjakan Emen Subang
Kecelakaan Bus Di Tanjakan Emen Subang
TNI-Polri Bersinergi Untuk Keamanan Pilkada Di Demak
Tim Sergab Kodim 0716/Demak Siap Turun Lapangan
Kecamatan Bonang Galakkan Jumat Bersih
Dandim 0716/Demak Tegaskan Netralitas Dalam Rakor Peningkatan Partisipasi Masyarakat PilGub Jateng
Ning Nong Ikut Sukseskan Konser Budaya 50 Tahun KKY
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.390.347 Since: 07.04.14 | 0.7413 sec