YouTube Facebook Twitter RSS
23 Apr 2018, 0

Hukum

Kementerian Perhubungan Sanksi Tegas Pilot Lion Air Konsumsi Narkoba

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan sanksi tegas terhadap pilot Lion Air yang kedapatan mengonsumsi narkoba. "Saya prihatin akan kejadian itu, tentunya kita akan lakukan tindakan tegas," kata Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (5/12/2017).

Pilot Lion Air dengan inisial MS (49 tahun) pada Senin (4/12/2017) malam diperiksa dan diduga sedang menggunakan narkoba saat dilakukan penggeledahan di kamar hotel tempat menginapnya di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Humas Lion Air Ramaditya Handoko mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian yang terus melakukan pemberantasan pengedaran dan penggunaan narkoba. "Kami sangat mendukung termasuk pemberantasan penggunaan di kalangan awak pesawat," katanya.

Dia mengatakan, manajemen Lion Air telah mengecek kesehatan setiap awak pesawat setiap pagi pada penerbangan perdana mereka sesuai ketentuan.

Khusus untuk pilot juga dilakukan tes kesehatan setiap enam bulan.

Penerbang yang diduga tersebut adalah pilot senior yang telah bekerja di Lion Air sejak tahun 2014 dan mempunyai catatan kesehatan, serta sikap dan perilaku yang baik.

"Jika yang bersangkutan terbukti sebagai pengguna maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perusahaan termasuk pemberhentian sebagai pegawai," katanya.

MS dan kru Lion Air diciduk anggota Satnarkoba Polres Kupang Kota di kamar 205, Senin pukul 21.00 WITA. Diduga keduanya memakai Narkoba jenis shabu-shabu. Saat ditangkap polisi mengamankan barang bukti shabu-shabu seberat 0,3 gram. Setelah diamankan, MS dan kru Lion Air digelandang ke MaPolres Kupang Kota.

Laporan Kepolisian, yakni pada Senin (4/12/2017) pukul 21.10 WITA bertempat di Hotel T-More Kupang kamar nomor 205, Jl. Piet A. Tallo, Oesapa Selatan, Klp. Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah terjadi pengerebekan/pengeledahan terhadap Maesa S. pekerjaan kapten pilot Lion Air dengan Nomor ID : 140031 sebagai penguna/pemakai narkoba jenis sabu-Sabu yang dipimpin oleh WaKapolresta Kota Kupang.

Pria kelahiran RT005/RW009 Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Areng, Tangerang, Provinsi Banten ini merupakan pilot senior.

Barang bukti yang diperoleh dari kamar 205, narkoba jenis sabu-sabu, bong atau alat hisap sabu-sabu, dua korek gas sebagai alat pembakar dan satu botol minuman beralkohol jenis whisky (black label).

Pada pukul 00.15 WITA kegiatan pengrebekan dan pengeledahan selesai kemudian pukul 00. 20 WITA, Maesa S. beserta kru Lion air dibawa Ke Polresta Kota Kupang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapten pilot Maesa S. dan kru yang semula akan menerbangkan pesawat Lion Air pada Selasa (5/12/2017) dengan tujuan Surabaya harus digantikan karena masih menjalankan pemeriksaan di Polresta Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota, AKBP Anton Cristian Nugroho, S.H., M.Hum. akan menggelar jumpa pers menjelaskan kasus penangkapan pilot Lion Air, Selasa (5/12/2017) sore. (ant/tri)

See Also

Mabes Polri Sebut Operasi Keselamatan Lalulintas Berhasil
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
Dokter Bimanesh Sutarjo Bantah Kesaksian Kepala IGD RS Permata Hijau
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Ketua RT Yang Telanjangi Dua Sejoli Dituntut 7 Tahun Penjara
KPK Geledah Rumah Wali Kota Malang
Peran Pelaku Skimming ATM Bank
Cara Sindikat Skimming ATM Bank Jalankan Aksinya
Pembobol Skimming ATM Bank Sudah Bobol 64 Bank Di Dunia
Polda Metro Jaya Bekuk 5 Pembobol Skimming ATM Bank
BNN Sita Sabu 51.4 Kg Dari Bandar Narkoba Di Ancol
BNN Telusuri TPPU Bandar Sabu 51,4 Kg
JD Resmi Jadi Penghuni Rutan
BNN Sergap 3 Bandar Narkoba Di Ancol
Hakim Senior Terjaring OTT Rp 30 Juta
Polres Kudus Ciduk 5 Orang Pengedar Uang Palsu
KPK Jerat Cagub Maluku Utara
KPK Periksa Isteri Bos PT. MRA
Hacker Surabaya Black Hat Telah Retas 600 Situs
Kapolri Pastikan Kapolsek Selingkuhi Isteri Bawahan Dicopot
KPU Akan Gelar Pleno Bahas Putusan Bawaslu
PBB Tunggu Sikap KPU Untuk Banding Putusan Bawaslu
PBNU Desak Presiden Joko Widodo Beri Grasi Untuk KH Nur Aziz
Kapolri Takut Pidatonya Dipelintir Dan Diviralkan
Kapolri Sebut Isu Ulama Di Medsos Ada 3 Yang Benar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.800.135 Since: 07.04.14 | 0.6638 sec