YouTube Facebook Twitter RSS
23 Nov 2017, 0

Nusantara

Presiden Joko Widodo Tugasi Din Syamsuddin Sebagai Utusan Khusus Keagamaan

Monday, 23 October 2017 | View : 37

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" mengangkat Prof. Dr. K. H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A. atau dikenal dengan nama Din Syamsuddin sebagai utusan khusus Presiden untuk dialog dan kerjasama antar agama dan peradaban.

"Kepada beliau saya memberikan tugas untuk mengembangkan dialog dan kerjasama antar agama baik, di dalam negeri maupun di luar negeri," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jl. Istana Merdeka No.17-18, RT02/RW03, Gambir, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo (Jokowi) berharap pengangkatan Chairman World Peace Forum/WPF sejak tahun 2006 hingga sekarang tersebut, Din syamsuddin sebagai utusan khusus ini bisa mempromosikan kerukunan antar agama yang ada di Indonesia.

"Mengembangkan dialog dan kerjasama antar agama dan antar peradaban dengan mempromosikan kebudayaan dan peradaban Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Kepala Negara Jokowi.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010, Din Syamsuddin mengatakan dirinya telah menerima putusan Presiden dengan Bismillah sebagai bentuk pegabdian kepada bangsa dan negara.

"Dalam situasi dunia dewasa ini yang penuh ketidakpastian, ketegangan bahkan konflik antar agama dan peradaban, pemerintah RI sering diminta, bahkan dituntut terlibat," terang mantan Wakil Ketua Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI pada tahun 1998 itu, Din Syamsuddin.

Menurut mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2010-2015 ini, keterlibatan Indonesia ini sesuai dengan pesan Pembukaan UUD 1945 agar Indonesia terlibat dalam memlihara ketertiban dunia dan mewujudkan perdamaian abadi.

"Saya menilai pekerjaan ini sebuah perjuangan yang sesuai dengan Konstitusi. Saya berniat menjalankan ini sebagai pegabdian bangsa dan negara, mendukung pemerintah kita," harap mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 1989-1993.

Mantan Wakil Ketua Dewan Penasihat ICMI Pusat periode 2005-2010, Din Syamsuddin juga berharap dalam menjalankan tugas ini mendapat dukungan masyarakat Indonesia dan semua pihak bersama dirinya untuk bersama-sama dapat mengembangkan tugas ini.

Mantan Wakil Sekjen DPP Golongan Karya (Golkar) periode 1998-2000 ini mengatakan bahwa pesan Presiden bahwa memulai tugas ini mulai dari dalam negeri, yakni kerukunan antar umat beragama, antar kelompok di tanah air dapat menjadi modal yang perlu disebarkan ke dunia.

"Khususnya Islam yang dirindukan dunia, Islam dari Indonesia yang bertumpu pada wasatiyyah, pada jalan tengah, Islam yang Islam rahmatan lil alamin sangat ditunggu-tunggu," papar mantan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2000-2005.

Mantan Wakil Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2005, Din Syamsuddin mengaku telah mengusulkan melalui Mensesneg Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. agar orang lain yang menjalankan tugas ini, namun Presiden mengharapkan dirinya.

"Sebenarnya apa yang saya lakukan ini sudah saya lakukan selama ini, baik sebagai Presiden sebagai Asian Conference of Religions for Peace maupun sebagai co-presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP)," jelas mantan Wakil Ketua Umum MUI Pusat periode 2005-2010.

Mantan Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan DPP Golongan Karya (Golkar) periode 1993-1998 ini mengatakan dengan penugasan ini maka akan semakin kuat, karena ada legalitas, formalitas untuk berbuat atas nama negara. (ant)

See Also

Kodim 0716/Demak Berantas Penderita Katarak Warganya
HUT KORPRI Ke-46 ASN Ziarah Ke TMP
Koramil 08/Karanganyar Baksos Dalam Rangka Hari Juang Kartika
Danramil 13/Karangawen Sebut Setetes Darah Bisa Menyelamatkan Nyawa Seseorang
Upacara Minggu Militer Dan Wisuda Purna Tugas
Babinsa Kodim 0716/Demak Pantau Jalannya Unjuk Rasa
Bupati Kudus Nilai Penting Gelaran Ekspo Kreativitas Dan Inovasi
Kuasa Bahasa Dikupas Dalam Kuliah Umum Prodi PBSI UMK
Kevin Liliana Miss Internasional 2017
Pasi Ops Kodim 0716/Demak Menggelar Materi Wasbang Di Depan Kades Terpilih Se Kabupaten Demak
Rapat Koordinasi Digelar Demi Kelancaran Pelaksanaan Garjas
Percepat Masa Tanam Dengan Traktor
Sekda Kudus Buka Pekan Ekspo Kreativitas Dan Inovasi UMK
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Polisi Gelar Operasi Zebra Mulai 1-14 November 2017 Di Seluruh Indonesia
Pemkot Bukittinggi Siapkan Penampungan Sementara Pascakebakaran Pasar Atas
800 Kios Di Pasar Atas Bukittinggi Habis Terbakar
Bukittinggi Siapkan Pasar Banto Lokasi Penampungan Korban Kebakaran Pasar Atas
Menpora Sebutkan Teladani Tokoh Pemuda Yang Lahirkan Sumpah Pemuda
Partai Golkar Dukung Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien Syafiuddin Di Pilgub Jabar
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 4.834.481 Since: 07.04.14 | 0.6655 sec