YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka

Monday, 08 January 2018 | View : 211

siarjustisia.com-DEMAK.

Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak melaksanakan upacara pembukaan Saka Wira Kartika oleh anak-anak  Pramuka Kecamatan Bonang.

Sebagai pembina upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono dalam rangka pengambilan Bet Saka Wira Kartika bagi anggota baru di halaman MaKoramil, Sabtu ( 05/01/2018).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak bangsa khususnya pemuda pemudi yang masih duduk di tingkat sekolah SLTA. Peserta kali ini diikuti oleh 65 peserta perwakilan dari beberapa sekolahan yaitu, MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang, SMA Takhassus Al Quran Bonang, MA Miftahul Ulum Karangrejo, MA Miftahul Ulum Bonang, MA NU 2 Serangan Bonang serta perwakilan dari guru pendidik Ibu Ria Umamai dari Manu 3 Ittihad Bahari yang merupakan mantan Saka Wira Kartika binaan Koramil 02/Bonang.

Dalam sambutannya upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono selaku pembina upacara, menyampaikan permohonan maaf bahwa Danramil 02/Bonang tidak bisa membuka/hadir dalam upacara pembukaan dikarenakan ada kegiatan kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pembina upacara dalam sambutan tertulis mengatakan bila kalian yang berada di kegiatan ini adalah generasi muda yang akan kami didik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini yaitu Indonesia yang kita cintai bersama. Untuk itu kalian semua, harap ikuti apa yang sudah diberikan petunjuk maupun pelajaran oleh kakak-kakak kalian yang sudah hadir disini yaitu para Babinsa-Babinsa yang sudah terlatih di bidang kepramukaan diantaranya Kakak kalian yaitu Kakak Jumbadi dan Kakak Subakir.

Adapun kegiatan materi yang dilaksanakan dalam pengambilan Bet Saka Wira Kartika diantaranya adalah materi jelajah. Selama melaksanakan materi jelajah para peserta Saka Wira Kartika mendapat tantangan di pos-pos ujian diantaranya sandi morse, menentukan arah dan tujuan, dilanjutkan dengan rayapan tali satu, titian tali dua, semaphor, peta dan kompas pionering (PBA) penanggulangan bencana.

Di tempat yang berbeda, Danramil 02/Bonang Kapten Inf Yasroji saat dimintai keterangan mengatakan "agar para peserta Saka Wira Kartika memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara yang baik untuk menghadapi tantangan di era Globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. "Nilai-nilai semangat patriotisme yang saat ini sudah mulai luntur sehingga membuat para siswa calon penegak lupa akan nilai-nilai kejuangan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan militan," papar Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Danramil pun menambahkan "nanti dalam pelaksanaannya masing-masing peserta akan didampingi oleh para Babinsa Koramil 02/Bonang selama perjalanan menuju masing-masing pos yang akan disinggahi selama materi jelajah," tambah Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Dalam kesempatan ini salah satu anggota peserta latihan Saka Wira Kartika yakni A. Fajrul Faiz menyampaikan bahwa kami dari peserta perekrutan anggota Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang sangat bangga bisa masuk dalam gerakan Pramuka yang langsung dibina oleh Bapak-bapak TNI.

"Sangat berbeda rasanya karena kami peserta latihan sangat bersyukur mendapatkan tentang navigasi darat, baca peta serta wawasan kebangsaan. Semoga ke depannya rekan-rekan dari sekolahan yang lain bisa ikut masuk dalam Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang," ungkap A. Fajrul Faiz.

Kegiatan resmi dibuka dengan pencabutan Pusaka Ambalan Jenderal Sudirman Koramil 02/Bonamg oleh Serma TNI Subakir sebagai Ketua Adat Ambalan Saka Wira Kartika (SWK). (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.613.113 Since: 07.04.14 | 0.6557 sec