YouTube Facebook Twitter RSS
20 Jan 2018, 0

Nusantara

Alasan Partai Golkar Cabut Dukungan Untuk Ridwan Kamil

Monday, 18 December 2017 | View : 146

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Golongan Karya (Golkar) mencabut dukungan untuk H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Ketua Bappilu Golkar Jawa Barat M. Q. Iswara mengungkap alasan pencabutan dukungan itu.

"Kami terima (informasi tersebut) dari Wasekjen Golkar, Ibu Ratu Diah. Alasannya eksplisit, karena sampai tanggal 25 tidak ada komunikasi dari Bapak Ridwan Kamil dengan DPD Golkar," kata M. Q. Iswara dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jl. Jenderal Gatot Subroto, RT01/RW03, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Namun menurut M. Q. Iswara, DPP Golkar lebih paham mengenai alasan pastinya. Dia enggan menjabarkan lebih jauh soal alasan pencabutan dukungan.

Dalam surat tersebut tertulis juga bahwa DPP Golkar Jabar telah menindaklanjuti keputusan DPP Partai Golkar tentang pengesahan pasangan calon kepala daerah Provinsi Jawa Barat di poin pertama, dengan mengirimkan surat kepada Ridwan Kamil untuk segera menetapkan pasangan calon wakilnya dalam Pilkada Provinsi Jawa Barat, yaitu Daniel Mutaqien dengan batas waktu 25 November 2017.

"Namun, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 25 November 2017 (bahkan sampai dengan saat ini), Sdr M Ridwan Kamil belum memutuskan calon wakil kepala daerah sebagaimana surat nomor: R-485/Golkar/X/2017, maka dalam rangka menjaga kehormatan dan marwah partai serta kepentingan Partai Golkar, DPP Partai Golkar memutuskan untuk mencabut dan menyatakan tidak berlaku surat DPP Partai Golkar nomor R-485/Golkar/X/2017 tertanggal 24 Oktober 2017," tulis surat tersebut.

Atas keputusan tersebut, DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat diminta menyampaikan pencabutan dukungan kepada Ridwan Kamil, Daniel Muttaqien dan pihak-pihak terkait.

Diwawancara terpisah, WaSekjen Golkar Ratu Diah Hatifah mengatakan pencabutan dukungan terhadap Ridwan Kamil tersebut dilakukan atas berbagai pertimbangan. Ridwan Kamil dinilai tidak menjalankan amanah yang diberikan Golkar dengan baik.

"Persoalan komunikasi politik sampai sejauh ini tidak lancar, kita kan partai besar itu yang harus dipahami secara psikis," kata Ratu Diah Hatifah saat dihubungi via telepon genggam.

Ia menuturkan pertimbangan lainnya Ridwan Kamil akan melaksanakan konvensi untuk menentukan pendampingnya. Hal itu membuat Golkar khawatir dengan kadernya, Daniel Muttaqien Syafiuddin, tidak terakomodir.

"Dikhawatirkan ketika tetap Daniel didorong tapi kita tidak diberikan kesempatan berarti marwah partai menjadi bahan pertanyaan kawan-kawan di bawah," tutur dia.

Selain itu, tambah dia, penunjukan Ridwan Kamil juga masih menjadi polemik di akar rumput partai Golkar. Kader-kader di daerah hingga saat ini terus meminta DPP Golkar mencabut dukungan terhadap Wali Kota Bandung tersebut.

"Penolakan-penolakan di akar rumput juga jadi pertimbangan kami," kata Ratu Diah Hatifah.

Sementara itu, diwawancarai secara terpisah, WaSekjen Golkar, Muhammad Sarmuji, membenarkan isi surat tersebut. "Alasannya yang ada di surat itu. Kalau alasan yang lain saya enggak tau. Yang lain di surat itu saya enggak tahu," katanya saat dikonfirmasi awak media.

Meski begitu, sambung dia, siapa pengganti Ridwan Kamil untuk diusung Golkar maju sebagai calon Gubernur (CaGub) Jawa barat belum diputuskan. Termasuk mengusung Ketua DPD I Jawa Barat H. Dedi Mulyadi, S.H. yang telah lama digadang-gadang maju dalam Pilkada Jabar 2018.

"Sekarang sih belum kita putuskan. Kita masih lihat perkembangannya. Belum kita putuskan. Memutuskannya kan masih harus diputuskan dalam rapat," Muhammad Sarmuji memungkasi. (lip/jos/det)

See Also

Ketua Umum PB NU Buka Munas Mahasiswa NU
Kodim 0716/Demak Dapat Pencerahan Dari Bintaldam IV/Diponegoro
Puncaki Festival Maulid Dengan UMK Bersholawat
Mobil Unik Bermuka Dua Ditilang Polisi Di Bandung
Presiden Joko Widodo Melantik Moeldoko Sebagai Kepala Staf Kepresidenan
Tingkatkan Motivasi Prajurit, Dandim 0716/Demak Berikan Jam Komandan
Presiden Joko Widodo Lantik Empat Pejabat Baru
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Wisuda Purna Tugas Dan Pindah Satuan
Arisan Persit Kodim 0716/Demak Dapat Sosialisasi Dari Bio Alpha
Dandim 0716/Demak Tegaskan Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama
Kunker Pangdam IV/Diponegoro Di MaKodim 0716/Demak
Dekan FEB Sebut UMK Dapat Berkah Dua Wali
Pangkalan Kodim 0716/Demak Harus Bersih Dan Rapi
Ardhi Prabowo Paparkan Ragam Strategi Pembelajaran Di UMK
Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka
Koramil 04/Dempet Tanam Refugia Bersama Masyarakat
Sambil Lesehan, Dandim 0716/Demak Berdialog Dengan Masyarakat Desa Mijen
Jajaran Aparat Keamanan Demak Persiapkan Diri Hadapi Pilkada Serentak 2018
Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya
Lingkungan Yang Sehat Idaman Prajurit Kodim 0716/Demak
Koramil 09/Karang Tengah Siap Geruduk Rumah Nenek Kalsum
Kuliah Umum Prodi Matematika UMK
Dandim 0716/Demak Menyongsong Pergantian Tahun Bersama Forkopimda Lakukan Doa Bersama
Pasi Ops Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Dalam Rangka Pengamanan Tahun Baru 2018
Babinsa Koramil 02/Bonang Dampingi Warga Panen Ikan Nila
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.221.394 Since: 07.04.14 | 0.6788 sec