YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2017, 0

Ekonomi

Menteri Kelautan Dan Perikanan Inginkan Kenaikan Gaji Pegawai KKP

siarjustisia.com-JAKARTA.

Menteri Kelautan dan Perikanan DR. (HC) Susi Pudjiastuti menginginkan gaji pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) naik karena kementerian yang dipimpin lembaganya dinilai telah mengembalikan banyak uang negara.

"Saya melihat selama jadi menteri di KKP, gaji pegawai sangat rendah," kata Susi Pudjiastuti dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Internasional di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gedung Mina Bahari I, Jl. Medan Merdeka Timur No.16, RT07/RW01, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Padahal, terang Susi Pudjiastuti, pihaknya telah melakukan efisiensi sehingga membuat negara dapat menghemat triliunan rupiah, yang seharusnya mendapatkan sebuah "reward" untuk itu.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga menyatakan tidak gembira dengan memotong anggaran sedemikian besar, tetapi hal tersebut dinilai penting antara lain untuk mengatasi defisit anggaran negara.

Dia menyatakan, dalam salah satu upaya "Susinisasi", dia juga berkeinginan untuk menaikkan gaji pegawai negeri sipil di KKP.

"Susinisasi" merupakan istilah yang berarti upaya efisiensi anggaran yang dilakukan di dalam lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Terkait antikorupsi, ia menegaskan bahwa KKP telah memiliki komitmen yang jelas dalam memberantas korupsi di sektor kelautan dan perikanan, yang dinilai juga berdampak kepada nilai ekspor Indonesia dalam sektor tersebut yang masih kalah oleh sejumlah negara ASEAN.

Upaya perbaikan yang dilakukan KKP terkait dengan mengatasi praktik KKN, antara lain dengan membentuk Satgas 115 guna memberantas pencurian ikan ilegal, diplomasi dengan sejumlah duta besar, penenggelaman kapal, serta penegakan atap untuk menangani kejahatan di laut.

Selain itu, juga telah dilakukan upaya percepatan reformasi biroktasi termasuk di dalamnya pemberian akses kepada publik untuk ikut mengawasi anggaran dan bantuan pemerintah, serta perbaikan sistem perizinan satu pintu agar mudah dikontrol.

Kemudian, pengukuran ulang kapal untuk menghindari mark down, pembukaan gerai perizinan, pemanfaatan sistem whistleblowing dan kerja sama Global Fishing Watch.

Dalam peringatan Hari Anti Korupsi Internasional kali ini, KKP mengambil tema bertajuk "Ayo Kita Berantas Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat Kelautan dan Perikanan yang Sejahtera".

Selain itu, dalam agenda puncak peringatan Hari Anti Korupsi Internasional itu juga diikuti antara lain dengan diskusi panel, pengukuhan agen perubahan, serta penandatanganan komitmen integirtas oleh pejabat eselon I KKP. (ant)

See Also

Harga Minyak Dunia Turun
Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Per 8 Desember 2017
KPH Harus Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Indeks Hang Seng HongKong Turun
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
Pasi Ter Kodim 0721/Blora Monitoring Rastra
Opel Automobile GmbH Kembali Merugi
PLTU Jawa 4 Telan Investasi 4,2 Miliar Dolar AS
Pedagang Beras Menjual Di Atas HET Dicabut Ijin
Kodim 0721/Blora Gelar Rakor Pengendalian Harga Pangan
Peduli Warga, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Bantu Panen Jagung
Dolar AS Melemah
Petani Wilayah Kodim 0721/Blora Makmur
Babinsa Berikan Motivasi Petani
jQuery Slider

Comments

Archives :2017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.006.180 Since: 07.04.14 | 0.64 sec