YouTube Facebook Twitter RSS
20 Jun 2018, 0

Nusantara

Presiden Joko Widodo Anugerahkan Satyalancana Kepada Pendonor 100 Kali

Sunday, 17 December 2017 | View : 83

siarjustisia.com-BOGOR.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada para donor darah Sukarela 100 kali di Istana Bogor, Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Minggu (17/12/2017).

"Pertama saya ingin ucapkan terima kasih kepada para pendonor darah yang telah secara sukarela menyumbangkan darahnya sampai lebih dari 100 kali," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan acara penganugerahan Tanda Kehormatana Satyalancana Kebaktian Sosial kepada para donor Darah sukarela 100 kali tahun 2017 yang diselenggarakan di Ruang Garuda Istana Bogor.

Menurut Kepala Negara Jokowi, para pedonor ini pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan karena seorang pendonor darah bisa sampai 100 kali menyumbangkan darahnya, sehingga berarti sudah melakukannya selama minimal 25 tahun.

"Ini sebuah jangka waktu yang sangat panjang, dan sudah menyumbangkan sedikitnya 30 liter darah yang dapat diartikan bapak ibu masing-masing sudah menyelamatkan lebih dari 150 nyawa manusia. Tentu nyawa-nyawa manusia yang bapak ibu sudah selamatkan jauh lebih penting daripada penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial ini," kata Presiden Joko Widodo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo (Jokowi) berharap pengabdian kemanusiaan para pendonor 100 kali ini menjadi sumber motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama dalam melakukan berbagai bentuk aksi kemanusiaan yang lainnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini juga mengatakan ketersediaan kantong-kantong darah dan bantuan kemanusiaan menjadi makin penting di saat saudara-saudara sebangsa dan setanah air ada yang sedang menghadapi bencana.

"Kita tahu bahwa Indonesia berada di lingkaran api Pasifik yang rawan bencana. Tapi bukan berarti kita kemudian pasrah melainkan kita harus siap menghadapi segala kemungkinan, harus semakin siap menyelamatkan sebanyak mungkin manusia dalam kondisi bencana. Di sini kita dipanggil untuk maju memenuhi panggilan kemanusiaan dan kerelaan untuk membantu dengan berbagai cara, seperti yang tekah dilakukan oleh pahlawan kemanusiaan pendonor darah," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan terima kasih kepada setiap anggota PMI yang terus-menerus hadir di setiap wilayah yang membutuhkan, baik dalam kondisi bencana maupun saat ada rakyat Indonesia yang membutuhkan darah untuk diselamatkan nyawanya.

"Saya berharap nilai-nilai kemanusiaan yang telah ditunjukkan oleh PMI dan para pendonor darah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian setiap insan Indonesia. Kita membutuhkan kepribadian yang manusiawi yang mau turun tangan membantu sesama yang selalu peduli dengan orang lain," katanya.

Untuk itu, Presiden minta PMI terus menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan ini di seluruh pelosok Tanah Air. 

"Teruskan keberhasilan program donor darah di Indonesia, terus ingatkan orang bahwa setetes darah mengandung kehidupan yang dapat menyelamatkan nyawa seorang manusia," pungkas Joko Widodo (Jokowi).

Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial ini diberikan 897 orang pendonor yang sudah 100 kali menyumbangkan darahnya.

Hadir dalam penyerahan penghargaan ini diantaranya Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang didampingi istrinya, Mufidah Kalla serta Wakil Ketua Umum PMI Marsekal Madya TNI (Purn.) Prof. Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita. (ant)

See Also

Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehar-hari
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Anjangsana Tidak Mengenal Usia, Koramil 09/Karang Tengah Datangi Nenek Yatmi
Menristekdikti Sempatkan Kunjungi Museum Jenang Di Kudus
Naik Tajam, Pendampingan PKM Akan Kian Ditingkatkan
Jamban Sehat Bagi Warga Binaan Koramil 08/Karanganyar
Apel Bersama TNI, Polres, GP Ansor, Dan Banser Demak Wujudkan Wilayah Kondusif
GP Ansor Jalin Sinergitas Dengan TNI Dan Polres Demak
Mahad Aly TBS Praktik Jam Matahari Di Menara Kudus
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Warga Brakas Dapat Kado Jamban Dari Koramil 04/Dempet
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.157.341 Since: 07.04.14 | 0.5881 sec