YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Ekonomi

Robert Pakpahan Resmi Menjabat Dirjen Pajak Baru

Friday, 01 December 2017 | View : 17

siarjustisia.com-JAKARTA.

Robert Pakpahan resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang memasuki masa pensiun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak. Penunjukan tersebut atas usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. Robert Pakpahan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Dirjen Pajak Kemenkeu atas usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D dan penggodokan di Tim Penilai Akhir (TPA).

Setelah mendapat ketetapan dari Presiden Jokowi, Sri Mulyani langsung melantik Robert pada Kamis (30/11/2017), pukul 19.00 WIB di Aula Mezzanine, Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan, Jl. Dr. Wahidin Raya No.1, Jakarta Pusat.

Sebelum dilantik menjadi Dirjen Pajak Kemenkeu, Robert Pakpahan merupakan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan yang awalnya bernama Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan. Robert Pakpahan merupakan sosok yang tidak asing untuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR), Robert Pakpahan terlebih dahulu pernah ditempatkan sebagai Tenaga Pengkaji bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak pada 2003 hingga 2005. Setelah itu, pria yang lahir pada 20 Oktober 1959 ini diangkat menjadi Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan hingga 2006, dan ditugaskan sebagai Direktur Transformasi Proses Bisnis DJP. Pada 2011, dirinya dilantik menjadi Staf Ahli bidang Penerimaan Negara dan pada 2013 dipercaya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Utang yang sekarang berganti nama menjadi Dirjen PPR.

Robert Pakpahan merupakan lulusan Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggai Akuntansi Negara pada 1981. Dirinya melanjutkan pendidikan Diploma IV STAN yang sama pada 1985 hingga 1987. Robert Pakpahan meraih Gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina at Chapel Hill, USA pada 1998.

Adapun pengganti Robert Pakpahan sebagai Dirjen PPR yakni Lucky Alfirman yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kepala Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Saya Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan ini resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Saya percaya saudara akan laksanakan tugas sebaik-baiknya," jelas Ani, biasa ia disapa.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan seperti Gubernur Bank Indonesia (BI) ke-16 yang mulai menjabat sejak 23 Mei 2013, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, Ketua Banggar DPR RI M. Aziz Syamsuddin, S.E., S.H., MAF., M.H., Anggota Komisi XI DPR RI H. Mukhamad Misbakhun, S.E., Pengamat Pajak CITA Yustinus Prastowo, dan pejabat eselon I lainnya di lingkungan Kemenkeu. (met)

See Also

Menteri Kelautan Dan Perikanan Inginkan Kenaikan Gaji Pegawai KKP
Harga Minyak Dunia Turun
Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Per 8 Desember 2017
KPH Harus Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Indeks Hang Seng HongKong Turun
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
Pasi Ter Kodim 0721/Blora Monitoring Rastra
Opel Automobile GmbH Kembali Merugi
PLTU Jawa 4 Telan Investasi 4,2 Miliar Dolar AS
Pedagang Beras Menjual Di Atas HET Dicabut Ijin
Kodim 0721/Blora Gelar Rakor Pengendalian Harga Pangan
Peduli Warga, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Bantu Panen Jagung
Dolar AS Melemah
Petani Wilayah Kodim 0721/Blora Makmur
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.006.182 Since: 07.04.14 | 0.6607 sec