YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Partai Gerindra, PKS, Dan PAN Resmi Usung Sudrajat-Syaikhu Di PilGub Jawa Barat 2018

Wednesday, 27 December 2017 | View : 364

siarjustisia.com-JAKARTA.

Nasib Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang menjabat sejak 13 Juni 2013, H. Deddy Mizwar, S.Sn., S.E., M.I.Pol. menjadi tak jelas di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (PilGub Jabar) 2018. Deddy Mizwar batal mendapatkan tiket Pemilihan Gubernur Jawa Barat (PilGub Jabar) setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mencabut dukungannya.

Pencabutan dukungan kepada Deddy Mizwar disampaikan saat jumpa pers poros koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PKS, dan PAN hari ini. Awalnya, Deddy Mizwar dipasangkan dengan H. Ahmad Syaikhu dari PKS yang adalah Wakil Wali Kota Bekasi.

"Kepada Deddy Mizwar dan Syaikhu akhirnya tak bisa bersama. Keputusan lain bahwa PKS tetap menjalin kerja sama dengan Partai Demokrat di dua provinsi," ungkap Presiden PKS Sohibul Iman di kantornya, Gedung DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017).

Namun deklarasi itu tinggal kenangan. Deddy Mizwar, yang awalnya didukung 'Koalisi Zaman Now', terdiri atas PKS, PAN, dan Partai Demokrat, akhirnya tak punya kawan.

Koalisi Zaman Now sedianya mengantongi 28 kursi dari syarat minimal 20 kursi di DPRD Jabar untuk mengusung caGub/caWaGub. Namun, seperti yang sudah diketahui, koalisi ini retak dan meninggalkan Partai Demokrat sendirian. Dukungan kepada Deddy Mizwar menjadi gembos karena baru mengantongi 12 kursi dari Partai Demokrat.

Pada akhirnya, PKS dan PAN bergabung dengan Partai Gerindra membentuk 'Koalisi Reuni'. Koalisi ini pernah memenangkan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno di PilGub DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

Partai Gerindra, PKS, dan PAN mengumumkan pengusungan caGub caWaGub di lima provinsi. Ketiga parpol ini sepakat untuk berkoalisi di lima provinsi. Partai Gerindra, PKS, dan PAN resmi memberikan dukungan kepada Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu di Pilgub Jabar 2018. Jika digabungkan, Koalisi Reuni memiliki 28 kursi. Khusus untuk Pilgub Jabar, Koalisi Reuni mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat bersama Ahmad Syaikhu. Di Jawa Barat, tiga parpol itu bersepakat mengusung pasangan Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu.

"Di Jawa Barat, Gerindra, PKS, dan PAN sepakat mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu," kata Presiden PKS Dr. Mohamad Sohibul Iman di kantor PKS, Gedung DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (JakSel), Rabu (27/12/2017). "Kami usung Bapak Mayjen Sudrajat bersama Syaikhu. Beliau sebagai caGub dan caWaGub Jabar," imbuh Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Pengumuman ini dihadiri oleh Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto Djojohadikusumo. Perwakilan PAN tak hadir. Namun, tutur Dr. Mohamad Sohibul Iman, sudah ada persetujuan dari PAN soal calon-calon yang diumumkan. Rachmawati Soekarnoputri juga hadir dalam acara pengumuman itu.

"Pak Zul tak bisa hadir, sedang di luar kota, baru akan kembali nanti malam," beber Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menarik dukungan terhadap bakal calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. PKS mengapresiasi sikap Deddy Mizwar yang menunjukkan gaya berpolitik tanpa ketegangan.

"Ucapan terima kasih tentu saja kepada Pak Demiz. Bang Demiz yang sudah bersama-sama kami juga, yang sangat memberikan kenyamanan bahwa berpolitik itu memang enjoy, tidak perlu ada ketegangan-ketegangan," ujar Presiden PKS Dr. Mohamad Sohibul Iman dalam jumpa pers di kantor DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017).

PKS dalam Pilgub Jabar memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung duet Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu. Selain Jabar, ketiga parpol sepakat berkoalisi di empat provinsi lainnya, yakni Sumatera Utara (Sumut), Maluku Utara, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Demokrat yang dalam beberapa bulan sudah bersama-sama dengan PKS untuk mematangkan pasangan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu," papar Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Meski di Jabar tidak bisa berkoalisi, PKS memutuskan tetap berkoalisi dengan Partai Demokrat pada pilGub di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Walau tidak bisa bekerja sama di Jabar, tetap kita bisa bekerja sama di dua provinsi yang lain," sebut Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto Djojohadikusumo angkat bicara soal nama Sudrajat, yang disebut kurang populer sebagai caGub.

Prabowo Subianto Djojohadikusumo menampik anggapan bahwa calon yang dijagokannya dikatakan kurang populer. Pasalnya, berdasarkan hasil survei, elektabilitas Sudrajat menanjak. "Yang dibilang nggak populer siapa? Saya kira nggak (tidak betul Sudrajat tidak populer). Kami dahsyat, naiknya sangat luar biasa," terang Prabowo Subianto Djojohadikusumo seusai deklarasi caGub-caWaGub lima provinsi di kantor DPP PKS, MD Building DPP PKS, Jl. Letjen T.B. Simatupang No.82, RT02/RW08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (JakSel), Rabu (27/12/2017).

Prabowo Subianto pun mengaku optimistis pasangan yang diusung partainya akan menang di Pilkada 2018. "Insyaallah, insyaallah, optimistis (menang)," tegasnya.

Sudrajat merupakan CEO Maskapai Susi Air dan alumnus Akmil. Meski masih 'hijau', Sudrajat diyakini Prabowo Subianto Djojohadikusumo dapat bertaji di Jabar. Presiden PKS Dr. Mohamad Sohibul Iman juga sepakat mengusung Sudrajat.

"Di Jawa Barat, Gerindra, PKS, dan PAN sepakat mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu," tandas Dr. Mohamad Sohibul Iman saat deklarasi.

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.613.130 Since: 07.04.14 | 0.6632 sec