YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Sambil Lesehan, Dandim 0716/Demak Berdialog Dengan Masyarakat Desa Mijen

Saturday, 06 January 2018 | View : 108

siarjustisia.com-DEMAK.

Disela-sela kesibukannya, Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto, menyempatkan dirinya bercengkrama dengan masyarakat petani Demak. Kali ini kunjungan Dandim baru Demak ini, menyasar kelompok tani Tirta Jaya 1 di Desa Mijen, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (04/1/2018).

Kehadiran Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusbnianto di Desa Mijen didampingi Dinas Pertanian Kabupaten Demak Sukisman, POPT Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso juga disambut meriah oleh Camat Kebon Agung Drs. Haryoto, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Babinsa dan Kepala Desa Mijen maupun seluruh warga setempat.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menambah suasana keakraban antara TNI dan masyarakat. Begitu datang, Dandim 0716/Demak langsung menyapa para petani tersebut. Suasana keakraban dan kedekatan nampak terlihat antara Dandim 0716/Demak dengan Poktan Tirta Jaya 1 Desa Mijen. Terlihat sedikit malu diraut wajah mereka tetapi mereka sangat senang dan bersemangat menyambut kedatangan Dandim 0716/Demak menyapa dan mendekati mereka.

Kedekatan antara Dandim 0716/Demak dengan para petani sangat terlihat, sambil bercanda gurau, pada kesempatan tersebut Dandim 0716/Demak, melakukan tanya jawab tentang pembudidayaan tanaman refugia tersebut.

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto menanyakan sebagian besar petani di Indonesia mungkin asing dengan kata 'tanaman refugia' dan tidak mengerti apa fungsinya. Kita mungkin pernah pergi ke suatu lokasi persawahan dan menemukan lahan sawah yang banyak ditanami tanaman bunga. "Mereka bukan mencoba memperindah lahan sawahnya agar terlihat lebih bagus, namun petani-petani tersebut menggunakan teknik tanaman refugia untuk mengendalikan hama," kata Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Dandim pun mendapat penjelasan dari POPT Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso dia menjelaskan bahwa secara sederhana, refugia dapat diartikan sebagai mikrohabitat buatan yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai tempat perlindungan, sumber pakan atau sebagai sumberdaya lain bagi musuh alami hama seperti predator dan parasitoid.

Budi Santoso menambahkan, dalam penanggulangan hama, sampai saat ini petani masih banyak yang mengandalkan pestisida. Pestisida dianggap lebih efektif karena hasil dari penggunaan pestisida lebih cepat tampak, aplikasinya yang mudah, terlebih karena saat ini pestisida sangat mudah didapatkan di pasaran. Oleh karena itu, dalam pertanian modern, penggunaan insektisida tetap sulit untuk dihindarkan.

"Berbeda dengan insektisida yang hasilnya bisa dilihat hanya dalam kurun waktu sehari hingga dua hari, efek dari menanam tanaman refugia baru bisa dilihat dalam beberapa hari hingga minggu, namun efek refugia akan berlangsung sepanjang tahun. Sedangkan aplikasi pestisida harus dilakukan secara berkala sesuai situasi perkembangan hama di lahan. Terlebih penggunaan refugia lebih ramah lingkungan, tidak merusak tanah, dan pastinya lebih murah," terang Budi Santoso.

Di selah perbincangan, Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto akrab disapa "pak Abi " begitu saja bercengkrama dengan kelompok tani itu. Dalam perbincangan Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto bersama kelompok tani, dirinya berjanji untuk senantiasa melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani Tirta Jaya 1 di Desa Mijen guna menunjang hasil pertanian yang lebih maju dan segala hal yang dapat menunjang kelancaran pelaksanaan bercocok tanam.

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto juga menyampaikan siap mengerahkan alat peralatan pertanian yang saat ini dimiliki Kodim 0716/Demak berupa exavator, traktor roda empat, hand traktor, mesin air, mesin penanam padi, mesin penanam jagung.

Selain hal tersebut para Babinsa jajaran Kodim 0716/Demak siap untuk bersama-sama dengan masyarakat memperbaiki tanggul, irigasi, jalan maupun fasilitas umum lainnya. Direncanakan minggu depan akan dilaksanakan penanaman secara serentak bersama masyarakat Desa Mijen Kecamatan Kebonagung dan perangkat Kecamatan sejumlah sekitar 2.500 tanaman Refugia yang nantinya dapat bermanfaat untuk mengurangi hama dan penggunaan pestisida sampai dengan 75 %.

Krisdiyanto Ketua kelompok tani yang mendampingi para petani, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dandim 0716/Demak yang telah meluangkan waktu berkomunikasi dengan poktannya selain mendekatkan diri para petani akan termotivasi untuk lebih giat bertani sehingga apa yang dicita-citakan kelak dapat tercapai dan dapat berguna bagi bangsa dan negara nantinya," terangnya. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.613.170 Since: 07.04.14 | 0.6819 sec