YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Hukum

KPK Akan Limpahkan Berkas Setya Novanto Pekan Depan

Thursday, 30 November 2017 | View : 18

siarjustisia.com-JAKARTA.

Wakil Ketua lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol. (Purn.) Basaria Panjaitan, S.H., M.H. sempat mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah merampungkan berkas penyidikan tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang melibatkan nama Ketua DPR RI Drs. Setya Novanto, Ak. atau Setnov.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan memastikan penyidik sudah melengkapi berkas penyidikan tersangka kasus e-KTP Setya Novanto.

"Berkas penyidikan sudah selesai," ujar Basaria Panjaitan usai konferensi pers di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada Kavling K4, RT01/RW06, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

Meski berkas penyidikan sudah lengkap, KPK belum melimpahkan berkas tersebut ke penuntutan. Alasan yang dikemukakan Basaria Panjaitan lantaran tim penyidik masih harus memeriksa saksi dan ahli meringankan seperti yang diminta oleh pihak Setya Novanto.

Menurut Basaria Panjaitan, jika pemeriksaan saksi dan ahli selesai, pihaknya tak akan menunggu lama untuk melimpahkan berkas tersebut. Saat ditanya akankah melimpahkan berkas pada pekan depan, Basaria Panjaitan mengaku akan mengusahakannya.

"Ya kami usahakanlah, ya," janji Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada Kavling K4, RT01/RW06, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

Sementara itu, Basaria Panjaitan mengatakan, jika para saksi dan ahli yang meringankan tetap tak memenuhi panggilan penyidik KPK, maka pihak KPK akan langsung melimpahkan berkas penyidikan Setya Novanto tanpa harus menunggu keterangan para saksi dan ahli.

Saksi meringankan yang sempat dipanggil tapi tak hadir adalah Plt Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Idrus Marham, Ketua DPD Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT), Melky Laka Lena, dan Bendahara Umum DPP Partai Golkar Robert J. Kardinal.

"Ini sudah diusahakan, nanti akan kita coba panggil lagi sampai tidak akan memberikan keterangan, baru selesai. Hak yang bersangkutan untuk menolak (memberikan keterangan)," jelas Basaria Panjaitan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan memastikan pihaknya melalui Biro Hukum KPK akan menghadapi praperadilan jilid dua yang dilayangkan pihak Setya Novanto, tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP.

"‎Kami siap 100 persen untuk besok. Jangan takut," tegas Basaria di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada Kavling K4, RT01/RW06, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

Dia menyatakan tak ada ketakutan KPK dalam menghadapi sidang praperadilan jilid dua Setnov yang akan digelar Kamis (30/11/2017) besok di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl. Ampera Raya No.133, RT05/RW10, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Enggak apa-apa, kalau mengajukan (praperadilan) kan hak yang bersangkutan, (asas) praduga tidak bersalah itu harus kita hargai. Biarkan yang bersangkutan melakukan praperadilan," tandas Basaria Panjaitan.

Menurut Basaria Panjaitan, dengan adanya sidang praperadilan jilid dua, pihaknya juga akan memperlihatkan kepada masyarakat jika penetapan tersangka terhadap Ketua DPR RI tersebut sah secara hukum.

"Komisi Pemberantasan Korupsi juga berusaha membuktikan apa yang dilakukan," terang dia.

See Also

Berkas First Travel Dilimpahkan Ke Kejari Depok
Bareskrim Mabes Polri Bekuk Pembuat Dan Pengedar Uang Palsu
BNN Telusuri Keterlibatan Oknum Aparat Dalam Produksi PCC Di Sejumlah Daerah
BNN Sita 13 Juta Pil PCC Di Semarang
Operasi Pabrik PCC, BNN Endus Keterlibatan Oknum Aparat
KPK Terima Pengembalian Uang Suap APBD Jambi
KPK Geledah Kantor Gubernur Jambi Zumi Zola
Andi Narogong Berjanji Kembalikan Keuntungan Dari Korupsi E-KTP
Kejutan Pernyataan Andi Narogong Soal Proyek E-KTP
KPK Ajukan Kasasi Putusan Banding Terdakwa E-KTP Irman-Sugiharto
KPK Geledah Tiga Lokasi Kasus Suap Pengesahan RAPBD Jambi 2018
Polrestro Jakarta Selatan Tetapkan Ahmad Dhani Sebagai Tersangka
OTT Anggota DPRD Dan Pejabat Pemprov Jambi Terkait APBD 2018
KPK Amankan 10 Orang Terkait OTT Anggota DPRD Jambi
KPK Tangkap Tangan Pejabat Dan Anggota DPRD Jambi
Dua Sketsa Wajah Ciri-Ciri Penyerang Novel Baswedan Dirilis Polda Metro Jaya
KPK Harap Identitas Penyerang Novel Baswedan Segera Diketahui
Setya Novanto Diperiksa Sebagai Saksi Untuk Tersangka Anang Sugiana Sudihardjo
Polda Metro Jaya Rilis Dua Sketsa Diduga Penyerang Novel Baswedan
Polda Metro Jaya Tunggu Hasil Tes Kejiwaan Dokter Ryan Helmi
KPK Akan Periksa Setya Novanto Sebagai Tersangka
Istri Setya Novanto Dicekal
Dugaan Korupsi Buku Perpustakaan SD Di Sampang Mulai Diproses Kejati Jatim
Pasangan Kekasih Cikupa Yang Ditelanjangi Sudah Bertunangan Dan Akan Menikah
KPK Tahan Bos Peserta Lelang E-KTP
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.006.052 Since: 07.04.14 | 0.6433 sec