YouTube Facebook Twitter RSS
19 Jan 2018, 0

Nusantara

Kodim 0716/Demak Dukung Demak Meraih Adipura

Friday, 22 December 2017 | View : 48

siarjustisia.com-DEMAK.

Kodim 0716/Demak mendukung Demak meraih Adipura bersama komponen masyarakat membersihkan Pantai Desa Sriwulan. Kodim 0716/Demak bersama seluruh komponen masyarakat melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sampah di Pantai Sriwulan yang terdampak banjir Rob, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan itu sebagai tanggung jawab sosial untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari menuju Demak meraih Adipura, Jum’at, (22/12/2017).

Selain bersih pantai, Kodim 0716/Demak di lokasi itu juga melakukan upacara memperingati Hari Ibu yang tepat jatuh pada tanggal 22 Desember.

Pemandangan di kawasan Pantai Sriwulan tidak seperti biasanya, hari ini banyak warga berkumpul baik muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan, mereka berbaur melakukan kerja bakti membersihkan sampah mikro dan makro yang terletak di Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA). Aksi bersih-bersih dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Kegiatan kerja bakti ini sendiri langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Demak. Sebelum kegiatan kerja bakti dimulai, diawali dengan Apel pengecekan personel yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih ini.

Di lokasi kerja bakti itu terlihat Ketua DPRD Demak, pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak, dan para relawan kebersihan. Masyarakat umum, siswa, mahasiswa, anggota TNI dan Polri tak canggung turut membersihkan sampah di area tersebut. Suasana kompak cukup terasa di kegiatan kerja bakti tersebut.

Matahari bersinar semakin terik. Mereka yang tergabung dalam masyarakat peduli lingkungan mulai meneteskan keringat. Namun mereka tetap semangat mengangkut sampah rumah tangga yang ada di sisi Utara dan Selatan Pantai Desa Sriwulan.

Sampah yang telah diambil ada yang diangkut dengan truk sampah untuk dipindah. Ada juga sampah yang langsung ditimbun dengan menggunakan excavator. Kawasan tersebut pun menjadi bersih dan cukup elok dipandang.

Mayor Inf Harianto Kasdim 0716/Demak, yang mewakiili Dandim 0716/Demak mengatakan, "kesadaran itu kita mulai dari diri sendiri, peduli terhadap sampah bisa menciptakan lingkungan yang bersih, indah, asri, dan berseri, jadikan sampah sebagai berkah," papar Kasdim 0716/Demak, Mayor Inf. Harianto di hadapan warga masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa tersebut.

Dia mengungkapkan, banyaknya sampah mikro, makro, dan sampah rumah tangga membuat semua pihak prihatin. Maka dari itu, muncullah aksi bersih-bersih di Desa Sriwulan ini. "Ini bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” terangnya. Ke depan, diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan mempercepat pembangunan di Demak.

Ketua DPRD Kabupaten Demak Nurul Muttaqien mengapresiasi semua pihak yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dia mengungkapkan, Kodim 0716/Demak, Polres Demak, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merupakan mitra kerja DPRD Demak. Kendati begitu, pihaknya mendorong kepada seluruh komponen masyarakat tetap menjaga di area tersebut bersih dari sampah.

Harapannya, kawasan tersebut tetap terawat dan bersih. Selain itu juga bisa menjadi tempat pelaku usaha. "Kalau di Sriwulan dibangun objek wisata, kami yakin akan ramai,” ucapnya.

Para peserta bersih pantai nampak begitu antusias dalam memungut berbagai sampah dengan menggunakan alat yang telah disediakan panitia. Setelah bersih pantai, mereka juga kompak melakukan makan bersama yang telah disediakan oleh warga masyarakat. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Puncaki Festival Maulid Dengan UMK Bersholawat
Tingkatkan Motivasi Prajurit, Dandim 0716/Demak Berikan Jam Komandan
Presiden Joko Widodo Lantik Empat Pejabat Baru
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Wisuda Purna Tugas Dan Pindah Satuan
Arisan Persit Kodim 0716/Demak Dapat Sosialisasi Dari Bio Alpha
Dandim 0716/Demak Tegaskan Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama
Kunker Pangdam IV/Diponegoro Di MaKodim 0716/Demak
Dekan FEB Sebut UMK Dapat Berkah Dua Wali
Pangkalan Kodim 0716/Demak Harus Bersih Dan Rapi
Ardhi Prabowo Paparkan Ragam Strategi Pembelajaran Di UMK
Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka
Koramil 04/Dempet Tanam Refugia Bersama Masyarakat
Sambil Lesehan, Dandim 0716/Demak Berdialog Dengan Masyarakat Desa Mijen
Jajaran Aparat Keamanan Demak Persiapkan Diri Hadapi Pilkada Serentak 2018
Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya
Lingkungan Yang Sehat Idaman Prajurit Kodim 0716/Demak
Koramil 09/Karang Tengah Siap Geruduk Rumah Nenek Kalsum
Kuliah Umum Prodi Matematika UMK
Dandim 0716/Demak Menyongsong Pergantian Tahun Bersama Forkopimda Lakukan Doa Bersama
Pasi Ops Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Dalam Rangka Pengamanan Tahun Baru 2018
Babinsa Koramil 02/Bonang Dampingi Warga Panen Ikan Nila
Danramil 09/Karangtengah Hadiri Dzikro Maulidin Nabi Muhammad SAW
Mahasiswa UMK Dibekali Skill Kepemimpinan Dan Komunikasi
Charly Setia Band Ajukan Diri Jadi CaWaGub Jawa Barat Ke PKB
Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Bandara Internasional Supadio
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.210.557 Since: 07.04.14 | 0.6879 sec