YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Koramil 09/Karang Tengah Siap Geruduk Rumah Nenek Kalsum

Wednesday, 03 January 2018 | View : 152

siarjustisia.com-DEMAK.

Rumah Nenek Kalsum (68 tahun) di Dukuh Batu Tempel, Desa Wonokerto, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu sudah tampak reyot. Dinding rumah yang terbuat dari bilik sebagian sudah banyak tambalan. Atap rumahnya juga sebagian sudah lapuk. Kondisinya memang sudah sangat memprihatinkan.

Keluarga dengan kehidupan yang serba kekurangan masih banyak terdapat di sekitar kita. Tingkat kebutuhan tinggi, harga harga juga melambung tinggi, menjadi suatu hal yang sangat menyulitkan bagi keluarga yang tidak mampu. Ditambah lagi, mereka tidak mempunyai keahlian dalam diri mereka yang bisa dijual untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih layak.

Untuk bisa makan sehari-hari, keluarga-keluarga miskin ini bekerja apa saja, yang penting mereka bisa mendapatkan uang untuk membeli beras dan lauk seadanya.

Seperti inilah gambaran kehidupan Nenek Kalsum, warga Desa Wonokerto, yang tergolong warga miskin. Dengan segala keterbatasannya Nenek Kalsum bertahan dalam kemiskinan bersama keluarganya. Setiap hari makan seadanya tanpa memperhatikan kandungan gizi dalam makanannya, bagi keluarga Nenek Kalsum, yang penting ada makanan yang bisa dimakan.

Rumah yang ditempati Nenek Kalsum tergolong Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bangunan rumah yang sudah tua, dengan dinding dari anyaman bambu, tiang tiang penyangga yang sudah tidak kuat lagi menyangga atap rumah.

Hal ini menjadikan keprihatinan para tetangga rumah Nenek Kalsum, hal itu tak lepas dari pengamatan Komandan Koramil (Danramil) 09/Karangtengah, Kapten Arm. Sukartiyo salah seorang Danramil 09/Karangtengah. Atas kondisi itu pulalah, dia lantas menggerakkan masyarakat sekitar dan anggotanya untuk merenovasi rumah Nenek Kalsum yang tinggal di RT04/RW04 tersebut.

Danramil 09/Karangtengah. Kapten Arm. Sukartiyo mengatakan, bangunan rumah Nenek Kalsum pada awalnya  sudah tidak layak huni, dengan kondisi miring dengan kayu penyangga yang sudah lapuk. "Sesuai dengan hasil musyawarah desa dan masyarakat sekitarnya, akhirnya sepakat untuk dilakukan renovasi dengan Anggaran Dana Desa (ADD) serta akan dilaksanakan secara kerja bakti warga," kata Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo dari keterangan pers yang diterima.

"Kegiatan kemasyarakan yang seperti ini sering dilaksanakan oleh Babinsa kami dengan tujuan bisa lebih dekat dengan masyarakat dan masyarakat pun tidak merasa segan ataupun asing dengan Babinsa, sehingga hal ini nantinya dapat meningkatkan hubungan baik antara anggota Koramil 09/Karangtengah dan warga masyarakat khususnya wilayah Karangtengah," kata Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo menambahkan.

Kedekatan antara TNI dan masyarakat kali ini kita wujudkan dengan bergotong royong merenovasi rumah warga yang kurang mampu dalam rangka bersinergi serta membantu pemerintahan desa dengan pemanfaatan dana desa dari pemerintah pusat yang tak bersifat kaku. Asalkan dana tersebut digunakan untuk kepentingan masyarakat. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.614.300 Since: 07.04.14 | 0.6709 sec