YouTube Facebook Twitter RSS
19 Jan 2018, 0

Nusantara

Presiden Joko Widodo Anugerahkan Satyalancana Kepada Pendonor 100 Kali

Sunday, 17 December 2017 | View : 22

siarjustisia.com-BOGOR.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada para donor darah Sukarela 100 kali di Istana Bogor, Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Minggu (17/12/2017).

"Pertama saya ingin ucapkan terima kasih kepada para pendonor darah yang telah secara sukarela menyumbangkan darahnya sampai lebih dari 100 kali," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan acara penganugerahan Tanda Kehormatana Satyalancana Kebaktian Sosial kepada para donor Darah sukarela 100 kali tahun 2017 yang diselenggarakan di Ruang Garuda Istana Bogor.

Menurut Kepala Negara Jokowi, para pedonor ini pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan karena seorang pendonor darah bisa sampai 100 kali menyumbangkan darahnya, sehingga berarti sudah melakukannya selama minimal 25 tahun.

"Ini sebuah jangka waktu yang sangat panjang, dan sudah menyumbangkan sedikitnya 30 liter darah yang dapat diartikan bapak ibu masing-masing sudah menyelamatkan lebih dari 150 nyawa manusia. Tentu nyawa-nyawa manusia yang bapak ibu sudah selamatkan jauh lebih penting daripada penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial ini," kata Presiden Joko Widodo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo (Jokowi) berharap pengabdian kemanusiaan para pendonor 100 kali ini menjadi sumber motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama dalam melakukan berbagai bentuk aksi kemanusiaan yang lainnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini juga mengatakan ketersediaan kantong-kantong darah dan bantuan kemanusiaan menjadi makin penting di saat saudara-saudara sebangsa dan setanah air ada yang sedang menghadapi bencana.

"Kita tahu bahwa Indonesia berada di lingkaran api Pasifik yang rawan bencana. Tapi bukan berarti kita kemudian pasrah melainkan kita harus siap menghadapi segala kemungkinan, harus semakin siap menyelamatkan sebanyak mungkin manusia dalam kondisi bencana. Di sini kita dipanggil untuk maju memenuhi panggilan kemanusiaan dan kerelaan untuk membantu dengan berbagai cara, seperti yang tekah dilakukan oleh pahlawan kemanusiaan pendonor darah," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan terima kasih kepada setiap anggota PMI yang terus-menerus hadir di setiap wilayah yang membutuhkan, baik dalam kondisi bencana maupun saat ada rakyat Indonesia yang membutuhkan darah untuk diselamatkan nyawanya.

"Saya berharap nilai-nilai kemanusiaan yang telah ditunjukkan oleh PMI dan para pendonor darah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian setiap insan Indonesia. Kita membutuhkan kepribadian yang manusiawi yang mau turun tangan membantu sesama yang selalu peduli dengan orang lain," katanya.

Untuk itu, Presiden minta PMI terus menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan ini di seluruh pelosok Tanah Air. 

"Teruskan keberhasilan program donor darah di Indonesia, terus ingatkan orang bahwa setetes darah mengandung kehidupan yang dapat menyelamatkan nyawa seorang manusia," pungkas Joko Widodo (Jokowi).

Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial ini diberikan 897 orang pendonor yang sudah 100 kali menyumbangkan darahnya.

Hadir dalam penyerahan penghargaan ini diantaranya Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang didampingi istrinya, Mufidah Kalla serta Wakil Ketua Umum PMI Marsekal Madya TNI (Purn.) Prof. Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita. (ant)

See Also

Puncaki Festival Maulid Dengan UMK Bersholawat
Tingkatkan Motivasi Prajurit, Dandim 0716/Demak Berikan Jam Komandan
Presiden Joko Widodo Lantik Empat Pejabat Baru
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Wisuda Purna Tugas Dan Pindah Satuan
Arisan Persit Kodim 0716/Demak Dapat Sosialisasi Dari Bio Alpha
Dandim 0716/Demak Tegaskan Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama
Kunker Pangdam IV/Diponegoro Di MaKodim 0716/Demak
Dekan FEB Sebut UMK Dapat Berkah Dua Wali
Pangkalan Kodim 0716/Demak Harus Bersih Dan Rapi
Ardhi Prabowo Paparkan Ragam Strategi Pembelajaran Di UMK
Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka
Koramil 04/Dempet Tanam Refugia Bersama Masyarakat
Sambil Lesehan, Dandim 0716/Demak Berdialog Dengan Masyarakat Desa Mijen
Jajaran Aparat Keamanan Demak Persiapkan Diri Hadapi Pilkada Serentak 2018
Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya
Lingkungan Yang Sehat Idaman Prajurit Kodim 0716/Demak
Koramil 09/Karang Tengah Siap Geruduk Rumah Nenek Kalsum
Kuliah Umum Prodi Matematika UMK
Dandim 0716/Demak Menyongsong Pergantian Tahun Bersama Forkopimda Lakukan Doa Bersama
Pasi Ops Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Dalam Rangka Pengamanan Tahun Baru 2018
Babinsa Koramil 02/Bonang Dampingi Warga Panen Ikan Nila
Danramil 09/Karangtengah Hadiri Dzikro Maulidin Nabi Muhammad SAW
Mahasiswa UMK Dibekali Skill Kepemimpinan Dan Komunikasi
Charly Setia Band Ajukan Diri Jadi CaWaGub Jawa Barat Ke PKB
Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Bandara Internasional Supadio
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.210.626 Since: 07.04.14 | 0.7047 sec