YouTube Facebook Twitter RSS
16 Jul 2018, 0

Nusantara

Banjir Rendam Pacitan Mulai Surut

Sunday, 03 December 2017 | View : 108
Tags : Banjir, Pacitan

siarjustisia.com-PACITAN.

Banjir yang merendam wilayah Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim) sebagian besar mulai surut. Ketinggian air kini hanya berkisar 20 sampai 30 cm di Kecamatan Pacitan.

"Banjir sebagian besar sudah surut menyisakan genangan di wilayah Kecamatan Pacitan dengan ketinggian kurang lebih 20 sampai 30 cm, hal ini disebabkan area cekungan yang tidak ada drainase sehingga air tidak bisa keluar," kata Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2017).

Meski banjir surut, lumpur sisa banjir masih banyak terdapat di rumah warga. Lumpur tersebut bercampur dengan material sampah yang juga berjumlah banyak.

"Kondisi lumpur sisa banjir dan material sampah banjir yang sangat banyak di perumahan warga terdampak. Kehidupan perekonomian, jasa, pemerintahan berangsur-angsur menuju normal," imbuhnya.

Sutopo Purwo Nugroho menyebut saat ini para pengungsi sudah tak kekurangan logistik. Ketersediaan logistik masih cukup untuk 6 hari ke depan. Hanya saja air minum dan air bersih masih jadi kebutuhan mendesak.

"Kebutuhan mendesak air minum dan air bersih untuk pembersihan lingkungan,pakaian dan buku sekolah, alat bera, dan penampungan air bersih," lanjutnya.

Banjir dan longsor yang terjadi di Pacitan diketahui menelan 25 korban jiwa.

Korban terbaru yang berhasi ditemukan tim SAR yakni 4 korban longsor di Kecamatan Kebonagung. Keempat korban yakni, pasangan kakek nenek Parno (73 tahun) dan Kasih (70 tahun), anaknya Sukesi (41 tahun), dan cucunya Rozak (17 tahun). Seluruh korban ditemukan di satu lokasi. Mereka merupakan satu keluarga warga RT03/RW06, Dusun Duren, Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Seperti diberitakan sebelumnya, satu korban hilang akibat banjir di Pacitan ditemukan. Korban ditemukan telah meninggal oleh tim Basarnas.

"Korban ditemukan dalam kondisi meninggal. Korban atas nama Mislan (75 tahun), warga RT04/RW02 Dukuh Winongan, Desa Sirnoboyo, Pacitan," ujar Yoni, petugas Basarnas kepada awak media, Rabu (29/11/2017).

Menurut Yoni, korban meninggal yang sudah ditemukan ada tiga orang. Semuanya merupakan korban banjir. Korban meninggal yang ditemukan adalah Maryati, warga Desa Kayen, Kecamatan Pacitan; Mujiyono, warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan; dan Mislan (75 tahun), warga RT04/RW02 Dukuh Winongan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Korban Maryati dan Mujiyono ditemukan kemarin. Sementara korban Mislan ditemukan hari ini," kata Yoni.

Yoni menyebut bahwa masih ada dua orang yang hilang akibat banjir. Mereka yang hilang dan belum ditemukan adalah Eko (41 tahun), warga Blitar dan Amri Suwartono (24 tahun), warga Pacitan.

"Itu berdasarkan data yang masuk ke kami," sambung Yoni.

Yoni mengaku, Basarnas belum bisa melakukan evakuasi terhadap para korban hilang yang tertimbun tanah longsor di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung. Akses menuju ke lokasi terhambat banjir. Selain itu akses ke lokasi juga terhalang longsoran tanah dan batu yang menutupi jalan.

Dari informasi yang dihimpun, masih ada enam warga hilang akibat tertimbun longsor di Desa Klesem. Korban hilang adalah Temu (57 tahun), Situ (22 tahun), Fitri (3 tahun), Parno (73 tahun), Kasih (70 tahun), dan Rozak (17 tahun).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut berbelasungkawa atas bencana banjir dan longsor di wilayah Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Mereka berharap pemerintah cepat memberi perhatian terhadap para korban, khususnya anak-anak.

"Kami menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya sejumlah warga Pacitan akibat musibah banjir dan longsor," kata Ketua KPAI Susanto kepada awak media, Kamis (30/11/2017).

"Ini merupakan bencana terparah di Pacitan. Sebelumnya pernah terjadi banjir tahun 1965 tetapi tidak separah tahun ini," sambung Pria yang lahir di Pacitan yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Ponpes Al-Fattah Pacitan ini.

Dikatakan Susanto, KPAI berharap semua pihak mulai dari pemerintah pusat, Pemerintah Daerah (Pemda), BPBD, organisasi peduli bencana dan lembaga bantuan sosial memberi layanan cepat kepada warga dan anak-anak. Diketahui, akses warga tertutup di sejumlah titik.

"Anak-anak kesulitan mendapatkan layanan dasar, was was, takut dan cemas atas kejadian ini. Putusnya akses jalan, membuat kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dasar, seperti makanan, minuman, obat-obatan dan layanan lain. Distribusi bantuan juga mengalami kesulitan," ucap Susanto. (det/jos)

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Rakor Dalam Rangka Pecahkan MURI Tari Gemu Famire
Atraksi Kolone Senapan TNI Polri Demak Yang Memukau
Polres Demak Gelar Upacara Di HUT Bhayangkara Ke-72
Forkopimda Demak Larut Dalam Goyang Nasi Padang Di HUT Ke-72 Bhayangkara
Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak Berlangsung Meriah
Bupati Demak Cek Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak
Wujud Sinergitas Dan Soliditas Kedua Abdi Negara Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Kapolri Ajak Nobar Film 22 Menit
TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 Kodim 0716/Demak Resmi Dibuka
Awali Pengecoran, Kapolres Demak Dukung TMMD Di Desa Kebonsari
Warga Desa Kebonsari Girang Lantaran Dijadikan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II
Luar Biasa Antusias Warga Kebonsari Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Ada Kebanggaan Tersendiri Bagi Ibu-Ibu Dalam TMMD Di Demak
TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 Kodim 0716/Demak Hadirkan Pemerataan Pembangunan
Babinsa Kodim 0716/Demak Ikuti Sosialisasi Pendampingan Ber-KB
Eratkan Sinergitas, Danramil Hadiri Halal Bihalal
Satgas TMMD Sky II Dan Rakyat Guyub Rukun Tanpa Ada Batas
Kokohnya Kebersamaan TNI Dan Polri Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Pemenang Pilgub Jabar
Hibah Joint Curriculum Tingkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi
Tadarus Puisi Di Balai Budaya Rejosari
Pasi Log Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Kirab Pemuda Nasional
Dandim 0716/Demak Bersama LBB Dan Petani Ruwit Sarapan Bareng Di Sawah
Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK
Dandim 0716/Demak Pimpin Korp Raport Dan Sertijab Danramil Di Jajaran Kodim 0716/Demak
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.273.813 Since: 07.04.14 | 0.6524 sec