YouTube Facebook Twitter RSS
12 Dec 2018, 0

Hukum

Kementerian Perhubungan Sanksi Tegas Pilot Lion Air Konsumsi Narkoba

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan sanksi tegas terhadap pilot Lion Air yang kedapatan mengonsumsi narkoba. "Saya prihatin akan kejadian itu, tentunya kita akan lakukan tindakan tegas," kata Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (5/12/2017).

Pilot Lion Air dengan inisial MS (49 tahun) pada Senin (4/12/2017) malam diperiksa dan diduga sedang menggunakan narkoba saat dilakukan penggeledahan di kamar hotel tempat menginapnya di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Humas Lion Air Ramaditya Handoko mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian yang terus melakukan pemberantasan pengedaran dan penggunaan narkoba. "Kami sangat mendukung termasuk pemberantasan penggunaan di kalangan awak pesawat," katanya.

Dia mengatakan, manajemen Lion Air telah mengecek kesehatan setiap awak pesawat setiap pagi pada penerbangan perdana mereka sesuai ketentuan.

Khusus untuk pilot juga dilakukan tes kesehatan setiap enam bulan.

Penerbang yang diduga tersebut adalah pilot senior yang telah bekerja di Lion Air sejak tahun 2014 dan mempunyai catatan kesehatan, serta sikap dan perilaku yang baik.

"Jika yang bersangkutan terbukti sebagai pengguna maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perusahaan termasuk pemberhentian sebagai pegawai," katanya.

MS dan kru Lion Air diciduk anggota Satnarkoba Polres Kupang Kota di kamar 205, Senin pukul 21.00 WITA. Diduga keduanya memakai Narkoba jenis shabu-shabu. Saat ditangkap polisi mengamankan barang bukti shabu-shabu seberat 0,3 gram. Setelah diamankan, MS dan kru Lion Air digelandang ke MaPolres Kupang Kota.

Laporan Kepolisian, yakni pada Senin (4/12/2017) pukul 21.10 WITA bertempat di Hotel T-More Kupang kamar nomor 205, Jl. Piet A. Tallo, Oesapa Selatan, Klp. Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah terjadi pengerebekan/pengeledahan terhadap Maesa S. pekerjaan kapten pilot Lion Air dengan Nomor ID : 140031 sebagai penguna/pemakai narkoba jenis sabu-Sabu yang dipimpin oleh WaKapolresta Kota Kupang.

Pria kelahiran RT005/RW009 Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Areng, Tangerang, Provinsi Banten ini merupakan pilot senior.

Barang bukti yang diperoleh dari kamar 205, narkoba jenis sabu-sabu, bong atau alat hisap sabu-sabu, dua korek gas sebagai alat pembakar dan satu botol minuman beralkohol jenis whisky (black label).

Pada pukul 00.15 WITA kegiatan pengrebekan dan pengeledahan selesai kemudian pukul 00. 20 WITA, Maesa S. beserta kru Lion air dibawa Ke Polresta Kota Kupang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapten pilot Maesa S. dan kru yang semula akan menerbangkan pesawat Lion Air pada Selasa (5/12/2017) dengan tujuan Surabaya harus digantikan karena masih menjalankan pemeriksaan di Polresta Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota, AKBP Anton Cristian Nugroho, S.H., M.Hum. akan menggelar jumpa pers menjelaskan kasus penangkapan pilot Lion Air, Selasa (5/12/2017) sore. (ant/tri)

See Also

KPK Tetapkan Mantan Pejabat Kemendagri Tersangka Korupsi 2 Gedung IPDN
KPK Pelajari Pengajuan JC Budi Mulya
Kemendes Didorong Bentuk Sekretariat Bersama Penanganan Masalah Dana Desa
Kapolri Kukuhkan Polda DIY Jadi Tipe A
KPK Periksa Petinggi Anak Usaha PT. PLN (Persero)
KPK Periksa Corporate Communication PT. PLN (Persero)
KPK Dalami Rekaman Percakapan Idrus Marham Dan Eni Maulani Saragih
Mabes Polri Selidiki Motif Penyerangan Polsek Metro Penjaringan
Sidang Lanjutan Julius Lobiua Mendengarkan 2 Keterangan Ahli
KPK Tahan Wakil Ketua DPR RI
KPK Usut Penggunaan Uang Korupsi Bupati Lampung Selatan
Kasus TPPU Bupati Lampung Selatan, KPK Sita 16 Bidang Tanah
Kronologi OTT DPRD Kalimantan Tengah
KPK OTT Anggota DPRD Kalteng
Bupati Cirebon Setelah Diperiksa Ditahan KPK
KPK Tetapkan Bupati Cirebon Tersangka
KPK Tangkap Bupati Cirebon
KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Lampung Selatan Nonaktif
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 506 Gram Narkoba
Polisi Limpahkan Berkas Perkara Mantan Wali Kota Depok Ke Kejaksaan
Rekayasa Lalin Di KPU Saat Pengundian Nomor Urut Capres Cawapres
KPK Perpanjang Masa Penahanan Idrus Marham
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.079.154 Since: 07.04.14 | 0.4138 sec