YouTube Facebook Twitter RSS
21 Jul 2018, 0

Nusantara

Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka

Monday, 08 January 2018 | View : 171

siarjustisia.com-DEMAK.

Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak melaksanakan upacara pembukaan Saka Wira Kartika oleh anak-anak  Pramuka Kecamatan Bonang.

Sebagai pembina upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono dalam rangka pengambilan Bet Saka Wira Kartika bagi anggota baru di halaman MaKoramil, Sabtu ( 05/01/2018).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak bangsa khususnya pemuda pemudi yang masih duduk di tingkat sekolah SLTA. Peserta kali ini diikuti oleh 65 peserta perwakilan dari beberapa sekolahan yaitu, MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang, SMA Takhassus Al Quran Bonang, MA Miftahul Ulum Karangrejo, MA Miftahul Ulum Bonang, MA NU 2 Serangan Bonang serta perwakilan dari guru pendidik Ibu Ria Umamai dari Manu 3 Ittihad Bahari yang merupakan mantan Saka Wira Kartika binaan Koramil 02/Bonang.

Dalam sambutannya upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono selaku pembina upacara, menyampaikan permohonan maaf bahwa Danramil 02/Bonang tidak bisa membuka/hadir dalam upacara pembukaan dikarenakan ada kegiatan kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pembina upacara dalam sambutan tertulis mengatakan bila kalian yang berada di kegiatan ini adalah generasi muda yang akan kami didik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini yaitu Indonesia yang kita cintai bersama. Untuk itu kalian semua, harap ikuti apa yang sudah diberikan petunjuk maupun pelajaran oleh kakak-kakak kalian yang sudah hadir disini yaitu para Babinsa-Babinsa yang sudah terlatih di bidang kepramukaan diantaranya Kakak kalian yaitu Kakak Jumbadi dan Kakak Subakir.

Adapun kegiatan materi yang dilaksanakan dalam pengambilan Bet Saka Wira Kartika diantaranya adalah materi jelajah. Selama melaksanakan materi jelajah para peserta Saka Wira Kartika mendapat tantangan di pos-pos ujian diantaranya sandi morse, menentukan arah dan tujuan, dilanjutkan dengan rayapan tali satu, titian tali dua, semaphor, peta dan kompas pionering (PBA) penanggulangan bencana.

Di tempat yang berbeda, Danramil 02/Bonang Kapten Inf Yasroji saat dimintai keterangan mengatakan "agar para peserta Saka Wira Kartika memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara yang baik untuk menghadapi tantangan di era Globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. "Nilai-nilai semangat patriotisme yang saat ini sudah mulai luntur sehingga membuat para siswa calon penegak lupa akan nilai-nilai kejuangan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan militan," papar Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Danramil pun menambahkan "nanti dalam pelaksanaannya masing-masing peserta akan didampingi oleh para Babinsa Koramil 02/Bonang selama perjalanan menuju masing-masing pos yang akan disinggahi selama materi jelajah," tambah Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Dalam kesempatan ini salah satu anggota peserta latihan Saka Wira Kartika yakni A. Fajrul Faiz menyampaikan bahwa kami dari peserta perekrutan anggota Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang sangat bangga bisa masuk dalam gerakan Pramuka yang langsung dibina oleh Bapak-bapak TNI.

"Sangat berbeda rasanya karena kami peserta latihan sangat bersyukur mendapatkan tentang navigasi darat, baca peta serta wawasan kebangsaan. Semoga ke depannya rekan-rekan dari sekolahan yang lain bisa ikut masuk dalam Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang," ungkap A. Fajrul Faiz.

Kegiatan resmi dibuka dengan pencabutan Pusaka Ambalan Jenderal Sudirman Koramil 02/Bonamg oleh Serma TNI Subakir sebagai Ketua Adat Ambalan Saka Wira Kartika (SWK). (Pendim 0716/Demak)

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Rakor Dalam Rangka Pecahkan MURI Tari Gemu Famire
Atraksi Kolone Senapan TNI Polri Demak Yang Memukau
Polres Demak Gelar Upacara Di HUT Bhayangkara Ke-72
Forkopimda Demak Larut Dalam Goyang Nasi Padang Di HUT Ke-72 Bhayangkara
Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak Berlangsung Meriah
Bupati Demak Cek Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak
Wujud Sinergitas Dan Soliditas Kedua Abdi Negara Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Kapolri Ajak Nobar Film 22 Menit
TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 Kodim 0716/Demak Resmi Dibuka
Awali Pengecoran, Kapolres Demak Dukung TMMD Di Desa Kebonsari
Warga Desa Kebonsari Girang Lantaran Dijadikan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II
Luar Biasa Antusias Warga Kebonsari Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Ada Kebanggaan Tersendiri Bagi Ibu-Ibu Dalam TMMD Di Demak
TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 Kodim 0716/Demak Hadirkan Pemerataan Pembangunan
Babinsa Kodim 0716/Demak Ikuti Sosialisasi Pendampingan Ber-KB
Eratkan Sinergitas, Danramil Hadiri Halal Bihalal
Satgas TMMD Sky II Dan Rakyat Guyub Rukun Tanpa Ada Batas
Kokohnya Kebersamaan TNI Dan Polri Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Pemenang Pilgub Jabar
Hibah Joint Curriculum Tingkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi
Tadarus Puisi Di Balai Budaya Rejosari
Pasi Log Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Kirab Pemuda Nasional
Dandim 0716/Demak Bersama LBB Dan Petani Ruwit Sarapan Bareng Di Sawah
Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK
Dandim 0716/Demak Pimpin Korp Raport Dan Sertijab Danramil Di Jajaran Kodim 0716/Demak
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.305.896 Since: 07.04.14 | 0.6674 sec