YouTube Facebook Twitter RSS
22 Sep 2018, 0

Nusantara

Kodim 0716/Demak Dukung Demak Meraih Adipura

Friday, 22 December 2017 | View : 114

siarjustisia.com-DEMAK.

Kodim 0716/Demak mendukung Demak meraih Adipura bersama komponen masyarakat membersihkan Pantai Desa Sriwulan. Kodim 0716/Demak bersama seluruh komponen masyarakat melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sampah di Pantai Sriwulan yang terdampak banjir Rob, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan itu sebagai tanggung jawab sosial untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari menuju Demak meraih Adipura, Jum’at, (22/12/2017).

Selain bersih pantai, Kodim 0716/Demak di lokasi itu juga melakukan upacara memperingati Hari Ibu yang tepat jatuh pada tanggal 22 Desember.

Pemandangan di kawasan Pantai Sriwulan tidak seperti biasanya, hari ini banyak warga berkumpul baik muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan, mereka berbaur melakukan kerja bakti membersihkan sampah mikro dan makro yang terletak di Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA). Aksi bersih-bersih dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Kegiatan kerja bakti ini sendiri langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Demak. Sebelum kegiatan kerja bakti dimulai, diawali dengan Apel pengecekan personel yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih ini.

Di lokasi kerja bakti itu terlihat Ketua DPRD Demak, pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak, dan para relawan kebersihan. Masyarakat umum, siswa, mahasiswa, anggota TNI dan Polri tak canggung turut membersihkan sampah di area tersebut. Suasana kompak cukup terasa di kegiatan kerja bakti tersebut.

Matahari bersinar semakin terik. Mereka yang tergabung dalam masyarakat peduli lingkungan mulai meneteskan keringat. Namun mereka tetap semangat mengangkut sampah rumah tangga yang ada di sisi Utara dan Selatan Pantai Desa Sriwulan.

Sampah yang telah diambil ada yang diangkut dengan truk sampah untuk dipindah. Ada juga sampah yang langsung ditimbun dengan menggunakan excavator. Kawasan tersebut pun menjadi bersih dan cukup elok dipandang.

Mayor Inf Harianto Kasdim 0716/Demak, yang mewakiili Dandim 0716/Demak mengatakan, "kesadaran itu kita mulai dari diri sendiri, peduli terhadap sampah bisa menciptakan lingkungan yang bersih, indah, asri, dan berseri, jadikan sampah sebagai berkah," papar Kasdim 0716/Demak, Mayor Inf. Harianto di hadapan warga masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa tersebut.

Dia mengungkapkan, banyaknya sampah mikro, makro, dan sampah rumah tangga membuat semua pihak prihatin. Maka dari itu, muncullah aksi bersih-bersih di Desa Sriwulan ini. "Ini bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” terangnya. Ke depan, diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan mempercepat pembangunan di Demak.

Ketua DPRD Kabupaten Demak Nurul Muttaqien mengapresiasi semua pihak yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dia mengungkapkan, Kodim 0716/Demak, Polres Demak, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merupakan mitra kerja DPRD Demak. Kendati begitu, pihaknya mendorong kepada seluruh komponen masyarakat tetap menjaga di area tersebut bersih dari sampah.

Harapannya, kawasan tersebut tetap terawat dan bersih. Selain itu juga bisa menjadi tempat pelaku usaha. "Kalau di Sriwulan dibangun objek wisata, kami yakin akan ramai,” ucapnya.

Para peserta bersih pantai nampak begitu antusias dalam memungut berbagai sampah dengan menggunakan alat yang telah disediakan panitia. Setelah bersih pantai, mereka juga kompak melakukan makan bersama yang telah disediakan oleh warga masyarakat. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.624.080 Since: 07.04.14 | 0.6054 sec