YouTube Facebook Twitter RSS
21 Nov 2018, 0

Nusantara

Kegiatan Pengambilan Bet Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang Resmi Dibuka

Monday, 08 January 2018 | View : 238

siarjustisia.com-DEMAK.

Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak melaksanakan upacara pembukaan Saka Wira Kartika oleh anak-anak  Pramuka Kecamatan Bonang.

Sebagai pembina upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono dalam rangka pengambilan Bet Saka Wira Kartika bagi anggota baru di halaman MaKoramil, Sabtu ( 05/01/2018).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak bangsa khususnya pemuda pemudi yang masih duduk di tingkat sekolah SLTA. Peserta kali ini diikuti oleh 65 peserta perwakilan dari beberapa sekolahan yaitu, MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang, SMA Takhassus Al Quran Bonang, MA Miftahul Ulum Karangrejo, MA Miftahul Ulum Bonang, MA NU 2 Serangan Bonang serta perwakilan dari guru pendidik Ibu Ria Umamai dari Manu 3 Ittihad Bahari yang merupakan mantan Saka Wira Kartika binaan Koramil 02/Bonang.

Dalam sambutannya upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma TNI Siswoyono selaku pembina upacara, menyampaikan permohonan maaf bahwa Danramil 02/Bonang tidak bisa membuka/hadir dalam upacara pembukaan dikarenakan ada kegiatan kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pembina upacara dalam sambutan tertulis mengatakan bila kalian yang berada di kegiatan ini adalah generasi muda yang akan kami didik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini yaitu Indonesia yang kita cintai bersama. Untuk itu kalian semua, harap ikuti apa yang sudah diberikan petunjuk maupun pelajaran oleh kakak-kakak kalian yang sudah hadir disini yaitu para Babinsa-Babinsa yang sudah terlatih di bidang kepramukaan diantaranya Kakak kalian yaitu Kakak Jumbadi dan Kakak Subakir.

Adapun kegiatan materi yang dilaksanakan dalam pengambilan Bet Saka Wira Kartika diantaranya adalah materi jelajah. Selama melaksanakan materi jelajah para peserta Saka Wira Kartika mendapat tantangan di pos-pos ujian diantaranya sandi morse, menentukan arah dan tujuan, dilanjutkan dengan rayapan tali satu, titian tali dua, semaphor, peta dan kompas pionering (PBA) penanggulangan bencana.

Di tempat yang berbeda, Danramil 02/Bonang Kapten Inf Yasroji saat dimintai keterangan mengatakan "agar para peserta Saka Wira Kartika memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara yang baik untuk menghadapi tantangan di era Globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. "Nilai-nilai semangat patriotisme yang saat ini sudah mulai luntur sehingga membuat para siswa calon penegak lupa akan nilai-nilai kejuangan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan militan," papar Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Danramil pun menambahkan "nanti dalam pelaksanaannya masing-masing peserta akan didampingi oleh para Babinsa Koramil 02/Bonang selama perjalanan menuju masing-masing pos yang akan disinggahi selama materi jelajah," tambah Danramil 02/Bonang, Kapten Inf. Yasroji.

Dalam kesempatan ini salah satu anggota peserta latihan Saka Wira Kartika yakni A. Fajrul Faiz menyampaikan bahwa kami dari peserta perekrutan anggota Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang sangat bangga bisa masuk dalam gerakan Pramuka yang langsung dibina oleh Bapak-bapak TNI.

"Sangat berbeda rasanya karena kami peserta latihan sangat bersyukur mendapatkan tentang navigasi darat, baca peta serta wawasan kebangsaan. Semoga ke depannya rekan-rekan dari sekolahan yang lain bisa ikut masuk dalam Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang," ungkap A. Fajrul Faiz.

Kegiatan resmi dibuka dengan pencabutan Pusaka Ambalan Jenderal Sudirman Koramil 02/Bonamg oleh Serma TNI Subakir sebagai Ketua Adat Ambalan Saka Wira Kartika (SWK). (Pendim 0716/Demak)

See Also

Terungkap...!!! Sosok Pencipta Opini Di TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
Pelayanan Kesehatan Gratis Turut Warnai Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Ditutup
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Membawa Berkah Tersendiri Bagi Pedagang Kecil
Babinsa 06/Wedung Pacu Dan Memotivasi Pengusaha Tenun Di Desa Binaannya
Danramil Jajartan Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Menghadapi Musim Penghujan Tingkat Kabupaten
Optimalkan Tugas Babinsa, Dandim 0716/Demak Serahkan Motor Dinas
Sejumlah Perwira Kodim 0716/Demak Hadiri Upacara Hari Pahlawan
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Bahu Membahu Anyam Kawat Untuk Persiapan Pengecoran Jalan
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Peringati Hari Pahlawan, Santri TBS Ziarahi Makam Sosrokartono
Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI
Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.983.028 Since: 07.04.14 | 0.6649 sec