YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Penjelasan Bandar Udara Internasional Soetta Perihal Viral Parkir 2 Jam Bayar Rp 213 Ribu

Thursday, 21 December 2017 | View : 296

siarjustisia.com-JAKARTA.

Jagat media sosial (medsos) tengah ramai menggunjingkan tarif parkir di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Provinsi Banten.

Salah satu topik yang ramai diperbincangkan ialah jika pengguna jasa Bandar Udara Internasional Soetta tidak dapat menunjukan tiket parkirnya, karena harus bersiap terkena denda yang mencekik.

Foto karcis parkir di Bandara Soekarno-Hatta sempat viral karena pengendara yang parkir selama 2 jam harus membayar Rp 213.000.

PT. Angkasa Pura II (Persero) lalu memberi penjelasan.

Foto yang viral itu memperlihatkan karcis tertanggal 18 Desember 2017. Pemilik mobil B 1469 BRH masuk pada pukul 13.30 dan keluar pada pukul 16.22. Total si pemilik mobil menghabiskan waktu 2 jam 53 menit di parkiran.

Total biaya parkir yang harus dibayar pemilik mobil sebanyak Rp 213.000. Ada rincian di bawahnya yaitu tarif parkir sebesar Rp 13.000 dan denda tiket sebanyak Rp 200.000.

"Kalau tiket parkir hilang itu dendanya Rp. 200.000 untuk pengemudi mobil dan Rp. 100.000 bagi pengendara sepeda motor," ujar Branch Communication Manager Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho kepada awak media, Selasa (19/12/2017).

Menurutnya, hal itu juga sudah terpampang di balik tiket parkir yang diberikan kepada pengguna jasa Bandara. Karena itu ia mengimbau para pengendara agar lebih berhati-hati.

"Kalau hilang, pengguna jasa bandara bisa diantar untuk ke bagian IT pengelolaan parkir. Dilihat dari CCTV keberadaan tiketnya. Tapi kalau tidak ketemu juga, terpaksa memang harus dikenai sanksi," ucapnya.

Masalah ini juga sempat dialami pengguna jasa Bandara Soetta yang tidak bisa menunjukan karcis parkir. Ia bahkan sempat mengambil tiket tersebut di mesin yang sudah disediakan, namun tak kunjung keluar dan palang mesin terbuka.

Hanya saja ketika keluar dari Terminal 1 Bandar Udara Internasional Soetta, sang pengendara tidak dapat menunjukan tiket parkirnya dan harus membayar total Rp. 213.000.  Rinciannnya tarif Rp. 13.000 dan denda Rp. 200.000.

Foto viral itu diikuti dengan narasi bahwa ketika si pemilik mobil hendak masuk lokasi parkir bandara, dia memencet tombol tiket hingga 4 kali. Namun, tiket tidak keluar. Saat itu, palang parkir terbuka. Dia lalu melewati palang karena berasumsi tinggal membayar parkir dengan e-toll dan tiketnya tidak ditanyakan lagi.

Namun, si pemilik mobil ternyata tetap ditanya soal tiket parkir dan dia berdebat dengan petugas. Pada akhirnya, dia membayar denda Rp 200.000 serta biaya parkir.

Insiden tersebut sempat menjadi viral di media sosial. "Jika karcis tidak kunjung ke luar, bisa tekan tombol bantuan atau tanya ke petugas yang ada di sekitar," terang Dewandono Prasetyo Nugroho.

PT. Angkasa Pura II (Persero) yang menaungi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta lalu memberi penjelasan. Seperti dikutip dari akun Twitter @contactap2, PT. AP II (Persero) memaparkan kekeliruan yang terjadi.

"Dengan adanya kekeliruan dalam pembayaran parkir terhadap pengguna jasa yang menggunakan kendaraan bernomor polisi B 1469 BRH pada hari Senin tanggal 18 Desember Manajemen Bandara Soekarno-Hatta meminta maaf & bertanggung jawab atas adanya kerusakan mesin pencetak tiket parkir," demikian pernyataan dari PT. AP II (Persero).

PT. AP II (Persero) telah menelusuri CCTV saat mobil tersebut masuk dan keluar area parkir. Ternyata, karcis parkir tidak keluar karena tergulung di mesin.

"Dikarenakan tiket yang tercetak tergulung di dalam mesin, hal itu membuat penumpang tidak mendapatkan tiket, meski gate terbuka. Sehingga penumpang ketika akan keluar dikenai sanksi denda kehilangan tiket," jelasnya.

"Untuk menghindari hal serupa, kami akan melakukan perbaikan mesin yang rusak. Dalam hal ini kami juga bakal meninjau proses sarana dan prasarana serta besaran denda terkait sistem parkir di Bandara Soetta," paparnya. (det/tri/wk)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.176.213 Since: 07.04.14 | 0.6189 sec