YouTube Facebook Twitter RSS
17 Feb 2019, 0

Hukum

Kementerian Perhubungan Sanksi Tegas Pilot Lion Air Konsumsi Narkoba

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan sanksi tegas terhadap pilot Lion Air yang kedapatan mengonsumsi narkoba. "Saya prihatin akan kejadian itu, tentunya kita akan lakukan tindakan tegas," kata Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (5/12/2017).

Pilot Lion Air dengan inisial MS (49 tahun) pada Senin (4/12/2017) malam diperiksa dan diduga sedang menggunakan narkoba saat dilakukan penggeledahan di kamar hotel tempat menginapnya di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Humas Lion Air Ramaditya Handoko mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian yang terus melakukan pemberantasan pengedaran dan penggunaan narkoba. "Kami sangat mendukung termasuk pemberantasan penggunaan di kalangan awak pesawat," katanya.

Dia mengatakan, manajemen Lion Air telah mengecek kesehatan setiap awak pesawat setiap pagi pada penerbangan perdana mereka sesuai ketentuan.

Khusus untuk pilot juga dilakukan tes kesehatan setiap enam bulan.

Penerbang yang diduga tersebut adalah pilot senior yang telah bekerja di Lion Air sejak tahun 2014 dan mempunyai catatan kesehatan, serta sikap dan perilaku yang baik.

"Jika yang bersangkutan terbukti sebagai pengguna maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perusahaan termasuk pemberhentian sebagai pegawai," katanya.

MS dan kru Lion Air diciduk anggota Satnarkoba Polres Kupang Kota di kamar 205, Senin pukul 21.00 WITA. Diduga keduanya memakai Narkoba jenis shabu-shabu. Saat ditangkap polisi mengamankan barang bukti shabu-shabu seberat 0,3 gram. Setelah diamankan, MS dan kru Lion Air digelandang ke MaPolres Kupang Kota.

Laporan Kepolisian, yakni pada Senin (4/12/2017) pukul 21.10 WITA bertempat di Hotel T-More Kupang kamar nomor 205, Jl. Piet A. Tallo, Oesapa Selatan, Klp. Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah terjadi pengerebekan/pengeledahan terhadap Maesa S. pekerjaan kapten pilot Lion Air dengan Nomor ID : 140031 sebagai penguna/pemakai narkoba jenis sabu-Sabu yang dipimpin oleh WaKapolresta Kota Kupang.

Pria kelahiran RT005/RW009 Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Areng, Tangerang, Provinsi Banten ini merupakan pilot senior.

Barang bukti yang diperoleh dari kamar 205, narkoba jenis sabu-sabu, bong atau alat hisap sabu-sabu, dua korek gas sebagai alat pembakar dan satu botol minuman beralkohol jenis whisky (black label).

Pada pukul 00.15 WITA kegiatan pengrebekan dan pengeledahan selesai kemudian pukul 00. 20 WITA, Maesa S. beserta kru Lion air dibawa Ke Polresta Kota Kupang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapten pilot Maesa S. dan kru yang semula akan menerbangkan pesawat Lion Air pada Selasa (5/12/2017) dengan tujuan Surabaya harus digantikan karena masih menjalankan pemeriksaan di Polresta Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota, AKBP Anton Cristian Nugroho, S.H., M.Hum. akan menggelar jumpa pers menjelaskan kasus penangkapan pilot Lion Air, Selasa (5/12/2017) sore. (ant/tri)

See Also

KPK Tetapkan Bupati Mesuji Sebagai Tersangka
Bupati Mesuji Ditangkap KPK
KPK Tahan Bupati Mesuji
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Milenial Road Safety Festival
Polda Metro Jaya Bekuk Guru Penyebar Hoax Surat Suara
PT. NKE Dihukum Denda Rp 85,49 Miliar
Polda Jatim Ingatkan VA Bisa Jadi Tersangka
KPK Tahan 2 Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara
Polda Jatim Sebut VA Terima 15 Kali Transfer Uang Dari Muncikari
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Usai Diperiksa Polda Jatim, VA Dan AS Minta Maaf
Polda Jatim Ringkus Muncikari Dua Artis Ibu Kota
Polda Jawa Timur Tetapkan 2 Tersangka Prostitusi Online Artis
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Polres Magelang Kota Dalami Motif Tersangka Perusakan Nisan
Perusak Nisan Di 4 TPU Kota Magelang Ditangkap
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Perusakan Nisan Di TPU Kota Magelang Masih Berlanjut
Polres Magelang Selidiki Perusakan Belasan Nisan Di Pemakaman Umum
Pembelian Alat Sekolah SMK Bernilai Ratusan Miliar Di Dinas Pendidikan Prov Jatim Perlu Diperiksa
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.404.310 Since: 07.04.14 | 0.6105 sec