YouTube Facebook Twitter RSS
20 Apr 2018, 0

Nusantara

Alasan Partai Golkar Cabut Dukungan Untuk Ridwan Kamil

Monday, 18 December 2017 | View : 191

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Golongan Karya (Golkar) mencabut dukungan untuk H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Ketua Bappilu Golkar Jawa Barat M. Q. Iswara mengungkap alasan pencabutan dukungan itu.

"Kami terima (informasi tersebut) dari Wasekjen Golkar, Ibu Ratu Diah. Alasannya eksplisit, karena sampai tanggal 25 tidak ada komunikasi dari Bapak Ridwan Kamil dengan DPD Golkar," kata M. Q. Iswara dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jl. Jenderal Gatot Subroto, RT01/RW03, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Namun menurut M. Q. Iswara, DPP Golkar lebih paham mengenai alasan pastinya. Dia enggan menjabarkan lebih jauh soal alasan pencabutan dukungan.

Dalam surat tersebut tertulis juga bahwa DPP Golkar Jabar telah menindaklanjuti keputusan DPP Partai Golkar tentang pengesahan pasangan calon kepala daerah Provinsi Jawa Barat di poin pertama, dengan mengirimkan surat kepada Ridwan Kamil untuk segera menetapkan pasangan calon wakilnya dalam Pilkada Provinsi Jawa Barat, yaitu Daniel Mutaqien dengan batas waktu 25 November 2017.

"Namun, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 25 November 2017 (bahkan sampai dengan saat ini), Sdr M Ridwan Kamil belum memutuskan calon wakil kepala daerah sebagaimana surat nomor: R-485/Golkar/X/2017, maka dalam rangka menjaga kehormatan dan marwah partai serta kepentingan Partai Golkar, DPP Partai Golkar memutuskan untuk mencabut dan menyatakan tidak berlaku surat DPP Partai Golkar nomor R-485/Golkar/X/2017 tertanggal 24 Oktober 2017," tulis surat tersebut.

Atas keputusan tersebut, DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat diminta menyampaikan pencabutan dukungan kepada Ridwan Kamil, Daniel Muttaqien dan pihak-pihak terkait.

Diwawancara terpisah, WaSekjen Golkar Ratu Diah Hatifah mengatakan pencabutan dukungan terhadap Ridwan Kamil tersebut dilakukan atas berbagai pertimbangan. Ridwan Kamil dinilai tidak menjalankan amanah yang diberikan Golkar dengan baik.

"Persoalan komunikasi politik sampai sejauh ini tidak lancar, kita kan partai besar itu yang harus dipahami secara psikis," kata Ratu Diah Hatifah saat dihubungi via telepon genggam.

Ia menuturkan pertimbangan lainnya Ridwan Kamil akan melaksanakan konvensi untuk menentukan pendampingnya. Hal itu membuat Golkar khawatir dengan kadernya, Daniel Muttaqien Syafiuddin, tidak terakomodir.

"Dikhawatirkan ketika tetap Daniel didorong tapi kita tidak diberikan kesempatan berarti marwah partai menjadi bahan pertanyaan kawan-kawan di bawah," tutur dia.

Selain itu, tambah dia, penunjukan Ridwan Kamil juga masih menjadi polemik di akar rumput partai Golkar. Kader-kader di daerah hingga saat ini terus meminta DPP Golkar mencabut dukungan terhadap Wali Kota Bandung tersebut.

"Penolakan-penolakan di akar rumput juga jadi pertimbangan kami," kata Ratu Diah Hatifah.

Sementara itu, diwawancarai secara terpisah, WaSekjen Golkar, Muhammad Sarmuji, membenarkan isi surat tersebut. "Alasannya yang ada di surat itu. Kalau alasan yang lain saya enggak tau. Yang lain di surat itu saya enggak tahu," katanya saat dikonfirmasi awak media.

Meski begitu, sambung dia, siapa pengganti Ridwan Kamil untuk diusung Golkar maju sebagai calon Gubernur (CaGub) Jawa barat belum diputuskan. Termasuk mengusung Ketua DPD I Jawa Barat H. Dedi Mulyadi, S.H. yang telah lama digadang-gadang maju dalam Pilkada Jabar 2018.

"Sekarang sih belum kita putuskan. Kita masih lihat perkembangannya. Belum kita putuskan. Memutuskannya kan masih harus diputuskan dalam rapat," Muhammad Sarmuji memungkasi. (lip/jos/det)

See Also

Presiden Joko Widodo Terima Driver Ojek Online Di Istana
Babinsa 06/Wedung Dampingi Pembagian Kartu Penerima PKH
Patroli Bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas Wonosalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah
Peran Babinsa Dalam Menyambut Asa Menerangi Penglihatan Para Penderita Katarak
Apartemen Wesling Kedoya Terbakar
Ketua Umum PB NU Dan PP Muhammadiyah Yakin Indonesia Tak Bubar
Babinsa 04/Dempet Hadiri Sosialisasi Pembagian Lapak Pasar Wonopolo
Penjelasan Anggota DPRD DKI Jakarta Ngamuk Mobilnya Diderek Dishub
Babinsa 04/Dempet Sabar Dampingi Proses Baksos Operasi Katarak
Dandim 0716/Demak Hadiri Muscab Gapensi Ke-9
Prabowo Subianto Apresiasi Keinginan Rizieq Shihab Soal Koalisi Pilpres 2019
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Carilah Pembimbing Umroh Yang Baik Dan Benar-benar Paham
Bagi Mereka Sepiring Bertiga Itu Lebih Nikmat
Dandim 0716/Demak Hadiri Vicon Langsung Dari Mapolres Demak
Rakor Persiapan TMMD Sengkuyung I Wilayah Kodim 0716/Demak
Dandim 0716/Demak Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas
Kodim 0716/Demak Bersama Distan Kabupaten Demak Gelar Rakor Percepatan LTT
Wawasan Babinsa Kodim 0716/Demak Digembleng Lewat Latnister
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Bazar HUT Kabupaten Demak Ke-515
Dandim 0716/Demak Katakan Jadikan Kehormatan Dan Kebanggaan Prajurit MPP
Para Peneliti Kolaborasi Bikin Conferences.id
Alun-Alun Simpang Enam Demak Jadi Target Pembersihan Kodim 0716/Demak
Di Hari Ulang Tahunnya Ke-72, Persit Kodim 0716/Demak Gelar Tes IVA
Persit Cabang XXXVII Dim Demak Menerima Pengarahan Dari Danrem 073/Makutarama
jQuery Slider

Comments

  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.749.751 Since: 07.04.14 | 0.6157 sec