YouTube Facebook Twitter RSS
28 May 2018, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya

Friday, 05 January 2018 | View : 69

siarjustisia.com-DEMAK.

Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak Letnan Kolonel (Letkol) Inf. Abi Kusnianto melakukan pengecekan Kesiapan Panen Raya yang rencana akan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Desa Mijen Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam Rangka mendukung Swasembada Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (04/01/2018).

Dalam kegiatan pengecekan kesiapan Panen Raya tersebut Dandim 0716/Demak didampingi bersama Kepala Dinas Petanian Kabupaten Demak yang diwakili Bapak Sukisman, POPT Provinsi Jawa Tengah Bapak Budi Santoso, Camat Kebon Agung Drs. Haryoto, Pasi Ter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Triyono, Danramil 04/Dempet Kapten Inf Bambang Susilo, beserta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Babinsa Desa Mijen.

Di sela-sela kegiatan peninjauan tersebut, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, agar dalam pelaksanaan panen raya nanti dapat berjalan lancar, maka perlu persiapan yang matang, baik, dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Untuk mencapai hal itu, Kami melalui Danramil nantinya akan membentuk tim kerja panitia serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait, guna kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Selain melakukan peninjauan kesiapan panen raya tersebut, Dandim 0716/Demak beserta rombongan juga melakukan peninjauan ke lokasi pembibitan tanaman Refugia di rumah Bapak Krisdianto dari Ketua Kelompok Tani Tita Jaya 1 Desa Mijen yang sekaligus sebagai penggerak kelompok petani untuk menanam Refugia tersebut.

Desa Mijen yang terletak di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu desa yang memanfaatkan tanaman refugia. Refugia berhasil mengantar Desa Mijen menjuarai lomba pembasmian hama secara alami tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Di sini, Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto mendapatkan penjelasan tentang tanaman Refugia dari Bapak Budi Santoso bersama kelompok tani bahwa dalam dunia pertanian, tanaman refugia dapat difungsikan sebagai pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Yaitu hewan atau tumbuhan, baik yang berukuran mikro maupun makro yang mengganggu, menghambat, bahkan mematikan tanaman yang dibudidayakan. OPT sendiri terdiri atas 3 kelompok, yaitu hama, vektor penyakit, dan gulma.

"Selain fungsi di atas, refugia juga dapat dimanfaatkan sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami (Solichah, 2001). Dengan menanam refugia dimaksudkan supaya tercipta agroekosistem di lahan pertanian yang terjaga," jelas Budi Santoso.

Penanaman refugia pada tanaman yang dibudidayakan diusahakan sesaat setelah pembuatan galeng selesai, sehingga pada saat tanaman refugia berbunga, padi sudah mulai tumbuh, dan tanaman padi dapat terhindar dari OPT. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Warga Brakas Dapat Kado Jamban Dari Koramil 04/Dempet
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Dandim 0716/Demak Berikan Motivasi Lewat Jam Komandan
Kepedulian Para Babinsa Dengan Kebersihan Di Lingkungan Sekolah
Babinsa 12/Mranggen Dan Warga Berjibaku Bersihkan Pohon Timpa Rumah Warga
Babinsa Desa Jali Masih Sempat Luangkan Waktu Dan Tenaga Di Sela-sela Kesibukannya
Jadikan Generasi Penerus Bangsa Yang Berwawasan Nusantara
Babinsa 11/Sayung Bangun Jembatan Menuju Makam Jelang Puasa Ramadhan
Dandim 0716/Demak Hadiri Haul Akbar Demak Ke-20
Jurnal Di Semua Prodi Ditargetkan Terakreditasi
Penandatanganan Kerja Sama UMKSTTR
Koramil 09/Karang Tengah Tanamkan Jiwa Cinta Tanah Air Lewat Kirab
Serah Terima Jabatan Danramil Dan Perwira Kodim 0716/Demak
Persit Kodim 0716/Demak Selenggarakan Ceramah Narkoba Dan Parenting PAUD
SEMAI Kaji Linguistik Forensik
Prodi PBI UMK Raih Akreditasi A BAN-PT
Dandim 0716/Demak Bersama Seluruh Jajaran Melaksanakan Peringatan Isra Mi Raj 1439/2018 M
Rapat Koordinasi Digelar Guna Kelancaran Pelaksanaan Garjas Periodik
Presiden Joko Widodo Terima Driver Ojek Online Di Istana
Babinsa 06/Wedung Dampingi Pembagian Kartu Penerima PKH
Patroli Bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas Wonosalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah
Peran Babinsa Dalam Menyambut Asa Menerangi Penglihatan Para Penderita Katarak
Apartemen Wesling Kedoya Terbakar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.041.711 Since: 07.04.14 | 0.6248 sec