YouTube Facebook Twitter RSS
23 Jun 2018, 0

Nusantara

Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Bandara Internasional Supadio

Thursday, 28 December 2017 | View : 268

siarjustisia.com-PONTIANAK.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" meresmikan perluasan terminal domestik dan internasional Bandara Supadio, Jalan Arteri Supadio Km.17, Limbung, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Dengan mengucap bismillah, terminal penumpang Bandara Internasional Supadio di Pontianak siang hari ini saya nyatakan dibuka," kata Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Bandar Udara Internasional Supadio, Jalan Arteri Supadio Km.17, Limbung, Sungai Raya, Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (28/12/2017).

Kepala Negara Joko Widodo datang bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman RI, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi Kepala Staf Kepresidenan Drs. Teten Masduki dan Staf Khusus Presiden AA GN Ari Dwipayana.

"Saya tadi melihat dari depan terminal bandara internasional Supadio Pontianak ini begitu sangat megahnya dengan ornamen dayak yang sangat artistik dan kita harapkan bandara ini mencukupi untuk penumpang yang sudah sekian tahun selalu membludak," ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu tidak meninjau seluruh terminal bandara yang bernuansa etnis dayak dengan warna biru tembaga tersebut, namun hanya sampai di bagian depan terminal.

"Saya dapat informasi karena pertumbuhan penumpang yang ada di bandara ini 15 persen artinya kalau sekarang sudah ada 3,5 juta penumpang berarti tahun depan tidak cukup lagi terminal ini," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura/AP II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan, perluasan Bandar Udara Internasional Supadio sudah dimulai sejak 2015 dan selesai pada Agustus 2017, dengan menelan investasi Rp 350 miliar, khusus untuk pembangunan terminal.

"Tadi saya bisik-bisik dengan Pak Menhub kalau terminal ini tidak cukup berarti harus dibangun lebih besar lagi, ini sudah 32 ribu meter persegi, berarti kalau mau mengejar pertumbuhan 15 persen berarti harus dibangun 2 kali lipat menjadi 64 ribu meter persegi, tapi saya mau lihat apakah betul-betul pertumbuhan dan terminal yang begitu besar seperti ini sudah tidak mencukupi lagi," tambah Presiden.

Kepala Negara juga mengaku ada kebutuhan penambahan runway (landasan pacu) bandara.

"Kedua berkaitan dengan runway, ada perencanaan runway  tidak hanya satu nantinya juga disiapkan dua, tadi Dirut AP menyampaikan ke saya untuk rencana itu tapi keputusannya kita lihat dulu, kalau traffic padat mau tidak mau runway harus dibangun lagi," ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terminal bandara tersebut diperluas dari 13.683 meter persegi kini menjadi 32 ribu meter persegi, jumlah penumpang yang sebelumnya mencapai 1,5 juta orang per tahun kini bisa menampung 3,8 juta penumpang tiap tahun.

Demikian juga landasan pacu yang saat ini mencapai 2.250x45 meter ditingkatkan menjadi 2.650x45 meter dan akan ditingkatkan menjadi 3.000x45 meter tahun depan. (ant)

See Also

Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Anjangsana Tidak Mengenal Usia, Koramil 09/Karang Tengah Datangi Nenek Yatmi
Menristekdikti Sempatkan Kunjungi Museum Jenang Di Kudus
Naik Tajam, Pendampingan PKM Akan Kian Ditingkatkan
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.165.846 Since: 07.04.14 | 0.6325 sec