YouTube Facebook Twitter RSS
19 Oct 2018, 0

Nusantara

Partai Golkar, Partai Hanura, Dan PDIP Bentuk Koalisi Di Pilgub Jawa Barat

Saturday, 14 October 2017 | View : 205

siarjustisia.com-BANDUNG.

Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sepakat membentuk "Koalisi Pancasila" jelang pemilihan Gubernur (pilGub) Jawa Barat pada Juni tahun 2018 mendatang. Tak hanya di Pilgub Jabar, koalisi tiga partai berbasis nasionalis tersebut juga untuk menghadapi Pilkada di 16 Kota/Kabupaten.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jawa Barat sejak tahun 2012, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Tubagus (TB) Hasanuddin, S.E., M.M. dalam jumpa pers bersama di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.1, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat (13/10/2017).

“Kita sudah sepakati ini. Hanura pernah bertemu dengan kita. Sebelumnya Partai Golkar juga. Kita sepakat berkoalisi baik di Kabupaten/Kota maupun di Pilgub Jabar. Kita namakan koalisi ini Koalisi Pancasila,” beber mantan Sesmilpres Kemsetneg, TB Hasanudin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Meski pengurus di tingkat Provinsi Jawa Barat sudah mantap berkoalisi, TB Hasanudin menyatakan, poros koalisi ini harus melapor terlebih dahulu ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) masing-masing partai. pekan depan, anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan, pelaporan ini akan dilakukan dalam rangka finalisasi Koalisi Pancasila di tingkat DPP.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan ke DPP masing-masing. Biarkan DPP masing-masing yang menentukan, apa pun hasilnya, kami di tingkat daerah siap memenangkan Pilgub Jawa Barat,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat H. Dedi Mulyadi, S.H. mengatakan konstelasi koalisi yang dibangun pihaknya bersama PDIP dan Hanura bukan atas dasar kepentingan politik. Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi menyatakan, kesamaan platform ideologi menjadi dasar utama yang mempertemukan ketiga partai ini untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

"Ukurannya bukan hal yang bersifat politik. Kita membangun koalisi ideologis. Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekadar simbol. Harus substantif demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Makanya kita beri nama Koalisi Pancasila,” katanya.

Konferensi pers tidak dihadiri oleh pengurus DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Jawa Barat. Namun, Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Juhana mengatakan DPD Partai Hanura Jawa Barat yang dipimpin Aceng Fikri telah sepakat dengan skema koalisi yang dibangun bersama PDIP dan Partai Golkar. "Hanura sudah setuju kok," singkatnya.

Siapa pun nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung koalisi ini sudah dapat dipastikan memenuhi syarat. Hal ini lantaran PDIP memiliki jumlah 20 kursi di DPRD Jawa Barat, Partai Golkar memiliki jumlah 17 kursi kemudian disusul Partai Hanura dengan 3 kursi. Total jumlah kursi ketiga partai tersebut 40.

Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengantarkan pasangan bakal calon untuk bertarung dalam Pilgub Jawa Barat tahun depan yang hanya mensyaratkan minimal 20 persen kursi di DPRD Jabar atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah di Pileg terakhir. (sp)

See Also

Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.785.778 Since: 07.04.14 | 0.624 sec