YouTube Facebook Twitter RSS
19 Jan 2018, 0

Nusantara

Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka

Monday, 08 January 2018 | View : 11

siarjustisia.com-DEMAK.

Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak melaksanakan upacara pembukaan Saka Wira Kartika oleh anak-anak  Pramuka Kecamatan Bonang.

Sebagai pembina upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono dalam rangka pengambilan Bet Saka Wira Kartika bagi anggota baru di halaman MaKoramil, Sabtu ( 05/01/2018).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak bangsa khususnya pemuda pemudi yang masih duduk di tingkat sekolah SLTA. Peserta kali ini diikuti oleh 65 peserta perwakilan dari beberapa sekolahan yaitu, MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang, SMA Takhassus Al Quran Bonang, MA Miftahul Ulum Karangrejo, MA Miftahul Ulum Bonang, MA NU 2 Serangan Bonang serta perwakilan dari guru pendidik Ibu Ria Umamai dari Manu 3 Ittihad Bahari yang merupakan mantan Saka Wira Kartika binaan Koramil 02/Bonang.

Dalam sambutannya upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono selaku pembina upacara, menyampaikan permohonan maaf bahwa Danramil 02/Bonang tidak bisa membuka/hadir dalam upacara pembukaan dikarenakan ada kegiatan kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pembina upacara dalam sambutan tertulis mengatakan bila kalian yang berada di kegiatan ini adalah generasi muda yang akan kami didik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini yaitu Indonesia yang kita cintai bersama. Untuk itu kalian semua, harap ikuti apa yang sudah diberikan petunjuk maupun pelajaran oleh kakak-kakak kalian yang sudah hadir disini yaitu para Babinsa-Babinsa yang sudah terlatih di bidang kepramukaan diantaranya Kakak kalian yaitu Kakak Jumbadi dan Kakak Subakir.

Adapun kegiatan materi yang dilaksanakan dalam pengambilan Bet Saka Wira Kartika diantaranya adalah materi jelajah. Selama melaksanakan materi jelajah para peserta Saka Wira Kartika mendapat tantangan di pos-pos ujian diantaranya sandi morse, menentukan arah dan tujuan, dilanjutkan dengan rayapan tali satu, titian tali dua, semaphor, peta dan kompas pionering (PBA) penanggulangan bencana.

Di tempat yang berbeda, Danramil 02/Bonang Kapten Inf Yasroji saat dimintai keterangan mengatakan "agar para peserta Saka Wira Kartika memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara yang baik untuk menghadapi tantangan di era Globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. "Nilai-nilai semangat patriotisme yang saat ini sudah mulai luntur sehingga membuat para siswa calon penegak lupa akan nilai-nilai kejuangan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan militan," papar Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Danramil pun menambahkan "nanti dalam pelaksanaannya masing-masing peserta akan didampingi oleh para Babinsa Koramil 02/Bonang selama perjalanan menuju masing-masing pos yang akan disinggahi selama materi jelajah," tambah Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Dalam kesempatan ini salah satu anggota peserta latihan Saka Wira Kartika yakni A. Fajrul Faiz menyampaikan bahwa kami dari peserta perekrutan anggota Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang sangat bangga bisa masuk dalam gerakan Pramuka yang langsung dibina oleh Bapak-bapak TNI.

"Sangat berbeda rasanya karena kami peserta latihan sangat bersyukur mendapatkan tentang navigasi darat, baca peta serta wawasan kebangsaan. Semoga ke depannya rekan-rekan dari sekolahan yang lain bisa ikut masuk dalam Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang," ungkap A. Fajrul Faiz.

Kegiatan resmi dibuka dengan pencabutan Pusaka Ambalan Jenderal Sudirman Koramil 02/Bonamg oleh Serma TNI Subakir sebagai Ketua Adat Ambalan Saka Wira Kartika (SWK). (Pendim 0716/Demak)

See Also

Puncaki Festival Maulid Dengan UMK Bersholawat
Tingkatkan Motivasi Prajurit, Dandim 0716/Demak Berikan Jam Komandan
Presiden Joko Widodo Lantik Empat Pejabat Baru
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Wisuda Purna Tugas Dan Pindah Satuan
Arisan Persit Kodim 0716/Demak Dapat Sosialisasi Dari Bio Alpha
Dandim 0716/Demak Tegaskan Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama
Kunker Pangdam IV/Diponegoro Di MaKodim 0716/Demak
Dekan FEB Sebut UMK Dapat Berkah Dua Wali
Pangkalan Kodim 0716/Demak Harus Bersih Dan Rapi
Ardhi Prabowo Paparkan Ragam Strategi Pembelajaran Di UMK
Koramil 04/Dempet Tanam Refugia Bersama Masyarakat
Sambil Lesehan, Dandim 0716/Demak Berdialog Dengan Masyarakat Desa Mijen
Jajaran Aparat Keamanan Demak Persiapkan Diri Hadapi Pilkada Serentak 2018
Dandim 0716/Demak Cek Kesiapan Panen Raya
Lingkungan Yang Sehat Idaman Prajurit Kodim 0716/Demak
Koramil 09/Karang Tengah Siap Geruduk Rumah Nenek Kalsum
Kuliah Umum Prodi Matematika UMK
Dandim 0716/Demak Menyongsong Pergantian Tahun Bersama Forkopimda Lakukan Doa Bersama
Pasi Ops Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Dalam Rangka Pengamanan Tahun Baru 2018
Babinsa Koramil 02/Bonang Dampingi Warga Panen Ikan Nila
Danramil 09/Karangtengah Hadiri Dzikro Maulidin Nabi Muhammad SAW
Mahasiswa UMK Dibekali Skill Kepemimpinan Dan Komunikasi
Charly Setia Band Ajukan Diri Jadi CaWaGub Jawa Barat Ke PKB
Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Bandara Internasional Supadio
Partai Gerindra, PKS, Dan PAN Resmi Usung Sudrajat-Syaikhu Di PilGub Jawa Barat 2018
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.211.656 Since: 07.04.14 | 0.6487 sec