YouTube Facebook Twitter RSS
19 Feb 2018, 0

Hukum

Kementerian Perhubungan Sanksi Tegas Pilot Lion Air Konsumsi Narkoba

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan sanksi tegas terhadap pilot Lion Air yang kedapatan mengonsumsi narkoba. "Saya prihatin akan kejadian itu, tentunya kita akan lakukan tindakan tegas," kata Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (5/12/2017).

Pilot Lion Air dengan inisial MS (49 tahun) pada Senin (4/12/2017) malam diperiksa dan diduga sedang menggunakan narkoba saat dilakukan penggeledahan di kamar hotel tempat menginapnya di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Humas Lion Air Ramaditya Handoko mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian yang terus melakukan pemberantasan pengedaran dan penggunaan narkoba. "Kami sangat mendukung termasuk pemberantasan penggunaan di kalangan awak pesawat," katanya.

Dia mengatakan, manajemen Lion Air telah mengecek kesehatan setiap awak pesawat setiap pagi pada penerbangan perdana mereka sesuai ketentuan.

Khusus untuk pilot juga dilakukan tes kesehatan setiap enam bulan.

Penerbang yang diduga tersebut adalah pilot senior yang telah bekerja di Lion Air sejak tahun 2014 dan mempunyai catatan kesehatan, serta sikap dan perilaku yang baik.

"Jika yang bersangkutan terbukti sebagai pengguna maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perusahaan termasuk pemberhentian sebagai pegawai," katanya.

MS dan kru Lion Air diciduk anggota Satnarkoba Polres Kupang Kota di kamar 205, Senin pukul 21.00 WITA. Diduga keduanya memakai Narkoba jenis shabu-shabu. Saat ditangkap polisi mengamankan barang bukti shabu-shabu seberat 0,3 gram. Setelah diamankan, MS dan kru Lion Air digelandang ke MaPolres Kupang Kota.

Laporan Kepolisian, yakni pada Senin (4/12/2017) pukul 21.10 WITA bertempat di Hotel T-More Kupang kamar nomor 205, Jl. Piet A. Tallo, Oesapa Selatan, Klp. Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah terjadi pengerebekan/pengeledahan terhadap Maesa S. pekerjaan kapten pilot Lion Air dengan Nomor ID : 140031 sebagai penguna/pemakai narkoba jenis sabu-Sabu yang dipimpin oleh WaKapolresta Kota Kupang.

Pria kelahiran RT005/RW009 Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Areng, Tangerang, Provinsi Banten ini merupakan pilot senior.

Barang bukti yang diperoleh dari kamar 205, narkoba jenis sabu-sabu, bong atau alat hisap sabu-sabu, dua korek gas sebagai alat pembakar dan satu botol minuman beralkohol jenis whisky (black label).

Pada pukul 00.15 WITA kegiatan pengrebekan dan pengeledahan selesai kemudian pukul 00. 20 WITA, Maesa S. beserta kru Lion air dibawa Ke Polresta Kota Kupang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapten pilot Maesa S. dan kru yang semula akan menerbangkan pesawat Lion Air pada Selasa (5/12/2017) dengan tujuan Surabaya harus digantikan karena masih menjalankan pemeriksaan di Polresta Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota, AKBP Anton Cristian Nugroho, S.H., M.Hum. akan menggelar jumpa pers menjelaskan kasus penangkapan pilot Lion Air, Selasa (5/12/2017) sore. (ant/tri)

See Also

KPK OTT Di Subang
Gunakan Narkoba, Fachri Albar Dicokok Polres Metro Jakarta Selatan
Penyuluhan Hukum Dari Kumdam IV/Diponegoro
Bupati Halmahera Timur Bantah Terima Suap
KPK Tahan Pengusaha Pemberi Suap Bupati Ngada
Sopir Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Maut Di Tanjakan Emen
KPK Tahan Bupati Halmahera Timur
KPK Tetapkan Bupati Halmahera Timur Sebagai Tersangka Suap
Dokter Bimanesh Sutarjo Diperiksa KPK
Polri Sebut Penyelidikan Ambruknya Selasar Tower II BEI Selesai
Polri Optimistis Pilkada Serentak 2018 Aman
39 Calon Kepala Daerah Tak Laporkan Hartanya Ke KPK
Satgas Nusantara Polri Dinginkan Pilkada Serentak 2018
Polisi Dalami Kasus Ambruknya Selasar BEI
Kapolres Karawang Instruksikan Tembak Mati Penjahat Jalanan
Kronologi Ambruknya Balkon Gedung Bursa Efek Indonesia Versi Polisi
Polres Metro Jakarta Barat Bentuk Satgasus Usut Kasus Mandek Di Tahun 2017
Polda Metro Jaya Buru Pemasok Narkoba Untuk Tio Pakusadewo
Ayah Korban Paedofil Jadi Tersangka Pengeroyok
Andi Narogong Divonis 8 Tahun Penjara
Koordinator Laboratorium Sabu Likuid Diskotek MG Club International Menyerahkan Diri
Pelaku Percobaan Penculikan Bocah Di ITC Kuningan Menyerahkan Diri
Siswa Korban Pengeroyokan Teman Sekelas Alami Trauma
KPK Rencanakan Panggil Kembali Dua Anak Setya Novanto
Berkas First Travel Dilimpahkan Ke Kejari Depok
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.385.153 Since: 07.04.14 | 0.7354 sec