YouTube Facebook Twitter RSS
18 Aug 2018, 0

Nusantara

Partai Golkar, Partai Hanura, Dan PDIP Bentuk Koalisi Di Pilgub Jawa Barat

Saturday, 14 October 2017 | View : 166

siarjustisia.com-BANDUNG.

Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sepakat membentuk "Koalisi Pancasila" jelang pemilihan Gubernur (pilGub) Jawa Barat pada Juni tahun 2018 mendatang. Tak hanya di Pilgub Jabar, koalisi tiga partai berbasis nasionalis tersebut juga untuk menghadapi Pilkada di 16 Kota/Kabupaten.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jawa Barat sejak tahun 2012, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Tubagus (TB) Hasanuddin, S.E., M.M. dalam jumpa pers bersama di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.1, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat (13/10/2017).

“Kita sudah sepakati ini. Hanura pernah bertemu dengan kita. Sebelumnya Partai Golkar juga. Kita sepakat berkoalisi baik di Kabupaten/Kota maupun di Pilgub Jabar. Kita namakan koalisi ini Koalisi Pancasila,” beber mantan Sesmilpres Kemsetneg, TB Hasanudin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Meski pengurus di tingkat Provinsi Jawa Barat sudah mantap berkoalisi, TB Hasanudin menyatakan, poros koalisi ini harus melapor terlebih dahulu ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) masing-masing partai. pekan depan, anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan, pelaporan ini akan dilakukan dalam rangka finalisasi Koalisi Pancasila di tingkat DPP.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan ke DPP masing-masing. Biarkan DPP masing-masing yang menentukan, apa pun hasilnya, kami di tingkat daerah siap memenangkan Pilgub Jawa Barat,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat H. Dedi Mulyadi, S.H. mengatakan konstelasi koalisi yang dibangun pihaknya bersama PDIP dan Hanura bukan atas dasar kepentingan politik. Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi menyatakan, kesamaan platform ideologi menjadi dasar utama yang mempertemukan ketiga partai ini untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

"Ukurannya bukan hal yang bersifat politik. Kita membangun koalisi ideologis. Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekadar simbol. Harus substantif demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Makanya kita beri nama Koalisi Pancasila,” katanya.

Konferensi pers tidak dihadiri oleh pengurus DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Jawa Barat. Namun, Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Juhana mengatakan DPD Partai Hanura Jawa Barat yang dipimpin Aceng Fikri telah sepakat dengan skema koalisi yang dibangun bersama PDIP dan Partai Golkar. "Hanura sudah setuju kok," singkatnya.

Siapa pun nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung koalisi ini sudah dapat dipastikan memenuhi syarat. Hal ini lantaran PDIP memiliki jumlah 20 kursi di DPRD Jawa Barat, Partai Golkar memiliki jumlah 17 kursi kemudian disusul Partai Hanura dengan 3 kursi. Total jumlah kursi ketiga partai tersebut 40.

Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengantarkan pasangan bakal calon untuk bertarung dalam Pilgub Jawa Barat tahun depan yang hanya mensyaratkan minimal 20 persen kursi di DPRD Jabar atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah di Pileg terakhir. (sp)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.440.263 Since: 07.04.14 | 0.6309 sec