YouTube Facebook Twitter RSS
23 Jun 2018, 0

Nusantara

Koalisi PKS, PAN, Dan Partai Gerindra Percaya Diri Hadapi Pilkada Serentak 2018 Hingga Pilpres 2019

Tuesday, 26 December 2017 | View : 339

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjabat sejak 10 Agustus 2015, Dr. Mohamad Sohibul Iman yakin kerjasama antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan berdampak baik. Menurutnya mereka akan mengulang kemenangan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Alumnus Takushoku University, Jepang ini Dr. Mohamad Sohibul Iman beranggapan bahwa kerjasama tersebut akan memberikan kemenangan di beberapa tempat pada Pilkada 2018 nanti.

Dengan berbekal kemenangan di Pilkada DKI Jakarta, alumnus Japan Advanced Institute of Science and Technology ini yakin bahwa  keputusan untuk terus bekerja sama akan memenangkan Pilkada 2018 di beberapa provinsi.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr. Mohamad Sohibul Iman mengatakan kolaborasi yang dijalin bersama-sama dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kemungkinan bakal terus berlanjut hingga Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Mantan Wakil Ketua DPR RI bidang Ekonomi dan Keuangan masa jabatan 26 Februari 2013-1 Oktober 2014, Dr. Mohamad Sohibul Iman menegaskan bahwa Pilkada 2018 adalah sebuah batu loncatan menuju Pemilu legislatif dan presiden pada 2019, sehingga kerja sama pada 2018 menjadi pertimbangan untuk 2019.

"Pilkada 2018 adalah 'stepping stone' (batu loncatan) kepada pemilu 2019, mudah-mudahan (kerja sama tiga partai) bisa terpelihara sampai 2019, kami harapkan," katanya dalam rilis, Senin (25/12/2017).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr. Mohamad Sohibul Iman dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) DR. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. melakukan pertemuan membahas Pilkada Serentak 2018 di Kantor DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (24/12/2017) malam.

Usai melakukan pertemuan sekitar satu jam lebih, ketiga partai sepakat melakukan koalisi dalam Pilgub di lima daerah. Kelima daerah tersebut di antaranya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Menurut Presiden PKS, ketiga partai sepakat akan berkoalisi pada Pilgub tahun depan yang berlangsung di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. "Kami bertiga kami akan terus menjaga kebersamaan di dalam event politik. Khususnya di Pilgub. Kami sudah menyepakati (koalisi) di Jawa Barat. Kami bertiga akan hand in hand. Di Jawa Tengah, kemudian di Sumatera Utara kemudian di Kalimantan Timur kemudian di Maluku Utara," ungkap Presiden PKS Sohibul Iman dalam pernyataan persnya di DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (24/12/2017).

Dia menjelaskan alasan di balik berkoalisi dengan Partai Gerindra dan PAN. Hal ini untuk mengulang kemenangan di Pilgub DKI Jakarta saat ketiga partai bersatu mengusung pasangan Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. dan Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. yang terpilih menjadi Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Yang kedua ada semangat apa yang kita raih di Pilkada DKI. Pada waktu itu di Pilkada DKI bertiga. Saya kira hal-hal tersebut menyepakati kami akan tetap bersama-sama," tambah Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Meski telah bersepakat akan berkoalisi di lima daerah, Sohibul mengatakan ketiga partai belum menyepakati soal nama yang akan diusung. Partainya akan menggelar rapat terlebih dahulu pada Rabu (27/12).

"Buat PKS, hari rabu akan mengadakan rapat Dewan Pimpinan Pusat. Kalau di Gerindra di Dewan Pembina. Nanti Insyallah pada hari rabu diberikan nama-nama," beber mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2013-2014, Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Selain menyepakati berkoalisi di lima daerah, Dr. Mohamad Sohibul Iman menjelaskan pertemuan juga memutuskan bahwa ketiga partai akan menunda pembahasan terkait Pilgub Jawa Timur. Berkoalisi kembali atau tidak, akan diputuskan usai Tahun Baru.

"Ada beberapa yang kita pending seperti Jawa Timur, setelah tahun baru akan ada kesimpulan," ujar mantan Rektor Universitas Paramadina masa jabatan 29 Agustus 2005-15 Mei 2007.

Dr. Mohamad Sohibul Iman menerangkan prinsip saling pengertian adalah memahami bahwa ketiga parpol tersebut tidak bisa bekerja sama pada semua Pilkada serentak 2018 baik di provinsi maupun kabupaten/kota. Tapi dia menjelaskan kemungkinan kerja sama tiga partai akan berlanjut.

"Mungkin saja kerja sama sampai 2019, tergantung konstelasi politik," pungkas alumnus Universitas Waseda Jepang tersebut, Dr. Mohamad Sohibul Iman. (rep/mer)

See Also

Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Anjangsana Tidak Mengenal Usia, Koramil 09/Karang Tengah Datangi Nenek Yatmi
Menristekdikti Sempatkan Kunjungi Museum Jenang Di Kudus
Naik Tajam, Pendampingan PKM Akan Kian Ditingkatkan
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.165.850 Since: 07.04.14 | 0.6216 sec