YouTube Facebook Twitter RSS
24 Oct 2018, 0

Nusantara

Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik

Sunday, 26 November 2017 | View : 118

siarjustisia.com-KARANGASEM.

Pada Sabtu (25/11/2017) sekitar pukul 17.30 WITA, Gunung Agung mengalami erupsi freatik kedua yang teramati secara visual dari Desa Culik di sisi lereng Timur, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari pantauan BNPB, kolom letusan abu vulkanik telah mencapai hingga 3.000 meter dari puncak kawah Gunung Agung, sekitar pukul 08.30 WITA, Minggu (26/11/2017). "Ancaman potensi bahaya masih berupa ancaman abu vulkanik," jelas Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. "Status tetap siaga," tegasnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan level peringatan penerbangan menjadi merah menyikapi aktivitas Gunung Agung, Bali, yang erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 6,142 meter di atas permukaan laut. "Kalau ketinggian kolom abu sudah lebih dari 6,000 meter di atas permukaan laut, bukan di atas puncak maka VONA jadi `red`," kata Kepala PVMBG Kasbani di Karangasem, Provinsi Bali, Minggu (26/11/2017).

Kenaikan level peringatan penerbangan itu didasarkan ketinggian kolom abu vulkanik dilaporkan telah melebihi 6,000 meter dari atas permukaan laut pada Minggu (26/11/2017) pagi, seperti digariskan Vulcano Observatory Notice to Aviation (VONA).

PVMBG melalui Vulcano Observatory Notice to Aviation (VONA) mengeluarkan status baru untuk peringatan penerbangan itu pada Sabtu (25/11/2017) malam setelah sebelumnya berada dalam status "orange".

"(Kenaikan menjadi) Merah itu 'awas' untuk penerbangan. Karena (tingginya) sudah 3,000 meter ditambah tinggi gunung 3,000 dari permukaan laut, jadi 6,000 meter. Itu sudah Merah," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, PVMBG, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gede Suantika, Minggu (26/11/2017).

Dengan memasuki level Merah, maka diharapkan akan menjadi pertimbangan bagi pilot atau pelaku penerbangan untuk menghindari jalur udara di sekitar kawasan Gunung Agung, kata PVMBG.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan informasi tersebut menjadi pertimbangan bagi pilot atau pelaku penerbangan untuk menghindari jalur udara di sekitar kawasan Gunung Agung.

Meski pihaknya mengeluarkan level "red" tersebut namun kewenangan untuk melarang melintas di jalur udara atau di atas Gunung Agung selebihnya berada di tangan otoritas terkait. Walaupun pihaknya mengeluarkan level Merah, kewenangan untuk melarang penerbangan melintas di atas Gunung Agung berada di tangan otoritas terkait. "Mereka yang menganalisa selanjutnya," kata I Gede Suantika.

VONA menyebutkan abu vulkanik bergerak ke Timur-Tenggara mengikuti arah angin. Menurut I Gede Suantika, dari pantauan VONA, abu vulkanik bergerak ke Timur-Tenggara mengikuti arah angin.

Walaupun status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung, Provinsi Bali, ditingkatkan dari status 'Oranye' ke 'Merah', operasional penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai masih berjalan normal. "Meskipun status penerbangan telah dinaikkan dari 'Oranye' ke 'Merah', namun operasionalisasi penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, masih "beroperasi normal", kata pejabat terkait.

Meski berstatus "merah", namun menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional Ngurah Rai masih beroperasi normal untuk penerbangan namun dengan tetap memantau sebaran abu vulkanik.

General manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Lombok Internasional Airport, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan hingga Minggu (26/11/2017) siang operasional bandara masih tetap berjalan normal, serta belum ada pengalihan penerbangan dari Bali.

"Belum ada pengalihan penerbangan dari Bali," ujar I Gusti Ngurah Ardita.

"Bandara Ngurah Rai dalam "kondisi normal operasi" serta belum secara langsung "terdampak erupsi gunung Agung," kata otoritas bandara tersebut.

Tentang kenaikan status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung, Provinsi Bali, ditingkatkan dari status 'Oranye' ke 'Merah', otoritas penerbangan setempat menyatakan: "Hanya di area tertentu yang secara nyata erupsi terdeteksi. Bukan berarti bandara harus tutup."

Hingga saat ini sebanyak 22 penerbangan maskapai asing untuk rute internasional termasuk satu rute domestik batal terbang dari dan menuju Bali. Diungkapkan, sejauh ini sudah ada sembilan penerbangan yang membatalkan penerbangannya terkait antisipasi dampak erupsi Gunung Agung, yaitu Jet Star Airways, Qantas Airlines Limited, Virgin Atlantic Airways, KLM Royal Dutch Airlines, serta AirAsia Malaysia.

Sebelumnya, status peringatan penerbangan di sekitar Gunung Agung berada dalam status oranye atau jingga.

See Also

Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.814.967 Since: 07.04.14 | 0.5923 sec