YouTube Facebook Twitter RSS
16 Jul 2018, 0

Nusantara

Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik

Sunday, 26 November 2017 | View : 93

siarjustisia.com-KARANGASEM.

Pada Sabtu (25/11/2017) sekitar pukul 17.30 WITA, Gunung Agung mengalami erupsi freatik kedua yang teramati secara visual dari Desa Culik di sisi lereng Timur, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari pantauan BNPB, kolom letusan abu vulkanik telah mencapai hingga 3.000 meter dari puncak kawah Gunung Agung, sekitar pukul 08.30 WITA, Minggu (26/11/2017). "Ancaman potensi bahaya masih berupa ancaman abu vulkanik," jelas Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. "Status tetap siaga," tegasnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan level peringatan penerbangan menjadi merah menyikapi aktivitas Gunung Agung, Bali, yang erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 6,142 meter di atas permukaan laut. "Kalau ketinggian kolom abu sudah lebih dari 6,000 meter di atas permukaan laut, bukan di atas puncak maka VONA jadi `red`," kata Kepala PVMBG Kasbani di Karangasem, Provinsi Bali, Minggu (26/11/2017).

Kenaikan level peringatan penerbangan itu didasarkan ketinggian kolom abu vulkanik dilaporkan telah melebihi 6,000 meter dari atas permukaan laut pada Minggu (26/11/2017) pagi, seperti digariskan Vulcano Observatory Notice to Aviation (VONA).

PVMBG melalui Vulcano Observatory Notice to Aviation (VONA) mengeluarkan status baru untuk peringatan penerbangan itu pada Sabtu (25/11/2017) malam setelah sebelumnya berada dalam status "orange".

"(Kenaikan menjadi) Merah itu 'awas' untuk penerbangan. Karena (tingginya) sudah 3,000 meter ditambah tinggi gunung 3,000 dari permukaan laut, jadi 6,000 meter. Itu sudah Merah," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, PVMBG, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gede Suantika, Minggu (26/11/2017).

Dengan memasuki level Merah, maka diharapkan akan menjadi pertimbangan bagi pilot atau pelaku penerbangan untuk menghindari jalur udara di sekitar kawasan Gunung Agung, kata PVMBG.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan informasi tersebut menjadi pertimbangan bagi pilot atau pelaku penerbangan untuk menghindari jalur udara di sekitar kawasan Gunung Agung.

Meski pihaknya mengeluarkan level "red" tersebut namun kewenangan untuk melarang melintas di jalur udara atau di atas Gunung Agung selebihnya berada di tangan otoritas terkait. Walaupun pihaknya mengeluarkan level Merah, kewenangan untuk melarang penerbangan melintas di atas Gunung Agung berada di tangan otoritas terkait. "Mereka yang menganalisa selanjutnya," kata I Gede Suantika.

VONA menyebutkan abu vulkanik bergerak ke Timur-Tenggara mengikuti arah angin. Menurut I Gede Suantika, dari pantauan VONA, abu vulkanik bergerak ke Timur-Tenggara mengikuti arah angin.

Walaupun status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung, Provinsi Bali, ditingkatkan dari status 'Oranye' ke 'Merah', operasional penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai masih berjalan normal. "Meskipun status penerbangan telah dinaikkan dari 'Oranye' ke 'Merah', namun operasionalisasi penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, masih "beroperasi normal", kata pejabat terkait.

Meski berstatus "merah", namun menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional Ngurah Rai masih beroperasi normal untuk penerbangan namun dengan tetap memantau sebaran abu vulkanik.

General manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Lombok Internasional Airport, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan hingga Minggu (26/11/2017) siang operasional bandara masih tetap berjalan normal, serta belum ada pengalihan penerbangan dari Bali.

"Belum ada pengalihan penerbangan dari Bali," ujar I Gusti Ngurah Ardita.

"Bandara Ngurah Rai dalam "kondisi normal operasi" serta belum secara langsung "terdampak erupsi gunung Agung," kata otoritas bandara tersebut.

Tentang kenaikan status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung, Provinsi Bali, ditingkatkan dari status 'Oranye' ke 'Merah', otoritas penerbangan setempat menyatakan: "Hanya di area tertentu yang secara nyata erupsi terdeteksi. Bukan berarti bandara harus tutup."

Hingga saat ini sebanyak 22 penerbangan maskapai asing untuk rute internasional termasuk satu rute domestik batal terbang dari dan menuju Bali. Diungkapkan, sejauh ini sudah ada sembilan penerbangan yang membatalkan penerbangannya terkait antisipasi dampak erupsi Gunung Agung, yaitu Jet Star Airways, Qantas Airlines Limited, Virgin Atlantic Airways, KLM Royal Dutch Airlines, serta AirAsia Malaysia.

Sebelumnya, status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung berada dalam status oranye atau jingga.

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Rakor Dalam Rangka Pecahkan MURI Tari Gemu Famire
Atraksi Kolone Senapan TNI Polri Demak Yang Memukau
Polres Demak Gelar Upacara Di HUT Bhayangkara Ke-72
Forkopimda Demak Larut Dalam Goyang Nasi Padang Di HUT Ke-72 Bhayangkara
Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak Berlangsung Meriah
Bupati Demak Cek Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak
Wujud Sinergitas Dan Soliditas Kedua Abdi Negara Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Kapolri Ajak Nobar Film 22 Menit
TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 Kodim 0716/Demak Resmi Dibuka
Awali Pengecoran, Kapolres Demak Dukung TMMD Di Desa Kebonsari
Warga Desa Kebonsari Girang Lantaran Dijadikan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II
Luar Biasa Antusias Warga Kebonsari Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Ada Kebanggaan Tersendiri Bagi Ibu-Ibu Dalam TMMD Di Demak
TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 Kodim 0716/Demak Hadirkan Pemerataan Pembangunan
Babinsa Kodim 0716/Demak Ikuti Sosialisasi Pendampingan Ber-KB
Eratkan Sinergitas, Danramil Hadiri Halal Bihalal
Satgas TMMD Sky II Dan Rakyat Guyub Rukun Tanpa Ada Batas
Kokohnya Kebersamaan TNI Dan Polri Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Pemenang Pilgub Jabar
Hibah Joint Curriculum Tingkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi
Tadarus Puisi Di Balai Budaya Rejosari
Pasi Log Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Kirab Pemuda Nasional
Dandim 0716/Demak Bersama LBB Dan Petani Ruwit Sarapan Bareng Di Sawah
Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK
Dandim 0716/Demak Pimpin Korp Raport Dan Sertijab Danramil Di Jajaran Kodim 0716/Demak
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.273.847 Since: 07.04.14 | 0.6757 sec