YouTube Facebook Twitter RSS
24 Jun 2018, 0

Nusantara

Presiden Joko Widodo Tugasi Din Syamsuddin Sebagai Utusan Khusus Keagamaan

Monday, 23 October 2017 | View : 164

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" mengangkat Prof. Dr. K. H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A. atau dikenal dengan nama Din Syamsuddin sebagai utusan khusus Presiden untuk dialog dan kerjasama antar agama dan peradaban.

"Kepada beliau saya memberikan tugas untuk mengembangkan dialog dan kerjasama antar agama baik, di dalam negeri maupun di luar negeri," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jl. Istana Merdeka No.17-18, RT02/RW03, Gambir, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo (Jokowi) berharap pengangkatan Chairman World Peace Forum/WPF sejak tahun 2006 hingga sekarang tersebut, Din syamsuddin sebagai utusan khusus ini bisa mempromosikan kerukunan antar agama yang ada di Indonesia.

"Mengembangkan dialog dan kerjasama antar agama dan antar peradaban dengan mempromosikan kebudayaan dan peradaban Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Kepala Negara Jokowi.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010, Din Syamsuddin mengatakan dirinya telah menerima putusan Presiden dengan Bismillah sebagai bentuk pegabdian kepada bangsa dan negara.

"Dalam situasi dunia dewasa ini yang penuh ketidakpastian, ketegangan bahkan konflik antar agama dan peradaban, pemerintah RI sering diminta, bahkan dituntut terlibat," terang mantan Wakil Ketua Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI pada tahun 1998 itu, Din Syamsuddin.

Menurut mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2010-2015 ini, keterlibatan Indonesia ini sesuai dengan pesan Pembukaan UUD 1945 agar Indonesia terlibat dalam memlihara ketertiban dunia dan mewujudkan perdamaian abadi.

"Saya menilai pekerjaan ini sebuah perjuangan yang sesuai dengan Konstitusi. Saya berniat menjalankan ini sebagai pegabdian bangsa dan negara, mendukung pemerintah kita," harap mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 1989-1993.

Mantan Wakil Ketua Dewan Penasihat ICMI Pusat periode 2005-2010, Din Syamsuddin juga berharap dalam menjalankan tugas ini mendapat dukungan masyarakat Indonesia dan semua pihak bersama dirinya untuk bersama-sama dapat mengembangkan tugas ini.

Mantan Wakil Sekjen DPP Golongan Karya (Golkar) periode 1998-2000 ini mengatakan bahwa pesan Presiden bahwa memulai tugas ini mulai dari dalam negeri, yakni kerukunan antar umat beragama, antar kelompok di tanah air dapat menjadi modal yang perlu disebarkan ke dunia.

"Khususnya Islam yang dirindukan dunia, Islam dari Indonesia yang bertumpu pada wasatiyyah, pada jalan tengah, Islam yang Islam rahmatan lil alamin sangat ditunggu-tunggu," papar mantan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2000-2005.

Mantan Wakil Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2005, Din Syamsuddin mengaku telah mengusulkan melalui Mensesneg Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. agar orang lain yang menjalankan tugas ini, namun Presiden mengharapkan dirinya.

"Sebenarnya apa yang saya lakukan ini sudah saya lakukan selama ini, baik sebagai Presiden sebagai Asian Conference of Religions for Peace maupun sebagai co-presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP)," jelas mantan Wakil Ketua Umum MUI Pusat periode 2005-2010.

Mantan Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan DPP Golongan Karya (Golkar) periode 1993-1998 ini mengatakan dengan penugasan ini maka akan semakin kuat, karena ada legalitas, formalitas untuk berbuat atas nama negara. (ant)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.171.738 Since: 07.04.14 | 0.6045 sec