YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

800 Kios Di Pasar Atas Bukittinggi Habis Terbakar

Monday, 30 October 2017 | View : 386

siarjustisia.com-BUKITTINGGI.

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Atas atau Pasa Ateh Bukittinggi, Jl. Minangkabau, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (30/10/2017) sekitar pukul 06.00 WIB.

Sebanyak 800 kios pedagang di pusat pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Jl. Minangkabau, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), habis terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Senin (30/10/2017) pagi.

Dari informasi yang dihimpun awak media, lokasi Pasa Ateh Bukittinggi yang terbakar ada di bagian belakang, tak jauh dari Janjang 40. Informasi yang dihimpun awak media, api telah menghanguskan sejumlah kios di Lantai 2 dan Lantai 3 pasar yang namanya cukup melegenda tersebut. Dari foto yang beredar di media sosial (medsos) dan grup Whats App, api tampang membumbung tinggi di Lantai 2 pasar tersebut.

Wali Kota setempat, H. M. Ramlan Nurmatias, S.H. di Kantor Wali Kota Bukittinggi, Jl. Kesuma Bhakti No.1, Bukit Gulai Bancah, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumbar, Senin (30/10/2017), mengatakan pemerintah segera mencari solusi atas peristiwa tersebut.

Para pedagang diharapkan bersabar karena pemerintah segera menyediakan lokasi penampungan untuk tempat berdagang sementara.

"Nanti siang kami rapat dulu dengan semua perangkat daerah untuk mencari solusi," katanya.

Pusat pertokoan Pasar Atas yang terbakar saat ini sedang dalam masa perbaikan pada bagian depan.

Akibat kebakaran tersebut, H. M. Ramlan Nurmatias, S.H. mengatakan perbaikan tidak akan dilanjutkan karena melihat kondisi secara keseluruhan, gedung pertokoan memang tidak bisa digunakan lagi.

"Pasar ini kan bangunan lama. Pernah terjadi beberapa kali kebakaran pula sebelumnya, lalu sempat terdampak gempa bumi. Memang perbaikan menyeluruh diperlukan," ujarnya.

Tak diketahui penyebab pasti kebakaran. Saat ini pihak berwenang belum dapat memberikan keterangan menyangkut kerugian dan penyebab kebakaran dari peristiwa yang terjadi di pertokoan yang umumnya menjual produk kerajinan bordir kerancang tersebut. Salah satu saksi mata menyebutkan, api mudah membesar karena sebagian besar barang dagangan yang ada di lantai tersebut adalah barang-barang yang mudah terbakar.

"Di Lantai 2 itu, pedagang kakin dan bordiran. Sekarang sudah merembet ke bagian depan. Di situ banyak mainan anak-anak dari plastik yang juga mudah terbakar," beber seorang warga Bukittinggi.

Dia mengatakan, meski telah terdapat sejumlah mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di sekitar lokasi, api masih terus membesar.

"Api masuk di bawah atap. Banyak kayu-kayu juga yang mudah terbakar, sehingga sulit dipadamkan," ujarnya.

Dia mengatakan, sejauh ini Lantai bawah Pasar Atas belum terbakar. Meski demikian, pedagang mulai cemas api menjalar ke tempat itu. "Sejak tahun 1980-an, ini kebakaran besar yang kedua kalinya," tambah warga asli Bukittinggi ini.

Saat ini peristiwa masih terus berlangsung, sedangkan ratusan orang berkumpul melihat petugas Damkar memadamkan api. Warganet juga membagikan kondisi terkini di Pasar Ateh melalui media sosial (medsos).

Seperti diberitakan, hingga pukul 08.35 WIB, Senin (30/10/2017), kebakaran yang terjadi di Pasar Atas (Ateh) Bukittingi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), masih belum bisa dipadamkan.

Hingga siang ini, petugas sedang melakukan pendinginan di lokasi. Sementara itu pelataran objek wisata Jam Gadang ramai oleh masyarakat dan tumpukan barang-barang dagangan yang berhasil diselamatkan oleh pedagang.

Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran dari sembilan kota dan kabupaten di Sumbar turut membantu pemadaman didukung 100 lebih personel. (wk/ant)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.617.576 Since: 07.04.14 | 0.5959 sec