YouTube Facebook Twitter RSS
18 Aug 2018, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya

Friday, 05 January 2018 | View : 95

siarjustisia.com-DEMAK.

Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak Letnan Kolonel (Letkol) Inf. Abi Kusnianto melakukan pengecekan Kesiapan Panen Raya yang rencana akan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Desa Mijen Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam Rangka mendukung Swasembada Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (04/01/2018).

Dalam kegiatan pengecekan kesiapan Panen Raya tersebut Dandim 0716/Demak didampingi bersama Kepala Dinas Petanian Kabupaten Demak yang diwakili Bapak Sukisman, POPT Provinsi Jawa Tengah Bapak Budi Santoso, Camat Kebon Agung Drs. Haryoto, Pasi Ter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Triyono, Danramil 04/Dempet Kapten Inf Bambang Susilo, beserta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Babinsa Desa Mijen.

Di sela-sela kegiatan peninjauan tersebut, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, agar dalam pelaksanaan panen raya nanti dapat berjalan lancar, maka perlu persiapan yang matang, baik, dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Untuk mencapai hal itu, Kami melalui Danramil nantinya akan membentuk tim kerja panitia serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait, guna kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Selain melakukan peninjauan kesiapan panen raya tersebut, Dandim 0716/Demak beserta rombongan juga melakukan peninjauan ke lokasi pembibitan tanaman Refugia di rumah Bapak Krisdianto dari Ketua Kelompok Tani Tita Jaya 1 Desa Mijen yang sekaligus sebagai penggerak kelompok petani untuk menanam Refugia tersebut.

Desa Mijen yang terletak di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu desa yang memanfaatkan tanaman refugia. Refugia berhasil mengantar Desa Mijen menjuarai lomba pembasmian hama secara alami tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Di sini, Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto mendapatkan penjelasan tentang tanaman Refugia dari Bapak Budi Santoso bersama kelompok tani bahwa dalam dunia pertanian, tanaman refugia dapat difungsikan sebagai pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Yaitu hewan atau tumbuhan, baik yang berukuran mikro maupun makro yang mengganggu, menghambat, bahkan mematikan tanaman yang dibudidayakan. OPT sendiri terdiri atas 3 kelompok, yaitu hama, vektor penyakit, dan gulma.

"Selain fungsi di atas, refugia juga dapat dimanfaatkan sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami (Solichah, 2001). Dengan menanam refugia dimaksudkan supaya tercipta agroekosistem di lahan pertanian yang terjaga," jelas Budi Santoso.

Penanaman refugia pada tanaman yang dibudidayakan diusahakan sesaat setelah pembuatan galeng selesai, sehingga pada saat tanaman refugia berbunga, padi sudah mulai tumbuh, dan tanaman padi dapat terhindar dari OPT. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.440.229 Since: 07.04.14 | 0.6258 sec